Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan Kodam XII/Tanjungpura dalam Optimalisasi BMN di Kalimantan Barat
Aminah Nurmillah
Senin, 24 Mei 2021   |   219 kali

Pontianak (19/05) Kanwil DJKN Kalimantan Barat menggelar rapat koordinasi dengan  Kodam XII/Tpr di ruang rapat Pangdam XII/Tanjungpura di Kubu Raya untuk membahas pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kodam XII/Tpr. Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat beserta jajaran dan Pangdam XII/Tpr beserta jajaran.  Dalam rapat tersebut antara lain dibahas masalah percepatan sertipikasi tanah  BMN yang berada di lingkup Kodam XII/Tpr untuk tahun 2021 serta pemetaan bidang tanah tahun 2022. “Dalam tahun 2021 tanah BMN Kodam XII/Tpr yang menjadi target tahun 2021 sebanyak 159 bidang dan diharapkan target tersebut dapat segera diselesaikan” , Edward menjelaskan.

                 Selain membahas percepatan sertipikasi BMN, dibahas juga optimalisasi BMN  Kodam XII/Tpr di Kalimantan Barat. Salah satu asset yang yang dibahas adalah tanah di area Tugu Katulistiwa yang saat ini masih dalam proses untuk dipinjampakai oleh Pemerintah Kota Pontianak , Pinjam pakai tersebut merupakan solusi agar Pemerintah Kota Pontianak dapat melakukan pengembangan Tugu Katulistiwa yang merupakan ikon Kota Pontianak bahkan Kalimantan Barat. Permohonan pinjam pakai tersebut saat ini sudah diajukan ke Mabes TNI. Edward menambahkan “Proses persetujuan pinjam pakai diharapkan dapat diselesaikan pada Bulan Juni 2021 sesuai hasil pembahasan yang telah dilaksanakan”.

                 Terkait dengan permasalahan tersebut Panglima Kodam XII/Tanjungpura menyatakan bahwa sertipikasi tanah BMN merupakan langkah strategis terutama untuk menghindari penyerobotan tanah oleh pihak lain. “Dalam prakteknya banyak tanah kodam yang saat ini dipermasalahkan oleh pihak lain, sehingga dengan adanya sertipikasi ini status kepemilikan TNI menjadi jelas” Panglima Kodam XII/Tpr menambahkan. Untuk pinjampakai oleh Pemerintah Kota Pontianak pada prinsipnya Kodam XII/Tpr sangat mendukung dan sudah memproses ke Mabesad. “Kita akan memproses pinjam pakai tanah kodam oleh Pemerintah Kota Pontianak sesuai dengan petunjuk Mabesad”

                 Selanjutnya pada akhir pertemuan Edward Nainggolan menyampaikan bahwa Kanwil DJKN Kalimantan Barat berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan tuntas atas permasalahan BMN di Kalimantan Barat. “kami mengharapkan sinergi dalam pengelolaan BMN dengan Kodam XII/Tpr dapat terus terjalin dan kami siap untuk memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan tuntas sesuai dengan janji layanan kami” Edward menambahkan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini