Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tindak Lanjut Perjanjian Pinjam Pakai Kodam XII/Tanjungpura dengan Pemkot Pontianak
Aminah Nurmillah
Senin, 13 Juni 2022   |   308 kali

Pontianak (9/06)_Kanwil DJKN Kalimantan Barat melakukan koordinasi secara aktif dan terus menerus dengan seluruh satuan kerja termasuk dengan Kodam XII/Tanjungpura. Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edward UP Nainggolan sebagai tindak lanjut pemindahtanganan aset BMN pada Kodam XII/Tanjungpura yang ada di kawasan Tugu Khatulistiwa melalui mekanisme Pinjam Pakai dengan Pemerintah Kota Pontianak.

Pembahasan tindak lanjut dari Perjanjian Pinjam Pakai ini dihadiri oleh Kepala Bidang Aset Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak, Aslog Kasdam XII/Tpr beserta jajaran, Wakil Kazidam XII/TPR beserta jajaran, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Pontianak serta Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Kalbar beserta jajaran.

Penandatanganan Pinjam Pakai Aset BMN pada kawasan Tugu Khatulistiwa yang telah dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2022 lalu , dan disepakati dengan jangka waktu 5 tahun terhitung sejak tanggal 18 Februari 2022 s.d 17 Februari 2025, perlu dilakukan monitoring atas pelaksanaan perjanjian tersebut. Berdasarkan kondisi dilapangan seharusnya pengelolaan Kawasan Tugu Khatulistiwa saat ini sudah beralih menjadi tanggung jawab Pemkot Pontianak, namun kawasan tugu khatulistiwa saat ini masih dalam kondisi kurang terawat dan terkelola dengan baik. Terhadap kondisi ini pihak Pemkot Pontianak harus segera melakukan pengelolaan dan pengamanan aset tersebut.

 

            Wakil Kodam XII/Tanjungpura, Aslog Kasdam XII/Tpr menyampaikan  perlu mempertimbangan historical value dari Tanah TNI AD di Kawasan Tugu Khatulistiwa, bahwa Tugu Khatulistiwa merupakan Ikon dari Kota Pontianak untuk dilakukan optimalisasi aset oleh Pemkot Pontianak. Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam arahannya menyampaikan pada dasarnya pihak Kodam XII/Tanjungpura dan Pemkot Pontianak sepakat, akan lebih mengutamakan kepentingan yang lebih luas yaitu kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Diharapkan dengan dikelola oleh Pemkot Pontianak maka kawasan Tugu Khatulistiwa tersebut menjadi lebih berkembang dan menjadi Ikon kebanggaan Pontianak.

            Kesimpulan atas hasil monev ini, Pemerintah Kota Pontianak agar segera melakukan pengelolaan, pemeliharaan dan pengamanan aset di Kawasan Tugu Khatulistiwa sebagai bagian dari kesepakatan perjanjian pinjam pakai antara Kodam XII/Tpr dan Pemkot Pontianak. Menurut rencana Pemkot Pontianak, kawasan Tugu Khatulistiwa akan segera dikembangkan sebagai kawasan pariwisata oleh Pemkot Pontianak.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini