Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Web Seminar Pemasaran Lelang Hak Tanggungan ditengah Pandemi Covid-19
Muhammad Rudi Hidayat
Rabu, 06 Mei 2020   |   413 kali

Surabaya—Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur menyelenggarakan Web Seminar Lelang pada hari Rabu tanggal 6 Mei 2020 dengan tema Pemasaran Lelang Hak Tanggungan ditengah Pandemi Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan dengan fasilitas zoom large meeting  oleh host yang berada ruang rapat Kanwil DJKN Jatim di Gedung Keuangan Negara II Surabaya.

Web Seminar ini menghadirkan narasumber dari akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga, Kantor Wilayah PT. BRI (Persero) Surabaya dan Direktorat Lelang Kantor Pusat DJKN. Narasumber dari Universitas Airlangga adalah DR. Gancar Chandra Premananto SE MM selaku Kepala Program Diploma Magister Manajemen. Kantor Wilayah PT. BRI (Persero) Surabaya langsung menghadirkan Pimpinan Wilayah yaitu Triswahju Herlina atau yang akrab disapa Lina. Sedangkan dari Direktorat Lelang menghadirkan Mohammad Akyas selaku Kepala Seksi Bina Lelang II a. Acara ini dimoderatori oleh Andy Pardede Kepala KPKNL Surabaya.

Web seminar dengan tema yang menarik ini tidak hanya diikuti oleh insan lelang di Jawa Timur tapi menjadi acara nasional.  Kegiatan ini  diikuti oleh Direktur Lelang, seluruh Kepala Kanwil DJKN, Kepala KPKNL, Kepala Seksi Lelang,  pelelang dan para praktisi perbankan diseluruh Indonesia. Participant dalam large zoom meeting tercatat sampai 499 orang. Selain itu webinar ini juga disiarkan secara live melalui akun youtube Kanwil DJKN Jawa Timur.

Kegiatan webinar yang dimulai pukul 09.30 WIB ini dibuka oleh Etto Sunaryanto Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur. Dalam sambutannya Etto menjelaskan latas belakang diselenggarakan kegiatan webinar ini. Menurutnya setelah wabah pandemic covid-19 terjadi penurunan kinerja lelang. Untuk perlu dicari terobosan maupun strategi dalam menghadapi tantangan pemasaran dalam pandemi covid. Diperlukan strategi lelang yang tepat untuk mencapai target lelang ditengah badai covid.

Dr. Gancar membawakan sub tema Pemasaran dalam kondisi darurat dengan judul Marketing and Consumer Behavior For Auction Market.  Gancar mepresentasikan ide idenya, dalam kondisi krisis ini adalah suatu peluang besar yang harus diambil oleh marketer untuk dirubah menjadi tantangan. Menurutnya harus ada akselerasi program untuk mempersiapkan booming hasil kinerja setelah badai covid berlalu. Kondisi pandemi ini harus dipahami kondisi untuk mempercepat kemajuan bukan diharapkan memasuki kondisi normal yang baru.

Dalam presentasinya Gancar memperkenalkan konsep VUCA in New Normal dicapai dengan Fun Condition. VUCA merupakan singkatan dari Volatile (bergejolak), Uncertain (tidak pasti), Complex (kompleks) dan Ambigue (tidak jelas) yang merupakan gambaran situasi di dunia bisnis di masa kini. VUCA yang fun karena tujuan hidup adalah untuk memperoleh kesenangan. Saat ini telah dimulai semua aktifitas hidup diselesaikan sambil rebahan. Gancar menyebutnya dengan istilah kaum rebahan. Di akhir pemaparannya gancar memberikan motivasi bahwa Covid-19 diberikan Tuhan supaya kita bergerak melakukan perubahan, covid harus dianggap sebagai tantangan untuk mempercepat hadirnya masa depan.

Peserta Webinar yaitu Eka Sri Sukadana Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu menanyakan kepada Gancar, bagaimana cara mengidentifikasi calon pembeli dan bagaimana caranya menggalang komunitas lelang. Atas pertanyaan tersebut Gancar memberikan solusi, yang pertama tambahkan dashboard performance untuk menunjukkan prestasi organisasi, yang kedua dalam kondisi covid persiapkan strategi pemasaran yang optimal sehingga setelah covid berlalu akan terjadi booming melejitnya kinerja lelang. Yang ketiga, strategi menyebar jala, lakukan cluster analysis dan profile, mengumpulkan data secara online. Menurutnya pengalaman pengusaha Choirul Tanjung melakukan pembelian ketika terjadi krisis, investasi lebih baik pada masa krisis.

Pada sesi berikutnya adalah pemaparan dari Triswahju Herlina Pemimpin Wilayah PT. BRI (Persero) Tbk. Surabaya dengan sub tema strategi pemasaran lelang hak tanggungan dalam pandemi covid-19. Lina mengetengahkan strategi BRI memasarkan obyek lelang melalui website info lelang BRI www.infolelang.bri.co.id  dan membuat katalog lelang agunan bri berupa spanduk maupun brosur. Untuk kegiatan lelang, BRI mentargetkan lelang minimal seminggu sekali untuk satu kantor cabang BRI melalui eauction KPKNL. Selain itu diteengah pandemic covid BRI gencar mempromosikan KPR Solusi untuk pembelian lelang.

Direktorat Lelang mendapatkan waktu terakhir untuk mempresentasikan sub tema Kebijakan Pemasaran Lelang hak Tanggungan dan kiat-kiat mencapai target kinerja ditengah pandemic Covid-19. Untuk pemasaran lelang Hak Tanggungan Akyas selaku narasumber memaparkan perlunya dilakukan memasyarakatkan lelang melalui social media, memasarkan obyek lelang melalui lelang.go.id, menyelenggarakan event lelang di pusat maupun daerah seperti investor gathering oleh bank mitra. Dalam pandemic ini Direktorat Lelang telah mengeluarkan regulasi Peraturan Dirjen Kekayaan Nomor 3 tahun 2020 dengan garis kebijakan lelang harus melalui internet, kehadiran penjual melalui sarana elektronik, lelang konvensional maupun e-conventional dirubah menjadi lelang internet. Selain itu kebijakan berupa kemudahan diberikan untuk pemenang lelang yaitu dimungkinkan dispensasi pembayaran apabila terjadi penutupan sementara layanan perbankan.

Webinar ini diakhiri dengan sesi tanya jawab melalui fasilitas chating yang terdapat dalam zoom meeting. Para panelis berkenan memberikan nomor telpon yang dapat dihubungi apabila peserta ingin menanyakan pemasaran lelang.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini