Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Rakerda Kanwil DJKN Jateng DIY 2019 Upayakan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Kamis, 19 Desember 2019   |   60 kali

Kab. Semarang – Pembangunan Distinguished Asset Manager Melalui Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia menjadi tema dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Tahun 2019 yang digelar pada hari Rabu s.d. Jumat, 4 s.d. 6 Desember 2019 di Kabupaten Semarang. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor; para Kepala Bagian/Bidang; dan beberapa Kepala Seksi terkait di lingkungan Kanwil DJKN Jateng DIY.

Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY Mahmudsyah mengungkapkan pelaksanakan Rakerda di luar kantor agar kita lebih fokus dalam melakukan diskusi terhadap agenda-agenda yang menjadi topik pembahasan. Tentunya dalam pelaksanaan diskusi, Ia mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh peserta dan juga untuk memberikan masukan atau menyampaikan alternatif atau solusi terhadap permasalahan yang dihadapi KPKNL lainnya. Sehingga terjadi sharing knowledge atau pengalaman yang dapat membantu dalam menyelesaikan tugas target yang semakin menantang.

Selanjutnya mahmudsyah menyampaikan beberapa arahan yaitu arahan Direktur Jenderal Kekayaan Negara pada saat Rapat Pimpinan Terbatas (Rapimtas) DJKN Tahun 2019, Tindaklanjut Hasil Rakernas 2018, Re-Revaluasi BMN, Penguatan IKU Utilisasi, Penyederhanaan Organisasi, Jabatan Fungsional, dan beberapa hal yang menjadi pusat perhatian Kantor Pusat DJKN.

Kepala Bagian Umum Agus Hari Widodo melaporkan bahwa pada kegiatan ini tidak hanya dilakukan evaluasi capaian kinerja sekaligus prognosa sampai akhir tahun 2019 tetapi juga pemberian penghargaan di bidang lelang serta sharing session.

Evaluasi Capaian Kinerja dan Penyampaian Prognosa sampai Akhir Tahun 2019.

Sebagai Manajer Kinerja, Edy Suyanto mengevaluasi Capaian Kinerja s.d. Bulan November 2019. Ia berterima kasih atas kerja keras dan sinergi yang telah dilakukan sehingga capain kinerja pada umumnya sudah hijau namun masih ada IKU yang masih kuning sehingga perlu mendapat perhatian. Edy berharap s.d. Desember 2019 semua pihak dapat memaksimalkan kinerja sehingga dapat menghasilkan capaian IKU yang optimal. Selanjutnya setiap kepala KPKNL diminta memaparkan kinerja sekaligus prognosa  s.d. Desember 2019 dan ditanggapi oleh Kepala Kanwil dan para kepala bidang/bagian.

Mahmudsyah menambahkan Prestasi yang telah diraih oleh KPKNL seperti sertifikat ISO, predikat WBK, Pengarusutamaan Gender, dan sebagainya, bukan hanya dijadikan sebagai simbol, tetapi lebih kepada peningkatan layanan yang dapat memenuhi ekspektasi stakeholder sehingga stakeholder merasa puas dengan layanan yang kita berikan.

Evaluasi Tindaklanjut Rapimtas dan Revaluasi BMN

Rakerda ini mengagendakan khusus kegiatan Evaluasi Tindaklanjut Rapimtas DJKN 2019 dan Revaluasi BMN. kegiatan evaluasi tindaklanjut Rapimtas DJKN 2019 dipimpin Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi Edy Suyanto. Kegiatan Evaluasi Revaluasi BMN dipimpin Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Samsul Alam dan Kepala Bidang Penilaian Umbang Winarsa.

Pemberian Penghargaan Lelang

Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang baik di bidang lelang, Kanwil DJKN Jateng DIY memberikan penghargaan kepada pejabat lelang dan pemohon lelang. Penghargaan ini dibagi menjadi 3 (tiga) kategori yaitu Pejabat Lelang Kelas I Terbaik, Pejabat Lelang Kelas II Terbaik, dan Pemohon Lelang Terbaik. Penghargaan Pejabat Lelang Kelas I Terbaik diberikan kepada Ginanjar Rahayu (KPKNL Yogyakarta), Yayuk Muji Rahayu (KPKNL Semarang), dan Feri Suyanto (KPKNL Purwokerto). Penghargaan Pejabat Lelang Kelas II Terbaik diberikan kepada Hari Bagyo (Wilayah Jabatan Semarang), Purwitaningsih (Wilayah Jabatan Semarang), dan Soeginato (Wilayah Jabatan Semarang). Penghargaan Pemohon Lelang Terbaik diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk Wilayah Yogyakarta.

Pimpinan Wilayah BRI Yogyakarta Dedi Juhaeni dalam testimoninya mengatakan, “Kami melihat komunikasi yang dibagun sangat sederhana, tidak dibuat rumit, sehingga mempermudah semua pelaksanaan sinergi. Jadi sekali lagi terima kasih. Mari kita jalin sinergi ini,” ungkapnya diikuti tepuk tangan hadirin.

Sebelumnya Kepala Bidang Lelang Ismu Bintoro menyampaikan current issue di bidang lelang sekaligus menjelaskan proses penilaian penghargaan lelang yang telah dilakukan dengan kriteria tertentu secara objektif, Rabu (4/12/2019). Ismu menegaskan bahwa penghargaan ini sebagai komitmen Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dalam mendukung kinerja yang baik di bidang lelang.

Sharing Session

Untuk meningkatkan kualitas SDM serta pelaksaan tugas dan fungsi, pada Rakerda ini juga diisi dengan sharing sessionSharing session pertama, peningkatan dalam pemberian layanan kepada stakeholder oleh Bank Syariah Mandiri dengan topik  “Service Excellent”. Selanjutnya, sharing session terkait implementasi Aplikasi Nadine yang disampaikan oleh Kepala KPTIK BMN Semarang beserta tim. Terakhir,  sharing session terkait pencanangan dan menuju proses penilaian Kantor berpredikat Zona Integritas WBK/WBBM oleh Kepala KPP Madya Semarang Nyono Laksito.

Pembacaan Butir-Butir Rakerda

Rakerda Kanwil DJKN Jateng DIY Tahun 2019 ini menghasilkan 15 butir poin-poin penting. Butir-butir Rakerda ini dibacakan kepada seluruh peserta oleh Kepala Bagian Umum Agus Hari Widodo, Jumat (6/12/2019). Selanjutnya agar butir-butir tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan dijadikan pedoman.

(teks/foto: Humas Kanwil DJKN Jateng DIY)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id