Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Perkuat Sinergi, Kanwil DJKN Jateng dan DIY Selenggarakan Rakor Sertipikasi BMN Wilayah D.I. Yogyakarta

Jum'at, 25 Juni 2021   |   54 kali

Yogyakarta - Kanwil DJKN Jateng dan DIY menyelenggarakan Rapat Koordinasi Sertipikasi BMN Berupa Tanah untuk Wilayah D.I. Yogyakarta di Hotel Grand Ambarukmo Kota Yogyakarta, pada Kamis (24/06). Acara yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan ketat ini merupakan sesi lanjutan setelah Kanwil DJKN Jateng dan DIY menyelenggarakan Rapat Sertipikasi BMN berupa tanah untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah pada minggu sebelumnya yang diselenggarakan di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Dalam Rapat Sertipikasi tersebut turut hadir sebagai narasumber Kepala BPN D.I. Yogyakarta Suhendro beserta jajarannya, Kantor Pertanahan di wilayah D.I. Yogyakarta, Satuan Kerja terkait, perwakilan dari Direktorat BMN dan KPKNL Yogyakarta. Kegiatan Rapat yang dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Mahmudsyah, yang menyampaikan perlunya semangat yang sama dan sinergi dari seluruh pihak terkait untuk suksesnya pencapaian target sertipikasi.

Dilatar belakangi karena adanya temuan hasil audit BPK maka Kementerian Keuangan dan Kementerian Lembaga berkoordinasi dengan pihak BPN untuk menyelesaikan pensertipikatan tanah milik K/L dan Pemerintah melakukan program percepatan sertipikasi tanah milik negara/pemerintah yang dimulai sejak tahun 2013 dan ditargetkan penyelesaiannya secara tuntas pada tahun 2022.  Pada tahun 2021 ini target sertipikasi BMN berupa tanah di D.I. Yogyakarta sebanyak 551 bidang dengan capaian per 31 Mei 2021 belum ada yang terbit sertipikat (0%).

 

“Kalau kita bandingkan target dan realisasi Provinsi Jateng D.I.Yogyakarta dengan Provinsi lain, kita masih ketinggalan jauh. Untuk itu kita perlu melakukan percepatan atau akselerasi proses sertipikasi BMN berupa tanah ini”, ujar Mahmudsyah.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil BPN D.I. Yogyakarta menyampaikan progress pelaksanaan sertipikasi BMN Tahun Anggaran 2021 per posisi 24 Juni 2021. Disampaikan bahwa dari target 551 bidang, telah terselesaikan sertipikasi sebangan 12 bidang dan sisanya dalam proses penyelesaian, dan optimis dapat terselesaikan sesuai targetnya. Untuk proses sertipikasi di tahuun 2022, Suhendro mengharapkan satker sudah menyiapkan dokumen-dokumen (baik administrasi ataupun lapangan) di akhir September, sehingga di bulan Januari 2022 sudah bisa running.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian dari Direktorat BMN yang diwakili oleh Kasubdit BMN BMN III Bambang Sulistyo yang menyampaikan beberapa permasalahan terkait sertipikasi berikut solusinya.

Di akhir acara, Mahmudsyah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas semangat dari seluruh satker dan juga Kanwil BPN D.I. Yogyakarta beserta jajarannya dalam pelaksanaan sertipikasi BMN dan diharapkan sertipikasi BMN akan dapat terselesaikan sesuai target tahun ini.

(Penulis: Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng DIY)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |