Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dengan Semangat Idhul Adha, Mari Kita Wujudkan Eco Masjid
Muhammad Rudi Hidayat
Senin, 12 Agustus 2019   |   699 kali

Dengan Semangat Idhul Adha, Mari Kita Wujudkan Eco Masjid



Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:
اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ
"Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak."
QS. Al-Kausar[108]:1
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ
"Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)."
QS. Al-Kausar[108]:2
اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ
"Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah)."
QS. Al-Kausar[108]:3

Allahu Akbar Allahu Akbar Walillah Hilham, Takbir berkumandang dan menggema menyambut Hari Raya Idul Adha. Dalam rangka mengisi dan merayakan Hari Raya Idul Adha, Takmir Masjid Al Furqon Gedung Keuangan Negara Surabaya II yang didalamnya terdapat keluarga besar Kantor Wilayah DJKN Jawa Timu melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada hari Senin tanggal 12 Agustus 2019 untuk syiar Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah. Acara di awali dengan sambutan oleh Bapak Achmad Yulianto ( Wakil Ketua Takmir Masjid Al Furqon). Dalam sambutannya beliau menyatakan rasa syukur bahwa kesadaran berqurban tumbuh di lingkungan GKN Surabaya II. Beliau mengutip hadits yg menyatakan bahwa barangsiapa yg mampu tapi tak berqurban, maka Rasulullah melarang mendekati tempat shalat.
Dilanjutkan dengan ceramah  dan pembacaan doa oleh Bapak Ustadz H.  Abdus Salam Lc. Penceramah berharap Qurban nya berkah, diterima oleh Allah, semua urusan di lingkungan GKN Surabaya II berkah dan dipermudah oleh Allah. Qurbannya jadi kendaraan utk meniti sirathal mustaqim.
Ketua Takmir berpesan bahwa masjid harus berperan  dalam mendukung gerakan *go green*,  *eco-Office*,  *eco-Masjid*, sedangkan kepada penerima daging kurban diharapkan  menghancurkan sampah plastik bekas wadah daging, atau tidak membuangnya dengan sembarangan. 
Penyerahan hewan kurban secara simbolis dari peserta kurban kepada pengurus takmir masjid  untuk diserahkan  kepada Ketua Panitia kurban Masjid Al Furqon. Setelah itu dilaksanakan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Al Furqon.
Pembagian daging hewan kurban dibagikan kepada yang berhak menerimanya termasuk kaum duafa dan masyarakat sekitar Gedung Keuangan Negara Surabaya II. Melalui penyembelihan hewan kurban ini diharapkan dapat menjadikan manusia yang bertaqwa dan beriman kepada Tuhannya.  Semoga kita dapat mengambil hikmah dibalik pengorbanan kisah Nabi Ismail kepada kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.
"Ya Tuhanku, hewan  ini adalah nikmat dari Mu. Dan dengan ini kami bertaqorrub kepada Mu. Karenaya duhai Tuhan Yang Maha Pemurah terimalah taqorrub kami". 
(Sumber : Humas Kanwil DJKN Jawa Timur)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini