Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tak Kenal Maka, Rakorda!
N/a
Jum'at, 13 Desember 2013   |   795 kali

Purwokerto - Menjelang akhir tahun 2013 yang hanya tinggal menghitung hari, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) di Purwokerto pada 9-11 Desember 2013 lalu dengan mengusung tema “Meningkatkan peran strategis Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY dalam rangka menunjang pencapaian visi dan misi DJKN”. Acara ini sekaligus kesempatan pertama Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY yang baru Thaufik, bertemu dengan jajaran Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) yang berada di bawah koordinasinya. Bertempat di Grand Valley Resort Baturraden Purwokerto, Rakorda tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala KPKNL, para Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum, 2 orang Kepala Seksi dan 1 orang pelaksana pada masing-masing unit/Bidang/Bagian Umum. Agenda Rakorda antara lain paparan profil masing-masing KPKNL, evaluasi Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY serta evaluasi NKO masing-masing KPKNL, membahas current issue pada masing-masing bidang, dan penyamaan persepsi mengenai aturan-aturan yang masih menimbulkan beda penafsiran.

“Tak kenal maka tak sayang, maka dari itu marilah kita saling mengenal agar dapat bersinergi dalam bekerja membawa Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY yang kita cintai untuk kembali menjadi yang terbaik. Saya bangga dapat bergabung di Kanwil ini, yang dalam Rakernas di Denpasar kemarin capaian kinerjanya adalah terbaik kedua”, begitulah sambutan pria asal Palembang yang kini menjadi leader di Kanwil Jawa Tengah dan DIY. Kalimat yang serta merta memompa semangat dan menghapus lelah para peserta Rakorda mengingat baru saja menempuh jarak yang terbilang jauh dalam cuaca yang kurang mendukung. Setelah menyanyikan mars DJKN dan lagu Padamu Negeri bersama-sama, Kepala Kanwil secara resmi membuka acara Rakorda.

Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Kepala Subdirektorat Barang Milik Negara I, A.Y. Dhaniarto dalam rangka menyampaikan sosialisasi mengenai kebijakan sekaligus monitoring dan evaluasi pengelolaan BMN pada lingkup Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY. Diskusi hangat mengalir sebagai tanggapan atas paparan mantan Kepala KPKNL Purwokerto ini, juga seputar isu-isu tentang pengelolaan kekayaan negara.

Pada hari kedua sebelum acara Rakorda dilanjutkan, Kepala Kanwil terlebih dahulu melakukan briefing kepada para pegawai KPKNL Purwokerto. Acara tatap muka yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam tersebut diisi dengan perkenalan Kepala Kanwil kepada para pegawai yang tidak mengikuti Rakorda, dilanjutkan dengan seminar motivasi oleh beliau. “Anda bekerja bukan untuk Kepala Kantor atau Kepala Kanwil, tapi untuk Republik Indonesia. Maka jangan buang-buang waktu dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna. Milikilah impian, karena itu akan menjadi motivasi kita untuk selalu berusaha. Jangan hanya punya mimpi, karena mimpi itu dimiliki oleh orang yang sedang tidur”, pungkas Thaufik.

Kembali ke acara Rakorda, setelah mendengarkan paparan dan tanggapan dari masing-masing Bidang/Bagian Umum dan KPKNL, maka disepakati butir-butir hasil Rakorda antara lain sebagai berikut: meningkatkan peran Kanwil selaku Pembina KPKNL, meningkatkan ketepatan waktu penyampaian laporan, erkoordinasi dengan satker maupun satker wilayah guna percepatan tindak lanjut temuan BPK atas LKPP tahun 2012 dalam hal inventarisasi dan penilaian BMN, berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan untuk mengupayakan rekonsiliasi satu atap guna meningkatkan kepatuhan satker dalam rangka penyusunan LKPP, fokus pada pengembalian BKPN untuk mendukung zero outstanding BKPN tahun 2014, mencari alternatif obyek sertifikasi berupa jalan dan jembatan untuk memenuhi target sertifikasi BMN yang belum tercapai pada KPKNL dan menyelesaikan pending matters tahun 2013. (Teks & Fotografer : Lara Atika Pratiwi, Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DIY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini