Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalbar Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Layanan Menuju Kantor Wilayah Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2022
Aminah Nurmillah
Jum'at, 24 Juni 2022   |   106 kali

Pontianak – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat Edward U.P. Nainggolan dan Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat Agus Priyadi menjadi narasumber pada talkshow interaktif Dialog Publik yang disiarkan langsung oleh TVRI Kalimantan Barat, pada Rabu (22/06). Pada kesempatan ini, dibahas tuntas mengenai upaya-upaya Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik, yang dibungkus dalam tema “Meningkatkan Kinerja dan Kualitas Pelayanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat menuju Kantor Wilayah Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2022.”

 

Pada tahun 2022 ini, Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengikuti kompetisi Kantor Wilayah Terbaik mewakili Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) untuk maju ke seleksi lingkup Kementerian Keuangan. Penilaian yang dititikberatkan pada peningkatan kinerja dan kualitas layanan ini tidak hanya berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para Pengguna Layanan (stakeholders) namun juga melakukan pembinaan kepada unit vertikal di bawahnya yaitu KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang.  Berbagai upaya dilakukan untuk reformasi birokrasi, “Hal yang senantiasa dilakukan perbaikan adalah pertama dari segi SDM, dimana kita merubah mind set dan culture set, kemudian dari segi sistem, dan dari segi institusional." Berbagai pendekatan salah satunya dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan. Kanwil DJKN Kalimantan Barat memiliki Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Manajemen Aset Negara (SIMPELMAN), dan tahun ini baru saja meluncurkan Aplikasi Helpdesk DJKN Kalimantan Barat. Pengoptimalan teknologi informasi melalui aplikasi ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam layanan, serta cepat dan responsif dalam menanggapi setiap permasalahan yang disampaikan oleh Pengguna Layanan (stakeholders) yang disampaikan kepada Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang.

“Pelayanan bagi masyarakat bukan hanya cepat, tepat, dan bebas dari KKN, tetapi juga harus nyaman” ujar Agus Priyadi. Jaman sudah berubah, sehingga kantor-kantor pemerintah harus senantiasa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hal melayani masyarakat. “Kantor pemerintah harus proaktif dalam hal memberikan pelayanan terbaik, baik dari level atas maupun level bawahnya harus sejalan dalam membuat dan menerima inovasi. Seperti yang kita lihat dari DJKN Kalbar yang sudah me-launching Aplikasi Helpdesk yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan masyarakat.” tambahnya.

Di akhir sesi bincang-bincang, Edward menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Kalimantan Barat akan senantiasa meningkatkan kinerja dan kualitas dalam pelayanan masyarakat, tidak hanya untuk menjadi Kantor Wilayah Terbaik tertapi juga memberikan percontohan dalam pelayanan publik yang optimal.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini