Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SIMAN, Aplikasi Serbaguna BMN
N/a
Jum'at, 16 Mei 2014   |   7626 kali

Semarang - SIMAN (Sistem Informasi Manajemen Aset Negara) merupakan aplikasi serbaguna pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) mulai dari perencanaan, pengelolaan, penatausahaan, pemeliharaan dan penghapusannya.Widiyantoro, Kepala Seksi PKN I membagi ilmu dan pengetahuan SIMAN dengan seluruh pegawai Kanwil DJKN Jateng dan DIY dalam acara knowledge sharing pada 7 Mei 2014 di ruang rapat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. Harmaji, Kepala Bagian Umum dalam membuka acara menyampaikan harapan setiap pegawai yang telah mengikuti pelatihan agar membagi pengetahuan dan ilmu dengan pegawai lainnya. Dengen demikian seluruh pegawai mengetahui dan memahami bidang tugas yang ada di DJKN.

Widiyantoro menyampaikan materi knowledge sharing mengenai SIMAN. Fitur pada SIMAN mengadopsi fitur-fitur SIMAK BMN ditambah fitur pengelolaan BMN. Ada pun data SIMAN mengambil dari data SIMAK, Sakpa dan SAI yang telah ada, satuan kerja sebagai pengguna tinggal melengkapi data yang diminta oleh aplikasi. SIMAN secara otomatis akan membagi pelimpahan kewenangan di pengelola maupun di pengguna sehingga tidak terjadi melewati batas kewenangan masing-masing. Kantor Pusat DJKN akan meluncurkan SIMAN pada bulan Juni 2014 dan mengharapkan aplikasi akan memudahkan pengelolaan BMN. Khususnya kemudahan pengelolaan dalam penetapan status dan penolakan atau persetujuan penjualan BMN. Widiyantoro mengharapkan seluruh pegawai Kanwil DJKN Jateng dan DIY mampu menjadi narasumber dan memahami peraturan di bidang PKN. Hingga siap menjadi narasumber apabila ada satuan kerja yang membutuhkan. 

Mengakhiri acara, Thaufik Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY menuturkan bahwa knowledge sharing akan menambah ilmu dan pengetahuan pegawai dalam melaksanakan tugas. Dengan demikian pegawai sudah siap di tempat baru dan tidak memerlukan waktu lama dalam menyesuaikan diri dengan tugasnya. Bidang tugas DJKN yang begitu luas menuntut setiap pegawai selalu belajar dan mengikuti perkembangan yang terjadi di Kementerian Keuangan dan khususnya di DJKN. Dengan terus belajar dan menambah ilmu akan sangat berguna bagi pegawai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini