Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sekretaris DJKN Serahkan Rumah Negara Pada Kanwil DJKN Jatim dan Cek Kesiapan KPKNL Kediri
Mohammad Eko Agus Yudianto
Selasa, 21 November 2017   |   907 kali

Surabaya - Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Dodi Iskandar melaksanakan kunjungan kerja pada Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur, pada Kamis (9/11) dan Jumat (10/11). Kunjungan ini dalam rangka melihat kesiapan sarana dan prasarana atas rencana pembukaan KPKNL Kediri serta serah terima Barang Milik Negara (BMN) berupa rumah negara untuk 3 satuan kerja (satker) vertikal DJKN. Ketiga satker tersebut, yakni Kanwil DJKN Jawa Timur, KPKNL Surabaya dan KPKNL Sidoarjo. Rumah negara tersebut diperoleh dari mekanisme Alih Status BMN maupun Hibah BMN, sehingga tidak membebani APBN untuk perolehannya.

Ketiga rumah negara yang diserahkan kepada Kepala Kanwil DJKN Jawa Timur, Etto Sunaryanto, antara lain : 1 unit gedung kantor eks. LPT Indak untuk digunakan sebagai rumah negara Kanwil DJKN Jawa Timur, 1 bidang tanah hibah dari Pemkot Surabaya untuk digunakan sebagai rumah negara KPKNL Surabaya dan 3 unit rumah dinas eks. PT. Pertamina untuk digunakan sebagai rumah negara KPKNL Sidoarjo. Nilai total BMN yang diserahkan kepada Kanwil DJKN Jawa Timur sebesar Rp3,7 milyar.

Selanjutnya, Etto Sunaryanto menyerahkan rumah negara melalui mekanisme transfer kepada KPKNL Surabaya dan KPKNL Sidoarjo. Etto memberikan apresiasi kepada Kantor Pusat DJKN yang telah membantu proses alih status BMN yang akan digunakan sebagai rumah negara. “Serah terima BMN berupa rumah negara ini sangat bermanfaat untuk kantor vertikal, sebagai contoh, Kanwil DJKN Jawa Timur dengan jumlah pejabat Eselon II, III dan IV sebanyak 22 orang hanya memiliki rumah negara sebanyak 3 unit, penyediaan rumah negara bagi para pejabat/pegawai memang sangat menunjang kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi DJKN dalam melayani masyarakat,” ungkap Etto.

Pada kesempatan yang sama, Dodi Iskandar menyampaikan bahwa Kantor Pusat DJKN berkomitmen memenuhi kebutuhan rumah negara untuk Kantor Vertikal DJKN di seluruh Indonesia, namun pelaksanaannya tidak bisa dilaksanakan secara serentak, karena keterbatasan dana. Solusinya adalah melalui optimalisasi BMN Idle di beberapa Kementerian/Lembaga untuk dapat dimanfaatkan sebagai kantor atau rumah negara DJKN.

Lebih lanjut Dodi menyampaikan bahwa untuk Kanwil DJKN Jawa Timur pada tahun 2018 sudah mendapatkan anggaran untuk pematangan lahan rencana rumah negara dalam bentuk rumah susun dan apabila dana memadai, dapat dianggarkan untuk konstruksi rumah susun pada tahun 2019. 

Sebelumnya, Dodi Iskandar menyempatkan melihat lokasi BMN berupa tanah dan bangunan gedung kantor rencana pembukaan KPKNL Kediri. Tanah bangunan kantor pemerintah dengan luas 4.920 M2 yang berlokasi di Jalan Pahlawan Kusuma Bangsa Nomor 95 Kediri (sekitar 5 menit dari Kantor Walikota Kediri).

Proses serah terima telah dilaksanakan dari Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara berdasarkan Berita Acara Serah Terima Nomor: BAST-80/PB.1/2016 tanggal 15 Agustus 2016. Selain itu, Dodi juga melihat lokasi BMN berupa rumah negara dengan luas tanah 1.975 M2 yang berlokasi di Jalan Penanggungan Nomor 41, 43 dan 45 Kediri (sekitar 20 menit dari lokasi KPKNL Kediri).

Dodi semakin optimis persiapan pembukaan KPKNL Kediri dapat dilaksanakan pada tahun 2018 setelah melihat secara langsung fasilitas kantor dan rumah negara yang telah dimiliki. “Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, KPKNL Kediri dapat melayani pengguna jasa di Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya. (Teks/Foto : Eko/Kanwil DJKN Jatim)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini