Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rapat Pagu Anggaran Kanwil DJKN Jawa Timur
Dodiek Widhyatmiko
Selasa, 24 Juli 2018   |   633 kali

Catatan:

Penulisan berita agar lebih memperhatikan pedoman penulisan berita DJKN yang telah kami sampaikan. Terutama mengenai nilai berita. Terima Kasih.


Rapat Pagu Anggaran Kanwil DJKN Jawa Timur


     Surabaya – Pada hari Senin tanggal 23 Juli 2018, bertempat di Ruang Rapat R2 lantai 8 GKN Surabaya II, Kanwil DJKN Jawa Timur menyelenggarakan rapat Penyusunan Pagu Anggaran Tahun Anggaran 2019. Rapat ini diselenggaranan di internal Kanwil DJKN Jawa Timur dengan dipimpin langsung oleh Kakanwil DJKN Jawa Timur Etto Sunaryanto. Rapat ini merupakan undangan Kepala Bagian Umum Muriyanto kepada seluruh Kepala Bidang beserta jajaran Kepala Seksi dan PIC DIPA di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur.


     Rapat pagu anggaran ini diselenggarakan sebagai tindak lanjut dari adanya surat Sekretaris DJKN tentang Penyusunan Pagu Anggaran Unit DJKN Tahun Anggaran 2019. Adapun agenda rapat kali ini, selain pembahasan penyusunan anggaran TA 2019 juga dilakukan pembahasan terkait resource forum dan penetapan keluaran riil TA 2019.


     Dalam pembukaannya, Muriyanto menyampaikan bahwa pembahasan rapat anggaran TA 2019 tersebut akan diusulkan ke Kantor Pusat dan selanjutnya akan di bahas dalam rapat bersama seluruh Kanwil dan KPKNL DJKN di Balikpapan pada tanggal 2 Agustus 2018. Oleh karena itu diharapkan masing-masing Bidang menyampaikan rencana anggaran yang akan diusulkan untuk TA 2019.


     Selanjutnya oleh Kasubag Keuangan Kanwil DJKN Jawa Timur, Suliyati, teknis pembahasan rapat penyusunan anggaran dipresentasikan. Suliyati menyampaikan bahwa setelah ditetapkan pagu anggaran eselon I, maka Kantor Pusat akan membagi pagu anggaran dan disebar ke seluruh Kanwil dan KPKNL di lingkungan DJKN. Disampaikan juga oleh Suliyati bahwa untuk Kanwil DJKN Jawa Timur tidak seluruh anggaran yang diusulkan untuk TA 2019 disetujui oleh Kantor Pusat.


     Disela-sela rapat pembahasan rencana anggaran TA 2019 ini, Etto beberapa kali memberikan arahan-arahan. Salah satu arahan yang diberikan adalah bahwa anggaran-anggaran yang telah ditetapkan agar disesuaikan dengan pencapaian/realisasi rencana kerja. “Jangan sampai suatu bidang memiliki anggaran yang tinggi namun tingkat capaiannya semakin rendah dari tahun sebelumnya” demikian pesan Etto.


     Setelah agenda pembahasan penyusunan anggaran TA 2019, agenda rapat dilanjutkan dengan pembahasan materi resource forum. Resource forum ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas penyusunan rencana kerja lingkup Kementerian Keuangan dalam mengimplementasikan rasa memiliki dalam proses perencanaan anggaran dengan melibatkan semua sumber daya organisasi yang sekurang-kurangnya terdiri dari fungsi keuangan, kinerja, hukum, organisasi, SDM, sarana prasarana, informasi teknologi dan unit pemilik kegiatan teknis.


     Setelah akhir pembahasan konsep resource forum, Etto memberikan masukan kepada bidang-bidang. Salah satunya adalah meminta kepada seluruh bidang di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur untuk membuat output-output yang mencerminkan kinerja yang sesungguhnya sehingga dapat mencerminkan kinerja-kinerja yang banyak dan dapat diukur.


(teks/foto: Tim liputan Bid. KIHI)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini