Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Indahnya Menyambung Silaturahmi dan Nikmatnya Kebersamaan
Edy Rusbiyantoro
Senin, 10 Juli 2017   |   993 kali

Semarang – Semarak Idul Fitri 1438 H tidak hanya terasa di lingkungan tempat tinggal tetapi juga terasa di lingkungan kerja. Pada hari Kamis, tanggal 6 Juli 2017 Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengadakan peringatan Idul Fitri 1438 H dengan menggelar kegiatan Halal Bihalal di  Aula GKN Semarang II. Acara ini sekaligus mengantarkan 2 (dua) pegawai yang memasuki masa purna tugas.

 

Lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an memenuhi sudut-sudut aula mengawali rangkaian acara Halal Bihalal. Selanjutnya suara sari tilawah menggema menyampaikan pesan tentang pentingnya saling memberi maaf. “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali Imron, 3: 133-134)

 

Acara tidak hanya dihadiri para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tetapi juga dihadiri para pensiunan DJKN yang sengaja diundang untuk ikut hadir acara ini. Sebanyak 57 pensiunan DJKN diundang untuk menjadi bagian penting dalam acara ini.

 

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tavianto Noegroho mengawali sambutannya dengan mengucapkan Selamat Idul Fitri 1438 H kepada seluruh hadirin sekaligus meminta maaf lahir dan batin. “Tradisi Halal Bihalal merupakan produk asli Indonesia,” ungkapnya menceritakan peristiwa pada masa lalu yang menjadi latar belakang munculnya istilah Halal Bihalal, “Ini budaya yang baik yang patut dilestarikan,” lanjutnya. Selanjutnya Tavianto menyampaikan penghormatan kepada para pensiunan yang berkenan hadir. Kesempatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mengantar 2 (dua) pegawai yang memasuki masa pensiun untuk menjadi anggota Kerukunan Pensiunan DJKN yaitu Sri Harsaningsih dan Kusdaryati.

 

Ketua Kerukunan Pensiunan DJKN Pusat, Agus Rijanto Sejadji dan Slamet Sunaryo, Ketua Kerukunan Pensiunan DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta  menerima dengan tangan terbuka atas kehadiran 2 (dua) anggota baru Kerukunan Pensiunan yang dipimpinnya. Dalam sambutannya, Slamet yang terkenal humoris mengucapkan terima kasih atas undangan Halal Bihalal sekaligus mengungkapkan kegembiraannya menjadi bagian penting dalam keluarga besar DJKN.

 

Pada penghujung acara, disampaikan ceramah agama oleh Ustadz Dimas Anafadli. Ustadz muda yang sedang naik daun di Kota Semarang ini menyampaikan bahwa dalam momentum Halal Bihalal ada 4 (empat) hal untuk mempererat silaturahmi dan juga menjadi ciri penduduk surga yaitu wajah yang berseri-seri (wajhun malihun), lisan yang baik (lisanun fasihun), hati yang bersih (qolbun nakiyyun), dan tangan yang berderma (yaddun sakhiyyun).

 

 

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini