Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Kanwil DJKN Kalbar dan Bank Kalbar dalam Menggerakkan Perekonomian melalui Lelang
Aminah Nurmillah
Selasa, 25 Mei 2021   |   158 kali

Pontianak (24/05) Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan didampingi Kepala KPKNL Pontianak, Indra Safri dan Plt. Kepala Bidang Lelang, Tuti Kurniyaningsih, mengadakan kunjungan ke Kantor Pusat Bank Kalbar. Kunjungan ini disambut langsung oleh Direktur Utama Bank Kalbar, Drs. Samsir Ismail, M.M beserta jajarannya. Kunjungan ini membahas mengenai penggalian potensi lelang melalui koordinasi percepatan lelang atas aset-aset/barang jaminan milik debitur macet pada Bank Kalbar.

Edward menyampaikan mengenai bagaimana lelang atas aset debitur macet tersebut dapat membantu likuiditas bank. Bank merupakan salah satu mitra kerja DJKN terutama terkait dengan lelang. Seperti diketahui bahwa lelang dapat menjadi sarana menurunkan kredit macet Non-performing Loan (NPL) Bank melalui Lelang Hak Tanggungan. “Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, salah satunya bagaimana lelang dapat membantu kemampuan likuiditas bank untuk menggerakkan perekonomian nasional” kata Edward.

Direktur Utama Bank Kalbar, Samsir Ismail menyambut baik hal ini. Ia menyampaikan bahwa jajarannya sedang menyusun kajian ekonomis sebagai salah satu syarat yang diajukan untuk lelang aset ini. Pada kesempatan ini, Samsir juga mengonsultasikan mengenai mekanisme Aset yang Diambil Alih (AYDA). Dimana dalam konsep AYDA ini, Bank bertindak selaku pembeli barang jaminannya sendiri dalam lelang eksekusi, yang pada akhirnya berpotensi meningkatkan produktifitas lelang dan mempercepat penyelesaian kewajiban debitur sehingga menurunkan NPL Bank tersebut. “Dengan adanya AYDA ini, pemegang Hak Tanggungan diberikan kesempatan untuk mengambil alih, dengan catatan dalam setahun harus bisa terjual. Apabila dalam setahun tidak laku terjual, maka dapat diambil alih baik oleh pihak bank maupun perwakilan dari bank tersebut.” pungkas Indra.

Kanwil DJKN Kalimantan Barat selaku manajer aset pemerintah, siap untuk memberikan bantuan dan pendampingan melalui konsultasi. Diharapkan melalui sinergi ini, dapat saling membantu untuk mencapai likuiditas Bank Kalbar dan Target Lelang Kanwil DJKN Kalbar. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini