Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Penyerahan Sertipikat kepada Universitas Jenderal Soedirman, Momentum Awal Program Percepatan Sertifikasi BMN Berupa Tanah di Tahun 2020

Jum'at, 13 Maret 2020   |   257 kali

Purwokerto – Kepala KPKNL Purwokerto (Soeparjanto) dan Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi (KIHI) Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Edy Suyanto) mewakili Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta bersama Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah (Jonahar) secara simbolis menyerahkan 3 (tiga) sertipikat tanah kepada Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Suwarto) dalam rangka Program Percepatan Sertifikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2020 pada hari Senin (09/03/2020) bertempat di Ruang Rapat Senat Gedung Rektorat Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED).

Dalam kegiatan yang dibuka oleh Rektor UNSOED, Suwarto tersebut, selain dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Dekan dan Ketua Lembaga beserta Jajaran di lingkungan UNSOED, dihadiri pula oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah beserta jajarannya antara lain perwakilan dari Kantor Pertanahan di kabupaten Wonosobo, Pekalongan, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara. Sedangkan Kanwil DJKN Jawa Tengan dan D.I. Yogyakarta diwakili oleh Kepala KPKNL Purwokerto dan Kepala Bidang KIHI Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Soeparjanto mewakili Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menyampaikan terima kasih kepada Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah beserta jajarannya khususnya Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas yang dengan cepat dan responsif telah dapat menyelesaikan kegiatan Program Percepatan Sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2020 yang diajukan UNSOED. Mengingat hanya dalam waktu kurang dari 3 (tiga) bulan sertipikat UNSOED bisa diselesaikan.

Soeparjanto, tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Suwarto beserta jajarannya yang telah membantu Program Percepatan Sertifikasi BMN berupa tanah tahun 2020 sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar.

Program Percepatan Sertifikasi BMN berupa tanah sendiri merupakan program kolaborasi/wujud sinergi antara Pengelola BMN (Kemenkeu - DJKN), Penyelenggara urusan pemerintahan di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang (Kementerian ATR/BPN - Kanwil BPN Jawa Tengah) dan Pengguna Barang (Kemendikbud - Universitas Jenderal Soedirman).

Soeparjanto juga berharap dengan telah selesainya sertipikasi tanah UNSOED tersebut, UNSOED dapat melakukan pengelolaan dan penatausaan atas tanah tersebut dengan semakin maksimal, terlebih lagi dengan bentuk kelembagaan UNSOED yang telah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) di bidang pendidikan, maka terdapat peluang yang sangat besar untuk mengoptimalkan pengelolaan aset yang dimilikinya guna pemingkatan kualitas pendidikan.

Dalam acara tersebut diselenggarakan pula Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UNSOED dengan Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kegiatan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) serta kuliah umum dengan tema “Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dalam rangka Menuju Jawa Tengah Lengkap Tahun 2023, Pelayanan Pertanahan Berbasis Elektronik dan BPN yang Maju dan Modern”.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id