Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tim Undip Raih Juara I Lomba Debat DJKN
N/a
Jum'at, 04 April 2014   |   1295 kali

Semarang -  Tim debat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil mengalahkan tim debat Universitas Jenderal Sudirman (Unsoed) Purwokerto dan keluar sebagai juara pertama lomba debat DJKN dalam final Lomba Debat DJKN Goes to Campus yang berlangsung pada 27 Maret 2014 di Gedung Prof. Sudarto Undip Semarang.

Bertindak sebagai juri, dosen Undip tiga orang dan dari DJKN empat orang, sedangkan   Direktur Jenderal Kekayaan Negara Hadiyanto bertindak sebagai juri kehormatan dalam final lomba debat yang mengawali puncak acara DJKN Goes To Campus. Pelaksanaan final ini berlangsung seru dan kedua tim saling berargumentasi dan berdebat. Setelah melalui penilaian oleh dewan juri, akhirnya tim debat Undip yang berhasil memboyong piala juara pertama.

Sedangkan juara kedua diraih tim debat Unsoed Purwokerto dan tim debat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta harus rela memperoleh gelar juara ketiga. Dengan kemenangan ini. Tim Undip berhasil menyisihkan 16 tim dari 9 universitas di Jawa Tengah antara lain, Undip Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Universitas Semarang, Universitas Darus Salam Ungaran, Unsoed Purwokerto, UNS Surakarta, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Pekalongan.

Lomba debat yang mengambil tema “Peran Strategis Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Perekonomian Indonesia” ini dilaksanakan pada 26 Maret 2014 di Gedung Prof. Satjipto Rahardjo Fakultas Hukum Undip Semarang untuk babak penyisihan dan finalnya dilaksanakan pada 27 Maret 2014 di Gedung Prof. Sudarto Semarang.

Sehari sebelumnya, Direktur Hukum dan Humas DJKN Tavianto Noegroho menyampaikan kegiatan ini utamanya bertujuan untuk mensosialisasikan peran DJKN kepada mahasiswa dan civitas academika sehingga akan lebih dikenal tugas dan fungsi DJKN di antara eselon I lainnya di Kementerian Keuangan. Kerja sama yang telah terjalin antara DJKN dan Fakultas Hukum Undip Semarang akan terus dikembangkan sehingga dapat memberikan manfaat bagi keduanya.

Tavianto mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Hukum dan seluruh civitas akademika, BEM Fakultas Hukum Undip dan semua pihak yang membantu pelaksanaan kegiatan lomba debat ini dari awal sampai akhir. “Selamat berlomba dan berjuang dengan semangat meraih prestasi,” pungkasnya.   

Di tempat yang sama, Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Undip Semarang Lapon Tukan Leonard mengucapkan terima kasih kepada DJKN yang mempercayakan rangkaian kegiatan DJKN Goes To Campus yaitu Forum Group Discusion (FGD), lomba debat dan ceramah umum Dirjen Kekayaan Negara. “Suatu kehormatan atas kepercayaan tersebut dan semoga kerjasama ini akan terus berlanjut. Tidak hanya dalam lomba debat, tetapi juga sharing knoweledge di bidang hukum tugas dan fungsi DJKN”, katanya.  Dengan kegiatan ini, Lapon Tukan berharap akan menambah wawasan dan ilmu para mahasiswa baik di Fakultas Hukum maupun fakultas lainnya. 

Sebagai informasi, babak penyisihan lomba debat dilangsungkan dengan menempati empat ruangan, juri dari DJKN dan Fakultas Hukum Undip Semarang.  Penilaian lomba dengan sistem gugur. Seluruh lomba debat baik pada saat penyisihan, perdelapan, perempat final  maupun perebutan juara 3 berlangsung cukup seru dan peserta dengan antusias dan semangat mengikuti lomba. (Penulis/foto: Hendro/Lara Atika Pratiwi / Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DIY/edited/bas)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini