Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Ayo Kita Berkontribusi Untuk Negeri
Dedy Sasongko
Senin, 20 Agustus 2018   |   248 kali

Pontianak – Rabu, 15 Agustus 2018 Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat dipercaya oleh Perwakilan Kementerian Keuangan Kalimantan Barat  untuk menyelenggarakan Edukasi dan Sosialisasi SBR004 di Aula Lantau III Gedung Kanwil DJKN Kalimantan Barat.  Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat Edih Mulyadi dan diikuti oleh perwakilan dari seluruh Instansi Kementerian Keuangan di Kota Pontianak.  

 

Edih Mulyadi menyampaikan apresiasinya karena telah dipercaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini dan ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah menyediakan waktu untuk menghadiri acara ini. Pembiayaan suatu negara salah satunya diperoleh dengan hutang. Hutang bagi suatu negara itu adalah keniscayaan bahkan negara sekelas Jepang dan Jerman juga berhutang untuk membiayai kebutuhan negaranya, tinggal bagaimana caranya kita mengelola hutang tersebut. Salah satu sumber hutang pemerintah adalah melalui surat utang negara, untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan supaya kita semua paham dan bisa berkontribusi untuk membiayai negara dengan membeli SBR004.

Sosialiasi SBR004 dipandu oleh Ratri Yunita Kepala Seksi Hubungan Investor dengan Pemerintah dengan narasumber Wulandari Pujiastuti Kepala Seksi Hubungan Analisis Pasar Keuangan pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan Tiara Oktri Asisten Manager World Management Bank Negara Indonesia.

Wulandari menjelaskan Savings Bond Retail merupakan salah satu instrument pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia.  Pemerintah selalu berusaha mengelola pembiayaan dengan pruden dan memastikan setiap pembiayaan selalu digunakan untuk kegiatan produktif. Selain berkontribusi untuk negeri berbagai keuntungan dapat diperoleh dengan berinvestasi pada SBR004 karena investasinya dijamin pemerintah, dimulai dengan nilai 1 juta rupiah, kupon mengambang dengan bunga minimal yang telah ditetapkan, terdapat fasilitas early redemption. Untuk berinvestasi pada SBR004 ini bisa melalui mitra distribusi yang telah ditentukan (11 mitra).  Dengan berinvestasi pada SBR004 berarti kita telah membantu pemerintah untuk membiayai pembangunan Negara Indonesia.

Selanjutnya Tiara menjelaskan tentang langkah langkah yang harus dilaksanakan untuk berinvestasi pada SBR004. Langkah yang pertama dengan registrasi, proses pendaftaran melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi, setelah registrasi berhasil dilanjutkan dengan melakukan pemesanan, pemesanan diferifikasi kemudian muncul kode pembayaran yang harus diselesaikan dan setelah membayar investor akan mendapatkan SBR004. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.  

 

Penyerahan plakat cinderamata dan foto bersama mengakhiri kegiatan sosialisasi SBR004. (KIHI Kanwil DJKN Kalbar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini