Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Berqurban Ditengah Pandemi Berharap Berkah Untuk Negeri
Aris Abdul Majid
Rabu, 05 Agustus 2020   |   148 kali

Semarang – Dalam rangka menyemarakkan syiar Idul Qurban 1441 Hijriah yang jatuh pada hari Jumat 31 Juli 2020, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta turut berpatisipasi melalui Masjid Shalahuddin Gedung Keuangan Negara II Semarang melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban. Mengingat tanggal 31 Juli 2020 merupakan hari libur nasional, maka pelaksanaan penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2020.

Penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban kali ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB s.d. selesai di halaman parkir Masjid Shalahuddin Gedung Keuangan Negara II Semarang. Acara penyembelihan diawali dengan seremonial yang dipandu oleh Panitia Qurban Penuh Khidmat 2020 dari Masjid Shalahuddin beserta sambutan dan laporan dari Ketua Panitia. Acara ini disaksikan pengurus Masjid Shalahuddin, para donatur serta para pejabat dan pegawai di lingkungan Gedung Keuangan Negara Semarang II.

Panitia Qurban Penuh Khidmat 2020 pada kesempatan kali ini melaksanakan penyembelihan 8 (delapan) hewan qurban yang terdiri dari 4 (empat) ekor sapi dan 4 (empat) ekor kambing. Seluruh hewan qurban yang disembelih merupakan partisipasi dari pegawai di lingkungan Gedung Keuangan Negara Semarang II. Pelaksanaan Qurban tahun ini dilakukan berdasarkan protokol Covid-19, termasuk juga proses penyembelihan, pengemasan, hingga sampai ke tangan penerima manfaat. Panitia qurban Idul Adha 1441 H Masjid Shalahuddin sangat memperhatikan tata cara khusus untuk menyembelih hewan qurban dikarenakan berlangsung pada saat pandemi COVID-19 yang masih terjadi. Panitia yang terlibat dalam proses penyembelihan saling jaga jarak (physical distancing), selama kegiatan penyembelihan qurban berlangsung panitia pelaksana memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun di area penyembelihan setiap akan mengantarkan daging kepada penerima. Pendistribusian daging Qurban juga dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Ibadah qurban merupakan pembelajaran dalam menyedekahkan harta terbaik untuk menggapai ridho Allah SWT. Harta yang dikeluarkan akan berbuah keberkahan karena lebih mendekatkan pada keikhlasan dan ketakwaan. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui perwakilan pengurus Masjid Shalahuddin berupaya semaksimal mungkin secara rutin (setiap tahun)  untuk terus melestarikan semangat berqurban melalui penyembelihan dan pendistribusian hewan qurban.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan D.I. Yogyakarta)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini