Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Launching Helpdesk, Media Konsultasi Online Kanwil DJKN Kalbar
Aminah Nurmillah
Rabu, 22 Juni 2022   |   118 kali

Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan launching aplikasi Helpdesk pada hari Rabu (22/06). Kegiatan yang diikuti oleh pimpinan wilayah dan kepala satuan kerja Kementerian/Lembaga, dan mitra kerja di Kalimantan Barat. Sebagai rangkaian kegiatan dengan terpilihnya Kanwil  DJKN Kalimantan Barat sebagai instansi vertikal DJKN mewakili DJKN dalam kompetisi penilaian Kantor Wilayah Terbaik lingkup Kementerian Keuangan Tahun 2022.

Penilaian yang dititik beratkan pada peningkatan kinerja dan kualitas layanan ini tidak hanya berupaya untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para Pengguna Layanan (stakeholders) namun juga melakukan pembinaan kepada unit vertikal di bawahnya yaitu KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang.  Dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan dalam layanan, serta cepat dan responsif dalam menanggapi setiap permasalahan, Kanwil DJKN Kalimantan Barat meluncurkan aplikasi Helpdesk. Aplikasi ini merupakan layanan konsultasi online dan berfungsi layaknya customer service bagi Pengguna Layanan (stakeholders). Kanwil DJKN Kalimantan Barat serta KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang berkomitmen untuk berusaha secepat mungkin menjawab, menyelesaikan serta mencari solusi atas permasalahan yang sedang dialami oleh Pengguna Layanan.

Implementasi Pembangunan dan penggunaan  aplikasi Helpdesk secara aktif mulai digunakan sejak bulan Mei tahun 2022. Sejak dioperasikannya aplikasi helpdesk diharapkan kebutuhan layanan atas tugas dan fungsi DJKN Kalimantan Barat oleh Pengguna Layanan (stakeholders) dapat semakin memberikan kepuasan.

Dalam sambutannya Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang selalu berupaya terus meningkatkan layanan dan proaktif untuk melayani Pengguna Layanan dan bersinergi dengan para Pengguna Layanan dan mitra. Sehingga layanan dapat diberikan secara cepat, tepat dan tuntas seperti janji layanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Terciptanya aplikasi Helpdesk ini merupakan bentuk sinergi dengan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Launching Helpdesk sebagai media konsultasi secara online ditujukan untuk membantu mitra kerja menyampaikan keluhan-keluhan dan permasalahan yang dihadapi dan Kanwil DJKN Kalbar dapat segera menyampaikan solusi dengan memberikan respon yang cepat. Untuk merespon konsultasi secara online melalui aplikasi Helpdesk ini  telah dibentuk  person in charge  (PIC) pada masing-masing unit Kanwil DJKN Kalbar, KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang. Tidak hanya sekedar motto SEMPURNA (SEmangat, Proaktif, tUlus, Ramah dan AmaNAh) dan janji layanan Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk melayani dengan cepat, tepat dan tuntas  namun motto dan janji layanan ini merupakan motivasi bagi seluruh pejabat dan pegawai di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan Barat untuk selalu memberikan layanan yang terbaik. Dengan telah dibangunnya aplikasi Helpdesk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para Pengguna Layanan dan mitra kerja.

Hadir sebagai narasumber pada acara launching Helpdesk yaitu Dekan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Dr.rer.nat.Ir.RM Rustamaji,MT menyampaikan yang telah dilakukan FT Untan merupakan wujud dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang tidak hanya semata-mata kepada masyarakat namun juga diberikan kepada instansi pemerintah, organisasi pemerintah/swasta dan badan hukum. Dalam paparannya Dekan FT Untan menyampaikan layanan yang semula dilakukan secara manual oleh Kanwil DJKN Kalbar misalnya melalui kontak telpon dengan pegawai atau datang secara langsung ke kantor untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan, permohonan data, karena dianggap kurang efektif dan maksimal oleh sebab itu dikembangkan aplikasi Helpdesk. Bagi Pengguna Layanan aplikasi ini untuk mendapatkan akses informasi dengan lebih cepat.

Tujuan dibangunnya aplikasi Helpdesk ini untuk mempermudah akses informasi dan memperluas akses informasi atau layanan terkait dengan pertanyaan, proses  dan dokumen persyaratan yang berhubungan dengan core business. Harapan atas aplikasi Helpdesk yang saat ini berbasis website dapat diakses berbasis website melalui perangkat komputer atau smartphone, yang akan dikembangkan ke berbagai platform aplikasi seperti aplikasi mobile android, WhatsApp dan IOS. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja Kanwil DJKN Kalimantan Barat serta dapat dimanfaatkan oleh para Pengguna Layanan dan mitra kerja serta dimanfaatkan secara nasional.

Secara teknis penggunaan aplikasi Helpdesk disampaikan oleh  Tim Developer FT Untan M.Azhar Irwansyah, ST., M.Eng dan Hafiz Muhardi, S.T., M.Kom. M. Azhar Irwansyah menyampaikan aplikasi Helpdesk merupakan media digital untuk memberikan pelayanan terkait pertanyaan, keluhan, permohonan data dari unit atau instansi terkait yang membutuhkan layanan DJKN Kalbar. Layanan pada aplikasi ini berupa pembuatan tiket untuk mengajukan pertanyaan, keluhan, permohonanan data, persyaratan dokumen. Selanjutnya tiket tersebut akan dijawab atau ditindaklanjuti oleh agen atau administrator masing-masing bidang sesuai dengan tujuan tiket tersebut. Aplikasi Helpdesk DJKN Kalbar dapat diakses melalui website dengan menggunakan browser dengan alamat URL https://helpdesk.djknkalbar.net/.

Diharapkan dengan telah hadirnya aplikasi Helpdesk menjadi media konsultasi online yang dapat mempercepat akses informasi bagi Pengguna Layanan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini