Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Uji Kompetensi Demi Penilai Pemerintah Yang Lebih Baik
Dedy Sasongko
Rabu, 06 Maret 2019   |   185 kali

Pontianak, 4 s/d 6 Maret 2019 Kanwil DJKN Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan verifikasi dan kompetensi (verkom). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Bidang Penilaian, Tuti Kurniyaningsih diikuti oleh 12 penilai pemerintah dari Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan KPKNL Pontianak. Kegiatan yang dilaksanakan sejak tahun 2015 ini bertujuan untuk pembinaan kepada semua penilai pemerintah dilingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat.

 

Dalam sambutannya Tuti menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kedatangan tim dari kantor pusat yang akan melaksanakan uji kompetensi kepada para penilai pemerintah yang telah ditunjuk untuk mengikuti kegiatan ini. “Dari verkom ini akan diketahui kompetensi para penilai, apabila hasilnya baik maka bisa menjadi motor penggerak dan apabila kurang, akan diketahui bimbingan teknis apa yang harus diberikan “ kata Tuti.


Kegiatan verkom ini dilaksanakan  mulai dari tahap pembekalan, pemaparan dan ujian tertulis. Untuk komposisi penilaiannya sendiri ditentukan 20 % untuk kaji ulang laporan, 30 % pemaparan laporan penilaian dan 50 % ujian tertulis. Wifda Indriani, Kasi Pembinaan Penilai Pemerintah menyampaikan materi tentang Jabatan Fungsional Penilai Pemerintah (Jafung Penilai) dilingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Jafung Penilai akan mulai dilaksanakan proses inpasing di bulan Mei 2019.

 

Hari kedua kegiatan verkom dilaksanakan ujian pemaparan dan kaji ulang laporan penilaian. Dalam pelaksanaan pemaparan laporan penilaian dikelompokkan menjadi 5 tim. Masing masing tim diberi waktu selama 30 menit yang dibagi menjadi 2  sesi, masing masing selama 15 menit untuk pemaparan dan review oleh tim lain. Sedangkan  kaji ulang terhadap 10 laporan penilaian dilaksanakan oleh Salman Paris Muda, Kasi Pengelolaan Data dan Informasi.

 

Hari ketiga dilaksanakan ujian tertulis yang diikuti oleh 11 penilai pemerintah, satu orang tidak bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai karena ada kegiatan lain yang tidak bisa bisa ditinggalkan. Sebanyak 150 soal terbagi menjadi 3 katagori, yang pertama tentang peraturan penilaian, kedua teori penilaian dan yang ketiga tentang laporan penilaian.

  

Kegiatan verkom ditutup oleh Tuti Kurniyaningsih yang menyampaikan terima kasih kepada semua penilai pemerintah yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan berharap dari hasil ujian yang telah dilaksanakan hari ini dapat dipetakan kompetensi para penilai sehingga bisa diberikan capacity building yang sesuai dengan kebutuhan dari masing masing penilai. (KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini