Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Visi DJKN - Kontribusi Generasi Muda Dalam Menjaga Aset Negara Guna Menunjang Perekonomian Bangsa Indonesia
Sherly Hana Yunita Y.
Senin, 16 April 2018   |   174 kali

Pontianak - Sekitar 56 mahasiswa DIV Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak dan sejumlah dosen pengajar program DIV Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak kunjungi Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kalimantan Barat, Jumat (13/4/2018). Kunjungan ini dipimpin Kepala Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak Zulham Alfarizi. 

Kunjungan mereka penuh dengan antusias disambut Kakanwil beserta para Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum serta seluruh pegawai di Aula Lantai 3 Gedung Kanwil DJKN Kalimantan Barat. Kunjungan tersebut dalam rangka meningkatkan kerja sama antara kedua belah pihak dalam bidang Pendidikan.

Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat, Edih Mulyadi menyampaikan kuliah umum dalam acara yang dimoderatori Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Tetik Fajar Ruwandari ini. Kepada para mahasiswa, Edih mengawali materi terkait transformasi DJKN mulai dari awal berdiri hingga saat ini. Ia menyampaikan bahwa DJKN memiliki tugas yang banyak dan bervariasi, mulai dari pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, lelang dan penilaian. “Hutang Indonesia itu masih dibawah PDB, sedangkan kekayaan negara Indonesia lebih dari 4000 T, jangan takut dengan hutang yang masih dibawah PDB, sedangkan kita masih punya aset yang banyak untuk dapat dikelola lebih maksimal.”  Lebih lanjut, Edih menerangkan nilai-nilai strategis serta kontribusi pengelolaan kekayaan negara bagi perekonomian negara. Selain itu, Ia mengatakan mahasiswa harus ikut serta dalam menjaga aset negara, mulai dari kegiatan sederhana, seperti tidak merusak Barang Milik Negara, menggunakan Barang Milik Negara sebagaimana mestinya dan kritis dengan keadaan bangsa sehingga dapat lebih siap terjun ke dunia kerja.

Sementara itu, beberapa pertanyaan mahasiswa yang menarik diantaranya menanyakan tentang peranan generasi muda Indonesia, bagaimanakah cara meningkatkan kesadaran dalam diri untuk ikut serta menjaga aset negara? Apa saja usaha yang dilakukan oleh DJKN dalam rangka menjaga aset negara?” tanya salah satu mahasiswa. Selain pertanyaan mengenai aset negara, peserta kuliah umum juga menanyakan mengenai tugas dan fungsi DJKN lainnya, yakni mengenai status beberapa aset pemerintah berupa bangunan di sekitar Kanwil DJKN Kalimantan Barat dan bagaimana tindak lanjut DJKN dalam mengatasinya. 

Selanjutnya, untuk memeriahkan suasana, games online Mengenal DJKN juga berhasil menarik perhatian para mahasiswa. Dalam games ini, para mahasiswa diminta mengingat kembali materi yang telah disampaikan. Games pun berjalan dengan meriah yang kemudian terpilih tiga mahasiswa peraih score tertinggi. (Ditulis/foto dokumen oleh Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini