Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lakukan Penghematan APBN, Kanwil DJKN Jateng DIY Capai Target Menggembiarakan
Muchammad Febriyanto
Senin, 20 Januari 2020   |   203 kali

Semarang – Kepala Kanwil DJKN Jateng dan DIY Mahmudsyah menyampaikan paparan terkait kontribusi dan kinerja DJKN terkait APBN 2019 khususnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. “kita dapat melakukan penghematan pagu belanja APBN sebesar 3,7 miliar rupiah, disisi lain dapat merealisasikan target manfaat ekonomi PNBP yang tahun 2019 lebih tinggi 13 kali dibanding tahun sebelumnya.” ungkap Mahmudsyah dalam paparannya pada kegiatan Press Conference Annual Report APBN 2019 (13/01/2020) di Ruang Sinergi Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah.

 

Dalam acara tersebut Mahmudsyah mengungkapkan bahwa selain nilai manfaat ekonomi PNBP yang tercapai 456,1 miliar dari target sebesar 288,2 miliar, realisasi pendayagunaan dan pemanfaaan BMN berupa tanah dalam mendukung kegiatan Kementerian/Lembaga atau biasa disebut utilisasi BMN juga dapat tercapai 32,1 triliun dari target sebesar 29,8 triliun.


Kegiatan revaluasi BMN yang dilakukan DJKN di wilayah Jawa Tengah telah 100% tuntas serta telah dilakukan pengujian secara sampling oleh BPK RI dan dianggap sudah clear, sehingga dapat dilaporkan dalam LKPP tahun 2019. Hasil revaluasi BMN sendiri memberi kontribusi kenaikan nilai BMN sebesar 240% dari nilai awal sebesar 154 triliun menjadi sebesar 369 triliun pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun anggaran 2019.

 

Seluruh Kantor Pelayanan di wilayah DJKN Jawa Tengah dan DIY telah berhasil mempertahankan sertifikasi Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dari Lembaga Internasional TÜV Rheinland.


Tidak lupa Mahmudsyah juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap upaya penipuan lelang dengan mengatasnamakan DJKN atau Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang.

 

Untuk memperoleh informasi terkait lelang ataupun untuk mengikuti e-auction masyarakat dapat mengakses www.lelang.go.id. Kegiatan e-auction sendiri telah teruji sejak tahun 2015.

 

Dalam kegiatan Press Conference yang diinisiasi oleh Kepala Kanwil DJPb Jawa Tengah tersebut juga disampaikan paparan terkait anggaran penerimaan pajak dan bea cukai serta anggaran belanja di wilayah Provinsi Jawa Tengah.

 

(Penulis/ Fotografer: Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng DIY)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini