Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Kalbar, Mata Garuda dan Universitas Tanjungpura Membangun SDM di Kalimantan Barat
Aminah Nurmillah
Rabu, 10 Maret 2021   |   294 kali

Pontianak (10/03) Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edward UP Nainggolan bersama dengan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Garuda Wiko dan Mata Garuda Kalimantan Barat, mengadakan pertemuan di Rektorat Universitas Tanjungpura.

Mata Garuda adalah organisasi yang beranggotakan alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan. Salah satu visi dari Mata Garuda adalah sebagai sarana pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas untuk pembangunan bangsa Indonesia.

“Sebagian besar pengurus Mata Garuda Kalimantan Barat berasal dari Universitas Tanjungpura, maka harus memberikan kontribusi dalam pengembangan SDM di Kalbar termasuk Universitas Tanjungpura ini.” Kata Edward.

Universitas Tanjungpura adalah salah satu universitas negeri yang memiliki pontensi yang besar baik dalam bentuk aset tangible maupun SDM di Kalimantan Barat. Edward menginginkan tidak hanya aset tangible Universitas Tanjungpura yang dioptimalkan, tetapi juga SDM-nya. “Kita membutuhkan tenaga pengajar dosen dengan kualifikasi pendidikan yang tinggi di Universitas Tanjungpura. Mata Garuda bersama dengan Universitas Tanjungpura dapat bersinergy mempersiapkan mahasiswa/alumni dan dosen Untan untuk mengikuti seleksi LPDP tingkat magister dan doktoral”, kata Edward.

Selaras dengan pernyataan yang disampaikan Edward, Prof Garuda Wiko menyatakan bahwa Universitas Tanjungpura membutuhkan lebih banyak tenaga pengajar dengan kualifikasi pendidikan Doktor. “Kami sudah membuat daftar yang sedang mengajukan Guru Besar, dan dosen yang akan di sekolahklan untuk program S2 dan S3. Salah satu program Universitas Tanjungpura untuk meningkatkan kualitasnya adalah meningkatkan kualitas dosen-dosennya. Universitas Tanjungpura menyambut baik sinergy dengan Mata Garuda dan berharap dapat diwujudkan dengan segera” pungkas Prof. Garuda.

Rahmat Yuda Pratama, Ketua Mata Garuda Kalimantan Barat, yang merupakan awardee LPDP, lulusan Wallongong University, Australia mengatakan akan membantu melalui persiapan seleksi antara lain dengan mengadakan simulasi test, meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS), serta simulasi Tes Pengelolaan Akademik (TPA) dan wawancara. Dengan demikian calon penerima beasiswa, benar-benar telah siap untuk mengikuti seleksi LPDP dan diharapkan banyak mahasiswa dan dosen Universitas Tanjungpura yang mendapatkan besiswa LPDP” ujarnya. Yuda Pratama didampingi beberapa pengurus Mata Garuda Kalbar yaitu Fadli Irmawan, Wira Fitra dan Resmita

Pada akhir pertemuan, Edward berharap dapat terjalin kerjasama Universitas Tanjungpura dengam Mata Garuda termasuk di bidang yang lain misalnya dalam pengembangan kewirausahaan untuk mahasiswa Universitas Tanjungpura maupun masyarakat Kalimantan Barat. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini