Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan
launching aplikasi Helpdesk pada hari Rabu (22/06). Kegiatan
yang diikuti oleh pimpinan wilayah dan kepala satuan kerja Kementerian/Lembaga,
dan mitra kerja di Kalimantan Barat. Sebagai rangkaian kegiatan dengan
terpilihnya Kanwil DJKN Kalimantan Barat
sebagai instansi vertikal DJKN mewakili DJKN dalam kompetisi penilaian Kantor
Wilayah Terbaik lingkup Kementerian Keuangan Tahun 2022.
Penilaian yang dititik beratkan pada peningkatan
kinerja dan kualitas layanan ini tidak hanya berupaya untuk memberikan layanan
yang terbaik kepada para Pengguna Layanan (stakeholders)
namun juga melakukan pembinaan kepada unit vertikal di bawahnya yaitu KPKNL
Pontianak dan KPKNL Singkawang. Dengan mengoptimalkan
penggunaan teknologi informasi untuk memberikan kemudahan dalam layanan, serta
cepat dan responsif dalam menanggapi setiap permasalahan, Kanwil DJKN
Kalimantan Barat meluncurkan aplikasi Helpdesk. Aplikasi ini merupakan layanan
konsultasi online dan berfungsi layaknya customer
service bagi Pengguna Layanan (stakeholders).
Kanwil DJKN Kalimantan Barat serta KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang
berkomitmen untuk berusaha secepat mungkin
menjawab, menyelesaikan serta mencari solusi atas permasalahan yang sedang
dialami oleh Pengguna Layanan.
Implementasi Pembangunan dan penggunaan aplikasi Helpdesk secara aktif mulai
digunakan sejak bulan Mei tahun 2022. Sejak dioperasikannya aplikasi helpdesk
diharapkan kebutuhan layanan atas tugas dan fungsi DJKN Kalimantan Barat oleh
Pengguna Layanan (stakeholders) dapat
semakin memberikan kepuasan.
Dalam
sambutannya Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang
selalu berupaya terus meningkatkan layanan dan proaktif untuk melayani Pengguna
Layanan dan bersinergi dengan para Pengguna Layanan dan mitra. Sehingga layanan
dapat diberikan secara cepat, tepat dan tuntas seperti janji layanan Kanwil
DJKN Kalimantan Barat. Terciptanya aplikasi Helpdesk ini merupakan bentuk
sinergi dengan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura. Launching Helpdesk
sebagai media konsultasi secara online
ditujukan untuk membantu mitra kerja menyampaikan keluhan-keluhan dan permasalahan
yang dihadapi dan Kanwil DJKN Kalbar dapat segera menyampaikan solusi dengan
memberikan respon yang cepat. Untuk merespon konsultasi secara online melalui aplikasi Helpdesk ini telah dibentuk
person in charge (PIC) pada masing-masing unit Kanwil DJKN Kalbar,
KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang. Tidak hanya sekedar motto SEMPURNA
(SEmangat, Proaktif, tUlus, Ramah dan AmaNAh) dan janji layanan Kanwil DJKN
Kalimantan Barat untuk melayani dengan cepat, tepat dan tuntas namun motto dan janji layanan ini merupakan
motivasi bagi seluruh pejabat dan pegawai di lingkup Kanwil DJKN Kalimantan
Barat untuk selalu memberikan layanan yang terbaik. Dengan telah dibangunnya
aplikasi Helpdesk ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para Pengguna Layanan dan
mitra kerja.
Hadir sebagai
narasumber pada acara launching Helpdesk yaitu Dekan Fakultas Teknik
Universitas Tanjungpura Dr.rer.nat.Ir.RM Rustamaji,MT menyampaikan yang telah
dilakukan FT Untan merupakan wujud dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat
(PKM) yang tidak hanya semata-mata kepada masyarakat namun juga diberikan
kepada instansi pemerintah, organisasi pemerintah/swasta dan badan hukum. Dalam
paparannya Dekan FT Untan menyampaikan layanan yang semula dilakukan secara
manual oleh Kanwil DJKN Kalbar misalnya melalui kontak telpon dengan pegawai
atau datang secara langsung ke kantor untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan,
permohonan data, karena dianggap kurang efektif dan maksimal oleh sebab itu
dikembangkan aplikasi Helpdesk. Bagi Pengguna Layanan aplikasi ini untuk
mendapatkan akses informasi dengan lebih cepat.
Tujuan
dibangunnya aplikasi Helpdesk ini untuk mempermudah akses informasi dan
memperluas akses informasi atau layanan terkait dengan pertanyaan, proses dan dokumen persyaratan yang berhubungan
dengan core business. Harapan atas
aplikasi Helpdesk yang saat ini berbasis website dapat diakses berbasis website
melalui perangkat komputer atau smartphone, yang akan dikembangkan ke berbagai
platform aplikasi seperti aplikasi mobile android, WhatsApp dan IOS. Diharapkan
dengan penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan kinerja Kanwil DJKN
Kalimantan Barat serta dapat dimanfaatkan oleh para Pengguna Layanan dan mitra
kerja serta dimanfaatkan secara nasional.
Secara
teknis penggunaan aplikasi Helpdesk disampaikan oleh Tim Developer FT Untan M.Azhar Irwansyah, ST.,
M.Eng dan Hafiz Muhardi, S.T., M.Kom. M. Azhar Irwansyah menyampaikan aplikasi
Helpdesk merupakan media digital untuk memberikan pelayanan terkait pertanyaan,
keluhan, permohonan data dari unit atau instansi terkait yang membutuhkan
layanan DJKN Kalbar. Layanan pada aplikasi ini berupa pembuatan tiket untuk
mengajukan pertanyaan, keluhan, permohonanan data, persyaratan dokumen.
Selanjutnya tiket tersebut akan dijawab atau ditindaklanjuti oleh agen atau
administrator masing-masing bidang sesuai dengan tujuan tiket tersebut.
Aplikasi Helpdesk DJKN Kalbar dapat diakses melalui website dengan menggunakan
browser dengan alamat URL https://helpdesk.djknkalbar.net/.
Diharapkan
dengan telah hadirnya aplikasi Helpdesk menjadi media konsultasi online yang
dapat mempercepat akses informasi bagi Pengguna Layanan.