Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Keseruan DJKN Goes to School dengan Sambutan Antusias Para Siswa
Khoirul Umam
Jum'at, 15 November 2019   |   352 kali

Semarang - Dalam rangka memeriahkan Pekan Kekayaan Negara Tahun 2019, Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengadakan acara “DJKN Goes to School” bekerja sama dengan SMK Negeri Jawa Tengah. Acara yang berlangsung di aula B Lantai 2 di area SMK Negeri Jawa Tengah tersebut berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan 12.30 WIB. Hadir dalam acara tersebut, Para Pejabat Eselon III, IV, para staf di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah Dan DI Yogyakarta dan KPKNL Semarang, serta Kepala Sekolah, Para Wakil Kepala Sekolah dan para guru pengajar. Sebanyak 120 orang siswa hadir memenuhi aula tersebut, duduk dengan tertib dan khidmat sebagaimana kedisplinan yang diajarkan oleh sekolahnya.

Sebelum sambutan Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Syamsul Alam, ditampilkan performa tarian Mbangun Bangsa oleh siswi-siswi SMK Negeri Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Samsul Alam menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak SMK Negeri Jawa Tengah yang telah bersedia menerima kunjungan DJKN yang dikemas dalam bentuk kegiatan sosialisasi pengelolaan kekayaan negara dan simulasi lelang. Samsul memaparkan overview peran DJKN dalam pengelolaan kekayaan negara.

Selanjutnya, Sriyono selaku Kepala Sekolah menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka acara. Sriyono menyampaikan ucapan terima kasih atas ditunjuknya SMK Negeri Jawa Tengah dalam kegiatan Pekan kekayaan Negara Tahun 2019. “Kami menyambut baik acara ini, kami yakin para siswa akan mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat. Selama ini siswa-siswi hanya mengenal ilmu tentang teknik elektronika dan otomotif, namun kali ini akan mendapatkan sharing ilmu tentang ekonomi khususnya pengelolaan kekayaan negara,” ujarnya senang.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Tugas dan Fungsi (tusi) DJKN yang dibawakan oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara II Sumarno yang dimoderatori oleh Lien W. Lestari staf Bidang PKN. Sumarno menjelaskan tentang  Kekayaan Negara, Tusi DJKN, dan Peran DJKN dalam pengamanan keuangan negara dengan memberikan contoh yang mudah dipahami oleh anak sekolah. Di sela-sela paparan, siswa diperkenakan langsung bertanya sehingga terjadi dialog aktif. Para siswa tampak serius dan antusias mendengarkan penjelasan mengenai peran DJKN dalam mengelola aset/kekayaan negara. Sesekali digaungkan yel-yel dan jargon sekolah untuk menambah semangat siswa  Bagi siswa-siswi yang aktif bertanya diberikan hadiah menarik oleh panitia.

Tidak berhenti sampai di situ, acara sosialisasi semakin hidup dengan adanya performa pantomim oleh dua siswa SMK yang berkebutuhan khusus namun memiliki bakat di bidang seni.

Sebagai puncak acara, diadakan simulasi lelang yang dipandu oleh Kepala Bidang Lelang Ismu Bintoro dibantu Pejabat Lelang Aris Kurniawan dari KPKNL Semarang. Sebanyak 7 (tujuh) buah barang dilelang antara lain: helm, headphone, tas sekolah, jam tangan dan lain-lain. Dengan nilai limit rendah , mengundang animo siswa siswi untuk ikut menawar lelang. Pada penghujung acara, barang yang dilelang tersebut diberikan secara gratis kepada siswa siswi pemenang lelang. Tentunya hal ini membuat siswa terperanjat dan tidak menyangka akan mendapatkan kejutan dari DJKN.

Acara “DJKN Goes to School” merupakan salah satu upaya Kehumasan dalam mengenalkan DJKN dan tusinya kepada masyarakat umum, dalam hal ini kepada generasi muda. Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi edy Suyanto yang menaungi acara Kehumasan mengharapkan acara sosialisasi semacam ini dapat membantu  meningkatkan branding DJKN, sehingga nantinya DJKN akan muncul sebagai top of mind di mata masyarakat saat berbicara mengenai kekayaan negara khususnya aset negara.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Tengah  dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini