Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Pantau Pelaksanaan Program HOME, Komisi XI Lakukan Kunjungan Kerja Spesifik Ke Semarang

Selasa, 05 Oktober 2021   |   70 kali

Semarang - Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PAN Primus Yustisio menyampaikan apresiasi atas kerjasama antara PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dalam program pembiayaan Hunian Mikro Mekaar (HOME) yang sangat bermanfaat bagi masyarakat lapisan paling bawah. “Namun saya juga mengingatkan agar pelaksanaan program HOME dapat tepat sasaran dan terjadi pemerataan, artinya penerima tidak dia lagi dia lagi,” ujar Primus.

Demikian ditekankan Primus saat pertemuan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI Masa Persidangan I/Tahun Sidang 2021-2022 bersama Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang hukum dan Hubungan Kelembagaan Rina Widiyani Wahyuningdyah, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mahmudsyah dan jajaran Perwakilan Kementerian Keuangan wilayah Jawa Tengah, di KPPBC Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah, Senin (4/10/2021).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo beserta jajaran dan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi beserta jajaran turut hadir dalam pertemuan tersebut. Menjawab kekhawatiran dari Primus Yustisio, Arief Mulyadi menyampaikan bahwa target dari program HOME adalah jumlah penerima program, yang sejak program tersebut diluncurkan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dari sebelum berjumlah 1,5 juta nasabah dan per Bulan Oktober 2021 telah meningkat menjadi 10,8 juta nasabah.

Ananta Wiyogo selaku Direktur Utama SMF menambahkah bahwa Non Performing Loan (NPL) dari program HOME sejauh ini sebesar 0 persen. “Negara hadir dalam memberikan dukungan kepada sektor Usaha Mikro (UMI) melalui kolaborasi PNM dan SMF dalam program HOME,” tegas Ananta.

Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang hukum dan Hubungan Kelembagaan Rina Widiyani Wahyuningdyah menyampaikan apresiasi atas kunjungan dan dukungan yang kuat dari DPR kepada Pemerintah, khususnya Kementerian Keuangan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, untuk bersama mengawal pelaksanaan APBN, baik sisi penerimaan, belanja dan pembiayaan. “Masukan untuk penyempurnaan dan kelancaran serta kesuksesan program HOME sangat kami nantikan," tutur Rina.   

Hadir dalam pertemuan tersebut, beberapa nasabah dari Mekaar yang juga menerima kucuran pembiayaan HOME.  Wardaningsih, pemilik warung makan di Semarang yang menyampaikan bahwa dirinya merasa sangat bersyukur dengan adanya program HOME ini karena usahanya menjadi lebih maju, ramai dan penghasilan semakin bertambah, karena dengan adanya renovasi tempat usahanya menjadi lebih baik dan representatif.

Seperti diketahui, kunjungan Komisi XI dalam rangka mengetahui pelaksanaan dari program pembiayaan HOME, yang merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah PNM Mekaar, dengan peruntukan untuk renovasi rumah nasabah yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha. Turut hadir, Anggota Komisi XI DPR RI Musthofa, Eriko Sotarduga, Marsiaman Saragih dan Masinton Pasaribu dari F-PDIP, Melchias Markus Mekeng, Andi Achmad Dara dan Agun Gunanjar Sudarsa dari F-Golkar,Haerul Saleh dan Ardhya Pratiwi dari F-Gerindra, Bertu Merlas dan Alamuddin Dimyati Rois dari F-PKB, Didi Irawadi Syamsuddin (F-Demokrat), Ecky Awal Mucharam (F-PKS). (pri)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |