Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalbar Mendukung Moderasi Beragama Dalam Bingkai NKRI dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022 Launching di Kota Singkawang
Ayundari
Rabu, 15 Juni 2022   |   133 kali

Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara Kalimantan Barat bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalimantan Barat dan Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri beraudiensi dengan Wali Kota Singkawang Tjhai Chiu Mie pada FGD bertajuk  “Moderasi Beragama Dalam Bingkai NKRI dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022” di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (13/6/2022). Kegiatan FGD ini sekaligus  akan dilakukan launching tahun Toleransi 2022 di Kota Singkawang.

          Wali Kota Singkawang Tjhai Chiu Mie menyatakan kegiatan ini untuk meningkatkan kembali rasa persatuan dan kesatuan serta rasa persaudaraan bahwa kita adalah keluarga besar Kota Singkawang. Dimana, kita semua ini sama-sama keturunan Adam dan Hawa. Oleh sebab itu, kegiatan ini disambut baik dan diharapkan bisa terlaksana dengan baik. Sehingga, masyarakat dapat merasakan manfaat dari keharmonisan hidup berdampingan dengan sesama. Dan berdampak positif dengan semakin eratnya tali persaudaraan dan toleransi antar sesama dengan adanya Tahun Toleransi 2022 yang akan segera digaungkan di Kota Singkawang. Menurutnya, upaya ini dapat menangkis timbulnya isu-isu perpecahan yang memprovokasi masyarakat.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat Edward U.P. Nainggolan mengatakan tujuan kunjungan DJKN bersama FKUB Kalimantan Barat dan Densus 88 adalah untuk mengajak pemerintah dan masyarakat Kota Singkawang dalam rangka launching Tahun Toleransi 2022 di Kota Singkawang. Kunjungan bersama FKUB Prov. Kalbar dan Densus 88 dalam rangka berdiskusi untuk launching Tahun Toleransi 2022 di Kota Singkawang. Seperti yang kita kertahui, Kota Singkawang merupakan Kota paling toleran di Indonesia. Dengan launching di Kota Singkawang harapan kita bisa menjadi contoh di daerah-daerah lain. Kalau seluruh daerah di Indonesia melakukan hal ini harapannya juga dapat mendorong daerah-daerah lain untuk menjadi lebih baik lagi.

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat menambahkan dipilihnya Kota Singkawang dalam meluncurkan pencanangan Tahun Toleransi 2022 ini mengingat perolehan predikat Kota Tertoleran Tahun 2021 oleh SETARA Institute beberapa waktu yang lalu. Hal ini menunjukkan tingginya tingkat toleransi telah terbangun di tengah masyarakat Kota Singkawang. Dengan digaungkannya Tahun Toleransi 2022 di Kota Singkawang diharapkan dapat menyadarkan dan mengedukasi kalangan muda di Indonesia bahwa kehidupan bermasyarakat di Indonesia sudah ditakdirkan untuk hidup berdampingan sesuai dengan pengamalan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu.

Ketua FKUB Kalimantan Barat Dr. Ismail Ruslan menjelaskan pencanangan Tahun Toleransi 2022 ini merupakan program yang diinisiasi oleh Mabes POLRI berkerjasama dengan Kementerian Agama RI. Provinsi Kalimantan Barat dipilih mengawali pencanangan tahun toleransi karena memiliki tingkat toleransi yang tinggi se-Indonesia yakni peringkat empat besar dengan tingkat toleransi tertinggi.

Diharapkan seluruh pemerintah Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat dapat mengambil bagian dalam launching Tahun Toleransi 2022 ini. Mengawali pada tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya beberapa waktu lalu dan sesuai rencana bulan Juli 2022 akan diadakan di Kota Singkawang dan berlanjut di Kabupaten Landak, Kabupaten Kapuas Hulu dan daerah lainnya.

Ketua FKUB Kalimantan Barat  juga mengungkapkan bahwa momentum ini juga berkaitan dengan upaya pro-aktif dalam rangka menghadapi tahun politik di tahun 2024. Oleh karenanya, FKUB Kalbar mengajak berbagai pihak seperti Kepala Badan Intelijen Daerah Provinsi Kalbar dan Satuan Tugas Detasemen Khusus 99 Anti Teror, Kanwil Agama Kalbar untuk turut serta berpartisipasi dalam menggaungaungkan pencanangan Tahun Toleransi 2022 di Kalbar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini