Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Simulasi Aplikasi Smile berupa Fitur Permohonan Lelang Online dan Modul Risalah Lelang
Muhammad Rudi Hidayat
Senin, 30 September 2019   |   1021 kali

Era digitalisasi berkembang dengan cepat, sektor perekonomian maupun pemerintahan harus segera menangkap peluang untuk melakukan efisiensi birokrasi. Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur menyelenggarakan Simulasi  Fitur Permohonan Lelang Online dan Aplikasi SMILE Modul Risalah Lelang pada Kamis (26/9) sampai dengan Jumat (27/9) bertempat di Ruang Rapat Kanwil DJKN Jawa Timur, Gedung Keuangan Negara Surabaya II Jalan Dinoyo 111. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Bidang Lelang, Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Pejabat Lelang Kelas I dilingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur serta  Wisnu Ari Pratama Kepala Seksi Bina Lelang II B sebagai narasumber dari Direktorat Lelang DJKN.

Herdiah Palupi yang sering disapa dengan nama Upi selaku Kepala Bidang Kanwil DJKN Jawa Timur membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Upi mengungkapkan bahwa capaian kinerja dibidang lelang dari KPKNL masih kurang maksimal, rata-rata capaian sebesar 40% untuk pokok lelang. Namun demikian Upi berharap dan optimis untuk mendapat capaian kinerja yang optimal. Untuk itu diharapkan KPKNL membuat prognosa yang challenging. Birokrasi lelang mengalami perubahan cepat, yang tadinya bersifat konvensional namun karena kurang efektif maka diperbaharui mengikuti era digital menjadi online agar dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tata cara pengajuan permohonan online lelang. Diharapkan permohonan online lelang dapat mewujudkan good governance dan memberikan pelayanan yang lebih cepat kepada stakeholder.

Wisnu Ari Pratama selaku narasumber dari Direktorat Lelang menyampaikan bahwa target kinerja lelang memang meningkat secara drastis. Dalam acara ini Wisnu memaparkan cara kerja aplikasi permohonan lelang online baik itu lelang eksekusi wajib maupun non eksekusi wajib serta lelang sukarela. Selain itu dijelaskan pula aplikasi Smile fitur modul risalah lelang  untuk memberikan kemudahan dalam pembuatan Risalah Lelang. Dengan aplikasi yang bersifat online ini  diharapkan dapat mendukung system informasi yang handal dan memberikan kemudahan dalam pelayanan.

Lelang harus selalu mengikuti perkembangan teknologi. Aplikasi permohonan (lelang) online dimaksudkan agar permohonan lelang tersebut dapat dipantau pemohon lelang. Modul Permohonan Online yang merupakan aplikasi berbasis web merupakan sarana untuk memfasilitasi pemohon lelang dalam mengajukan permohonan lelang secara digital. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini