Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mengatasi Permasalahan BMN/D Melalui Rapat Koordinasi dan Konsultasi Aset Daerah
Thaus Sugihilmi Arya Putra
Selasa, 31 Agustus 2021   |   164 kali

Mengatasi Permasalahan BMN/D Melalui Rapat Koordinasi dan Konsultasi Aset Daerah

 

Pada hari Kamis (26/8) bertempat di ruang rapat Kanwil DJKN Kalbar telah dilangsungkan rapat koordinasi dan konsultasi aset daerah membahas aset tanah yang tercatat di SIMDA BMD Kabupaten Kubu Raya dan SIMAK BMN TNI dan Polri. Rombongan dipimpin oleh Inspektur Daerah dan Kepala BPKAD Kabupaten Kubu Raya didampingi oleh Kepala Bidang Aset Daerah, Kepala Seksi di Inspektorat Daerah dan Staf Inspektorat Daerah. Sedangkan dari Kanwil DJKN Kalbar hadir Kakanwil DJKN Kalbar didampingi oleh Kepala Bidang PKN dan Kepala Seksi PKN 3. Dalam rapat tersebut dibahas mengenai tindaklanjut atas Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kab Kubu Raya Tahun 2020 nomor: 27.B/LHP/XIX.PNK/04/2021 tanggal 5 Mei 2021.LHP BPK RI terhadap aset di Pemkab Kubu Raya, inti permasalahannya yaitu beberapa sekolah berpotensi bermasalah dengan pihak/instansi lain dalam hal ini dengan Kementerian Pertahanan RI Cq TNI AD dan Kepolisian RI Cq Polda Kalbar.

Arahan Edo UP Nainggolan, Kakanwil DJKN Kalbar pada saat rapat, karena terhadap permasalahan ini terindikasi terjadi juga di beberapa Pemda lainnya, maka Kanwil DJKN Kalbar telah menyurati seluruh Pemda di Kalbar sesuai surat Kanwil DJKN Kalbar Nomor: S-149/WKN.11/2021 tanggal 16 April 2021 Hal Permintaan informasi mengenai data sekolah negeri yang berdiri di atas tanah BMN. Kemudian Darnadi, Kabid PKN menambahkan sesuai ketentuan terkait tanah BMN yang digunakan oleh Pemda dapat menggunakan mekanisme pinjam pakai atau hibah BMN. Hal ini sesuai dengan PMK RI Nomor 111/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemindahtanganan BMN dan PMK RI Nomor 115/PMK.06/2020 tentang Pemanfaatan BMN.

Sebelum rapat ditutup Kepala Kanwil meminta Pemda Kubu Raya untuk bersurat kepada Kanwil DJKN Kalbar untuk menyampaikan permasalahan tersebut dengan tembusan kepada Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar untuk segera mendapat penyelesaian terhadap permasalahan aset tersebut.

 

(Penulis – Arya Putra/Tim KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini