Kanwil
DJKN Kalimantan Barat mengikuti penilaian akhir Kantor Wilayah Terbaik (KWT)
Tahun 2022 pada Jumat (7/10/2022), dengan panelis yang menguji yaitu Sekjen Kementerian Keuangan, Heru Pambudi
yang diwakili oleh , Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kemenkeu Ari
Wahyuni, Irjen Kementerian Keuangan Awan Nurmawan Nuh, Kepala BPPK Andin Hadiyanto.
Presentasi dibawakan oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edward UP
Nainggolan dan didampingi oleh Kepala Bidang PKN Darnadi dan Kepala Bidang
Penilaian Titik Wijayanti, dibawakan dalam waktu sepuluh menit termasuk
penayangan video profil Kanwil DJKN Kalbar.
Setelah penayangan video profil, dilanjutkan dengan
paparan yang diawali sistematika penyajian yang terdiri dari 15 (lima belas) substansi
mulai dari visi, misi sampai dengan layanan pengaduan dan konsultasi. Dengan moto
layanan kami SEMPURNA, dan Janji Layanan, melayani dengan cepat, tepat dan
tuntas sebagai dasar untuk menjalankan strategi kerja dimana Kanwil DJKN
Kalimantan Barat mengelola aset
Rp 99,6 T, melakukan pengurusan
Piutang Negara, Lelang, Penilaian aset dan tusi lainya. Untuk mencapai IKU yang optimal, layanan yang berkualitas dan
menghadapi tantangan, diterapkan 9 strategi utama antara lain meningkatkan
kualitas SDM, melakukan inovasi, serta sinergi dan kolaborasi. Disamping itu, disampaikan
pula 10 unggulan utama yang dijabarkan
lebih lanjut secara lebih rinci.
Pertama SDM yang berkualitas,salah satu faktor
utama dalam mencapai tujuan organisasi adalah SDM yang berkualitas. Upaya meningkatkan
kualitas SDM dengan 3 pendekatan, salah satunya implementasi learning
organisasi (LO) atas inisiatif sendiri, yang bertujuan agar menjadi
organisasi pembelajar dengan menyusun rencana kerja implementasi LO yaitu dengan mengimplementasika LO antara
lain: workshop untuk meningkatkan
soft dan hard competency;
sharing knowledge tiap pagi; mendokumentasikan pengetahuan pada media elektronik, buku dan lain-lain, melaksanakan tone
from the top dan walk the talk,
serta mendorong pengawai untuk mengikuti diklat dan melanjutkan pendidikan.
Kedua melakukan pembinaan KPKNL secara rutin dan
insidentil. Adapun hasilnya antara lain KPKNL Pontianak mewakili DJKN dalam
PUG, IKPA 100 persen dan mengikuti WBK tahun 2022 serta KPKNL Singkawang, KPT
tingkat DJKN, IKPA 100 persen dan WBK.
Ketiga Sarana
dan Prasarana, Kanwil DJKN Kalbar telah melaksanakan ABW dengan membuat ruang kerja
terbuka dan co-working space, pojok konsultasi. Salah satu yang istimewa
di kanwil DJKN Kalbar, ada Pojok SMV yang dilengkapi dengan media elektronik. Yang
bertujuan, mendekatkan layanan SMV Kemenkeu kepada stakeholders. Sarana
prasarana Kanwil Kalbar telah dilengkapi pula sesuai dengan ketentuan KMK 239 Tahun
2021 tentang Pedoman Penilaian Kantor Wilayah Terbaik dan Kantor Pelayanan
Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Keempat Optimalisasi Pemanfaatan Gedung, dengan diimplementasikannya
ABW dan Standar Barang Standar Kebutuhan (SBSK) di Kanwil DJKN Kalbar, terdapat 2 ruangan yang idle seluas 155 m2,
yang dioptimalkan untuk kafe dan etelase produk unggulan UMKM, bekerjasama
dengan Pemprov. Kalbar dan BRI serta disewakan ruangan untuk kantor kas dan ATM
BRI. Penggunaan lahan parkir Kanwil DJKN Kalbar untuk layanan kantor imigrasi Pontianak.
Kelima pengembangan UMKM, dalam rangka melaksanakan
arahan pimpinan nasional dan Kemenkeu, Kanwil DJKN Kalbar aktif mengembangkan
UMKM. Banyak hal yang telah dilakukan antara lain membuat pilot project
peternakan madu kelulut, produk unggulan Kalbar dengan stakholders terkait, melakukan
lelang UMKM termasuk kerjasama dengan KPPN Putusibau untuk lelang ikan Arwana. Selama
tahun 2022, Lelang telah dlakukan sebanyak 119 lot dengan produktivitas 64,7
persen.
Keenam Kolaborasi dan Sinergi dengan
mengedepankan Kemenkeu satu, Kemenkeu tepercaya. Adapun hasil kolaborasi
internal antara lain, pengembangan PLBN Aruk kerjasama dgn Bea Cukai dan PLBN
dengan hasil antara lain pemanfaatan BMN untuk 30 UMKM dengan omset sekitar
Rp360jt/bulan, export dengan nilai Rp1,8 miliar tahun 2022 dan memfasilitasi hibah
tanah dan bangunan kepada Kanwil BC seluas
1,3 Ha di PLBN Aruk senilai Rp3,6 Miliar,
mengutamakan pelunasan utang pajak dari hasil lelang, terakhir Rp 11 Miliar dan
bersama dengan DJPb membantu menyelesaikan temuan BPK terkait aset Pemkab.
Bengkayang. Kolaborasi dan Sinergi dengan eksternal antara lain kerjasama
pengurusan piutang negara eks BLBI sebanyak
18 debitur dengan 41 jaminan dengan Kejati, memfasilitasi Pinjam Pakai Tanah Kodam ke Pemkot seluas 2,6
hektar sekitar tugu Khatulistiwa, penyelesaian
sengkata tanah Brigif TNI AD dengan Pemkot. Simgkawang dan dua satker Pemkab Kubu Raya lolos penilaian akhir WBK.
Ketujuh Inovasi layanan baik berbasis IT maupun non
IT. Salah satu inovasi unggulan adalah layanan online melalui aplikasi Sistem
Informasi Monitoring Pelayanan Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN). Semua layanan
utama kanwil dan KPKNL telah online. Tahun 2022, layanan online ini
mendapatkan penghargaan Top Ten Inovasi terbaik dalam Kompetisi Inovasi
Kemenkeu (KIKK) dari Sekjen Kemenkeu atas nama Menteri keuangan.
Kedelapan Monev Kinerja/Layanan, dilakukan untuk
memastikan pencapaian kinerja dan kualitas layanan terbaik, antara lain monev untuk
memastikan layanan online digunakan
secara maksimal oleh DJKN kalbar dan stakeholders.
Kesembilan
fasilitator nilai-nilai kebangsaan dan moderasi beragama, sebagai ASN Kanwil
DJKN Kalbar menyadari untuk berkontribusi menjadi perekat bangsa. Kanwil DJKN
Kalbar aktif menyebarkan nilai2 kebangsaan dengan melaksanakan 5 strategi
antara lain aktif melakukan dialog
moderasi beragama di TVRI dengan ketua FKUB Kalbar dan para kepala
daerah, dan menjadi narasumber di beberapa kabupaten/kota, menulis opini
nilai-nilai kebangsaan di Pontianak Post, Koran terbesar di Kalbar, tahun 2022 Kanwil
DJKN Kalbar mendapat penghargaan dari Ketua FKUB Kalbar.
Kesepuluh
terkait Publikasi, Kanwil DJKN kalbar secara masif melakukan publikasi untuk memberikan
informasi layanan DJKN Kalbar, program Kemenkeu sesuai agenda setting yang ditetapkan oleh Biro KLI Kemenkeu dan program
nasional. Selain itu seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJKN Kalbar aktif
menulis opini di Pontianak Pos, dan mendapat Kepala Kanwil DJKN Kalbar dianugerahi
penulis paling produktif seKalimantan Barat oleh Pontianak Post tahun 2021. Media publikasi yang digunakan yaitu
TVRI, RRI, Pontianak Post dan videotron yang semuanya hampir tanpa biaya.
Selain
dipaparkan sepuluh keunggulan utama juga dipaparkan capaian dan prestasi Kanwil
DJKN Kalbar yaitu NKO Kanwil selama 3 tahun yaitu tahun 2020; sebesar 108,61
persen, 2021; 111,76 persen dan semester I Tahun 2022 adalah 116,57 persen. Capaian
lainnya antara lain Top 10 Inovasi Kemenkeu terbaik 2021, IKPA 100 persen tahun
2022 dan Kanwil terinovatif dari Ombudsman Kalbar tahun 2022
Kanwil
DJKN Kalbar dilengkapi dengan layanan Pengaduan dan Konsultasi antara lain
telepon, email, faksimile, whatsapp, helpdesk, dan www.lapor.go.id, dan
telah dipublikasikan.
Upaya untuk memberikan yang
terbaik tidak hanya untuk mengikuti penilaian KWT namun dilakukan secara
konsisten oleh Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk memberikan kepuasan layanan
kepada stakeholders.