Pontianak – Kepala Kantor Wilayah Direktorat
Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat Edward U.P. Nainggolan dan
Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat Agus Priyadi
menjadi narasumber pada talkshow
interaktif Dialog Publik yang disiarkan langsung oleh TVRI Kalimantan Barat,
pada Rabu (22/06). Pada kesempatan ini, dibahas tuntas mengenai upaya-upaya Kanwil
DJKN Kalimantan Barat dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan terbaik, yang
dibungkus dalam tema “Meningkatkan
Kinerja dan Kualitas Pelayanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat menuju Kantor
Wilayah Terbaik Kementerian Keuangan Tahun 2022.”
Pada tahun 2022 ini, Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengikuti
kompetisi Kantor Wilayah Terbaik mewakili Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
(DJKN) untuk maju ke seleksi lingkup Kementerian Keuangan. Penilaian yang
dititikberatkan pada peningkatan kinerja dan kualitas layanan ini tidak hanya
berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para Pengguna Layanan (stakeholders) namun juga melakukan
pembinaan kepada unit vertikal di bawahnya yaitu KPKNL Pontianak dan KPKNL
Singkawang. Berbagai upaya dilakukan
untuk reformasi birokrasi, “Hal yang senantiasa dilakukan perbaikan adalah
pertama dari segi SDM, dimana kita merubah mind
set dan culture set, kemudian dari segi sistem, dan dari
segi institusional." Berbagai pendekatan salah satunya dengan
mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan. Kanwil DJKN
Kalimantan Barat memiliki Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Pelayanan Manajemen
Aset Negara (SIMPELMAN), dan tahun ini baru saja meluncurkan Aplikasi Helpdesk
DJKN Kalimantan Barat. Pengoptimalan teknologi informasi melalui aplikasi ini
bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam layanan, serta cepat dan responsif
dalam menanggapi setiap permasalahan yang disampaikan oleh Pengguna Layanan
(stakeholders) yang disampaikan kepada Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL
Pontianak dan KPKNL Singkawang.
“Pelayanan bagi masyarakat bukan hanya cepat, tepat, dan
bebas dari KKN, tetapi juga harus nyaman” ujar Agus Priyadi. Jaman sudah
berubah, sehingga kantor-kantor pemerintah harus senantiasa melakukan perubahan
ke arah yang lebih baik dalam hal melayani masyarakat. “Kantor pemerintah harus
proaktif dalam hal memberikan pelayanan terbaik, baik dari level atas maupun
level bawahnya harus sejalan dalam membuat dan menerima inovasi. Seperti yang
kita lihat dari DJKN Kalbar yang sudah me-launching Aplikasi Helpdesk yang memberikan kemudahan dan
kenyamanan dalam pelayanan masyarakat.” tambahnya.
Di akhir sesi bincang-bincang, Edward menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Kalimantan Barat akan senantiasa meningkatkan kinerja dan kualitas dalam pelayanan masyarakat, tidak hanya untuk menjadi Kantor Wilayah Terbaik tertapi juga memberikan percontohan dalam pelayanan publik yang optimal.