Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalbar Mengikuti Penilaian Akhir KWT Memberikan yang Terbaik untuk Kemenkeu dan Kalimantan Barat
Aminah Nurmillah
Senin, 10 Oktober 2022   |   105 kali

Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengikuti penilaian akhir Kantor Wilayah Terbaik (KWT) Tahun 2022 pada Jumat (7/10/2022), dengan panelis yang menguji yaitu Sekjen Kementerian Keuangan, Heru Pambudi yang diwakili oleh , Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kemenkeu Ari Wahyuni, Irjen Kementerian Keuangan Awan Nurmawan Nuh, Kepala BPPK Andin Hadiyanto. Presentasi dibawakan oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edward UP Nainggolan dan didampingi oleh Kepala Bidang PKN Darnadi dan Kepala Bidang Penilaian Titik Wijayanti, dibawakan dalam waktu sepuluh menit termasuk penayangan video profil Kanwil DJKN Kalbar.

Setelah penayangan video profil, dilanjutkan dengan paparan yang diawali sistematika penyajian yang terdiri dari 15 (lima belas) substansi mulai dari visi, misi sampai dengan layanan pengaduan dan konsultasi. Dengan moto layanan kami SEMPURNA, dan Janji Layanan, melayani dengan cepat, tepat dan tuntas sebagai dasar untuk menjalankan strategi kerja dimana Kanwil DJKN Kalimantan Barat  mengelola aset  Rp 99,6 T, melakukan pengurusan Piutang Negara, Lelang, Penilaian aset dan tusi lainya. Untuk mencapai IKU yang optimal, layanan yang berkualitas dan menghadapi tantangan, diterapkan 9 strategi utama antara lain meningkatkan kualitas SDM, melakukan inovasi, serta sinergi dan kolaborasi. Disamping itu, disampaikan pula  10 unggulan utama yang dijabarkan lebih lanjut secara lebih rinci.

 

Pertama SDM yang berkualitas,salah satu faktor utama dalam mencapai tujuan organisasi adalah SDM yang berkualitas. Upaya meningkatkan kualitas SDM dengan 3 pendekatan, salah satunya implementasi learning organisasi (LO) atas inisiatif sendiri, yang bertujuan agar menjadi organisasi pembelajar dengan menyusun rencana kerja implementasi LO yaitu dengan mengimplementasika LO antara lain: workshop untuk meningkatkan  soft dan hard competency; sharing knowledge tiap pagi; mendokumentasikan pengetahuan pada media elektronik, buku dan lain-lain,  melaksanakan tone from the top dan walk the talk, serta mendorong pengawai untuk mengikuti diklat dan melanjutkan pendidikan.

 

Kedua melakukan pembinaan KPKNL secara rutin dan insidentil. Adapun hasilnya antara lain KPKNL Pontianak mewakili DJKN dalam PUG, IKPA 100 persen dan mengikuti WBK tahun 2022 serta KPKNL Singkawang, KPT tingkat DJKN, IKPA 100 persen dan WBK.

 

Ketiga  Sarana dan Prasarana, Kanwil DJKN Kalbar telah melaksanakan ABW dengan membuat ruang kerja terbuka dan co-working space, pojok konsultasi. Salah satu yang istimewa di kanwil DJKN Kalbar, ada Pojok SMV yang dilengkapi dengan media elektronik. Yang bertujuan, mendekatkan layanan SMV Kemenkeu kepada stakeholders. Sarana prasarana Kanwil Kalbar telah dilengkapi pula sesuai dengan ketentuan KMK 239 Tahun 2021 tentang Pedoman Penilaian Kantor Wilayah Terbaik dan Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.

 

Keempat Optimalisasi Pemanfaatan Gedung, dengan diimplementasikannya ABW dan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK) di Kanwil DJKN Kalbar, terdapat 2 ruangan yang idle seluas 155 m2, yang dioptimalkan untuk kafe dan etelase produk unggulan UMKM, bekerjasama dengan Pemprov. Kalbar dan BRI serta disewakan ruangan untuk kantor kas dan ATM BRI. Penggunaan lahan parkir Kanwil DJKN Kalbar untuk layanan kantor imigrasi Pontianak.

 

Kelima pengembangan UMKM, dalam rangka melaksanakan arahan pimpinan nasional dan Kemenkeu, Kanwil DJKN Kalbar aktif mengembangkan UMKM. Banyak hal yang telah dilakukan antara lain membuat pilot project peternakan madu kelulut, produk unggulan  Kalbar dengan stakholders terkait, melakukan lelang UMKM termasuk kerjasama dengan KPPN Putusibau untuk lelang ikan Arwana. Selama tahun 2022, Lelang telah dlakukan sebanyak 119 lot dengan produktivitas 64,7 persen.

 

Keenam Kolaborasi dan Sinergi dengan mengedepankan Kemenkeu satu, Kemenkeu tepercaya. Adapun hasil kolaborasi internal antara lain, pengembangan PLBN Aruk kerjasama dgn Bea Cukai dan PLBN dengan hasil antara lain pemanfaatan BMN untuk 30 UMKM dengan omset sekitar Rp360jt/bulan, export dengan nilai Rp1,8 miliar tahun 2022 dan memfasilitasi hibah tanah dan bangunan kepada Kanwil BC seluas 1,3  Ha di PLBN Aruk senilai Rp3,6 Miliar, mengutamakan pelunasan utang pajak dari hasil lelang, terakhir Rp 11 Miliar dan bersama dengan DJPb membantu menyelesaikan temuan BPK terkait aset Pemkab. Bengkayang. Kolaborasi dan Sinergi dengan eksternal antara lain kerjasama pengurusan piutang negara eks BLBI sebanyak 18 debitur dengan 41 jaminan dengan Kejati, memfasilitasi Pinjam Pakai Tanah Kodam ke Pemkot seluas 2,6 hektar sekitar tugu Khatulistiwa, penyelesaian sengkata tanah Brigif TNI AD dengan Pemkot. Simgkawang dan dua satker Pemkab Kubu Raya lolos penilaian akhir WBK.

 

Ketujuh Inovasi layanan baik berbasis IT maupun non IT. Salah satu inovasi unggulan adalah layanan online melalui aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN). Semua layanan utama kanwil dan KPKNL telah online. Tahun 2022, layanan online ini mendapatkan penghargaan Top Ten Inovasi terbaik dalam Kompetisi Inovasi Kemenkeu (KIKK) dari Sekjen Kemenkeu atas nama Menteri keuangan.

 

Kedelapan Monev Kinerja/Layanan, dilakukan untuk memastikan pencapaian kinerja dan kualitas layanan terbaik, antara lain monev untuk memastikan layanan online digunakan secara maksimal oleh DJKN kalbar dan stakeholders.

 

Kesembilan fasilitator nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama, sebagai ASN Kanwil DJKN Kalbar menyadari untuk berkontribusi menjadi perekat bangsa. Kanwil DJKN Kalbar aktif menyebarkan nilai2 kebangsaan dengan melaksanakan 5 strategi antara lain aktif melakukan dialog  moderasi beragama di TVRI dengan ketua FKUB Kalbar dan para kepala daerah, dan menjadi narasumber di beberapa kabupaten/kota, menulis opini nilai-nilai kebangsaan di Pontianak Post, Koran terbesar di Kalbar, tahun 2022 Kanwil DJKN Kalbar mendapat penghargaan dari Ketua FKUB Kalbar.

 

Kesepuluh terkait Publikasi, Kanwil DJKN kalbar secara  masif melakukan publikasi untuk memberikan informasi layanan DJKN Kalbar, program Kemenkeu sesuai agenda setting yang ditetapkan oleh Biro KLI Kemenkeu dan program nasional. Selain itu seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Kalbar aktif menulis opini di Pontianak Pos, dan mendapat Kepala Kanwil DJKN Kalbar dianugerahi penulis paling produktif seKalimantan Barat oleh Pontianak Post tahun 2021. Media publikasi yang digunakan yaitu TVRI, RRI, Pontianak Post dan videotron yang  semuanya hampir tanpa biaya.

 

Selain dipaparkan sepuluh keunggulan utama juga dipaparkan capaian dan prestasi Kanwil DJKN Kalbar yaitu NKO Kanwil selama 3 tahun yaitu tahun 2020; sebesar 108,61 persen, 2021; 111,76 persen dan semester I Tahun 2022 adalah 116,57 persen. Capaian lainnya antara lain Top 10 Inovasi Kemenkeu terbaik 2021, IKPA 100 persen tahun 2022 dan Kanwil terinovatif dari Ombudsman Kalbar tahun 2022

Kanwil DJKN Kalbar dilengkapi dengan layanan Pengaduan dan Konsultasi antara lain telepon, email, faksimile, whatsapp, helpdesk, dan www.lapor.go.id, dan telah dipublikasikan.

Upaya untuk memberikan yang terbaik tidak hanya untuk mengikuti penilaian KWT namun dilakukan secara konsisten oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk memberikan kepuasan layanan kepada stakeholders.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini