Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Penguatan Komunikasi, Sinergi dan Kolaboraksi Kanwil DJKN Kalimantan Barat
Dedy Sasongko
Minggu, 11 Februari 2018   |   167 kali

Pasir Panjang - Kanwil DJKN Kalimantan Barat mengadakan Rapat Kerja Daerah (rakerda) Semester 1 tahun 2018 dengan tema “Penguatan Komunikasi, Sinergi dan Kolaboraksi dalam rangka mendukung pencapaian target 2018”.

Rakerda ini dilaksanakan pada Kamis s.d. Sabtu, 8-10 Februari 2018 di Palapa Beach Hotel, Pasir Panjang, Singkawang. Kegiatan ini diikuti Kepala Kanwil DJKN Kalimantan Barat beserta semua Kepala Bidang, Kepala Bagian Umum, Kepala KPKNL Singkawang, Kepala KPKNL Pontianak, para pejabat eselon IV beserta staf di lingkungan Kanwil DJKN Kalbar.

Kepala Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Barat, Edih Mulyadi dalam pembukaannya menyampaikan bahwa mengawali Triwulan I 2018, patut bercermin dari apa yang telah dihasilkan di Tahun 2017 lalu. Evaluasi yang berkelanjutan serta instropeksi diri sangat dibutuhkan guna menjaga kinerja seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat dalam rangka pencapaian target di Tahun 2018.

Dalam melaksanakan Kolaboraksi yaitu kolaborasi dalam aksi harus selalu dijunjung tidak hanya secara internal organisasi Kementerian Keuangan tapi juga lintas organisasi (satker), sebagaimana arahan Menteri Keuangan bahwa setiap Eselon I harus dapat saling berkoordinasi demi terwujudnya tujuan organisasi Kementerian Keuangan sehingga Kanwil DJKN Kalimantan Barat, KPKNL Pontianak dan KPKNL Singkawang harus meningkatkan koordinasi dan selalu bersinergi dalam rangka pencapaian target tahun 2018.

Untuk itu, setiap lini baik di Kanwil DJKN Kalbar maupun pada masing-masing KPKNL harus selalu menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam rangka pencapaian target secara efektif dan akuntabel dan para Pejabat Eselon III yang sedang mengikuti Diklat PIM diharapkan membuat proyek perubahan yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas unit masing-masing. Pencapaian target yang dibebankan baik di bidang PKN, Penilaian, Piutang Negara dan Lelang harus dipersiapkan semaksimal mungkin sehingga tindakan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2018 dapat berjalan dengan seoptimal mungkin.

Dari hasil pembahasan yang dilaksanakan dalam rakerda diperoleh butir butir kesepakatan dalam bidang lelang yaitu mendukung sepenuhnya lelang sebagai salah satu fungsi revenue center karena fungsinya sebagai budgetair namun tidak mengesampingkan fungsi lelang lain yaitu fungsi publik dan fungsi privat, meningkatkan koordinasi dengan stakeholder dengan memperhatikan dan memprioritaskan objek lelang yang memiliki potensi laku yang tinggi, melakukan rekonsiliasi data bea lelang secara berkala dengan kantor cabang pegadaian dan KPPN di wilayah KPKNL.

Di bidang Penilaian akan disusun database penilaian yang handal dan valid melalui kegiatan survei data tanah, melakukan sharing database harga tanah pembanding dari kegiatan revaluasi BMN, menjaga standar kualitas laporan penilaian dengan kendali mutu melalui optimalisasi penggunaan routing slip, penguatan peran komite penilaian pada kegiatan peer review, verifikasi laporan penilaian, dan kaji ulang serta pembinaan (sosialisasi, FGD, dan bimtek).

Untuk Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Kalbar bersama KPKNL akan memberikan informasi dan pelayanan dalam upaya zero outstanding ABMA/T kepada pihak-pihak terkait, Kanwil DJKN proaktif dalam melakukan optimalisasi pengelolaan BMN idle dan aset eks BPPN/PPA dengan bertindak sebagai manager asset, menyempurnakan database aset untuk meningkatkan kualitas dan validitas dalam pengelolaan kekayaan negara, termasuk dalam pencapaian target utilisasi dan manfaat ekonomi, mengedukasi satker untuk meningkatkan pemahaman akan arti pentingnya penatausahaan dan pengelolaan BMN secara baik dan benar, Kanwil dan KPKNL berperan aktif dalam rangka pelaksanaan pengawasan dan pengendalian BMN untuk meningkatkan kualitas laporan wasdal yang disampaikan oleh satker. Demi terwujudnya predikat WBK/WBBM dan pengarusutamaan gender di lingkungan Kanwil DJKN Kalimantan Barat Kanwil akan mendukung sepenuhnya sehingga predikat tersebut akan dapat dicapai.

Dengan digelarnya rakerda ini diharapkan apa yang telah disepakati dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh Kanwil DJKN Kalbar, KPKNL Singkawang dan KPKNL Pontianak, sehingga target yang telah ditetapkan dapat tercapai. (KIHI Kanwil DJKN Kalbar) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini