Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PEKAN LELANG KENDARAAN DINAS PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Kamis, 21 Oktober 2021   |   627 kali

PEKAN LELANG KENDARAAN DINAS PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Memeriahkan pelaksanaan Pekan Lelang Kendaraan Dinas Pemprov Kalimantan Barat, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Kalbar Drs.Alfian.M.M, beserta Tim Pengamanan dan Penghapusan Aset BKAD Provinsi Kalbar melakukan kunjungan ke KPKNL Pontianak untuk berkoordinasi sekaligus menyaksikan secara langsung pelaksanaan lelang yang dilaksanakan pada hariSenin 18 Oktober 2021secara online.

Kunjungan BKAD disambut baik oleh M. Arif Setyawantika selaku Kepala KPKNL Pontianak didampingi Andri Dwinanto sebagai Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Pada pertemuan kali ini KPKNL Pontianak menyampaikan mengenai konsep lelang dan proses persiapan lelang sampai dengan pelaksanaannya,serta menegaskan bahwa sinergi antar instansi pusat dan daerah sangat penting dilakukan dengan tujuan sert amisi yang sama yaitu menciptakan tata kelola aset dan keuangan yang baik dan akuntabel serta membantu meningkatkan ekonomi wilayah.

Lelang online secara real time yang dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB dipandu oleh Juana selaku Pejaba tLelang Kelas I,dan didampingi Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Ferry Hidayat. Kegiatan ini memberikan kesan tersendiri bagi BKAD Provinsi Kalbar, karena dalam pelaksanaan lelang perdana ini jumlah peserta lelang mencapai 200 peserta untuk 28 objek yang dilelang. Nilai kendaraan yang dilelang pun mengalami kenaikan yang sanga tsignifikan.Lelang kendaraan dinas memang menjadi salah satu hal yang cukup menarik dan dinantikan masyarakat dikarenakan kendaraan yang menjadi objek penjualan sangat bervariasi,dengan kondisi yang realtif masih baik dan nilai limit terjangkau.

Acara pekan lelang ini akan dilaksanakan selama 7 hari yaitu mulai tanggal 18 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2021.Objek lelang merupakan Kendaraan Dinas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 134 unit yang termasuk kedalam Barang Milik Daerah dan saat ini telah mencapai waktu untuk dihapuskan.

Penjualan melalui Lelang merupakan salah satu proses penatausahaan Barang Milik Negara dan Barang Milik Daerah merupakan suatu sarana yang efektif untuk membantu meningkatkan pendapatan negara maupun daerah, yang kemudian akan digunakan sebagai salah satu bentuk usaha pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Lelang juga menjadi upaya pemerintah untuk menciptakan suatu alternative system jualbeli yang efektif dan efisien di masyarakat.

Diharapkan dengan adanya lelang asset Pemprov Kalbar ini, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal dan BUMN, serta khususnya masyarakat Kalimantan Barat dapat lebih antusias untuk turut berpartisipasi dalam pelaksanaan lelang, baik melaluiPejabat Lelang Kelas I di KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang, maupun Pejabat Lelang Kelas II di Wilayah Kalimantan Barat.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini