Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Pembukaan Rapat Sinkronisasi DKPB, Sekretaris BKD Salatiga: Banyak Tugas BKD Beririsan dengan DJKN

Selasa, 12 November 2019   |   137 kali

Salatiga – Kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga menjadi tempat penyelenggaraan Rapat Sinkronisasi dan Penetapan Daftar Komponen Penilaian Bangunan (DKPB) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Jateng DIY), Rabu (6/11/2019) bertempat di Salatiga. Pemilihan tempat ini dimaksudkan sebagai bentuk sinergi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY Mahmudsyah menyampaikan bahwa sinergi yang sudah dikerjakan selama ini perlu ditingkatkan lagi sehingga dapat bermanfaat bagi kedua institusi. Mahmudsyah juga mendorong pemerintah daerah untuk membentuk tenaga Penilai di daerah sehingga dapat meningkatkan tertib pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) di wilayah kerja masing-masing. Untuk itu, pihaknya siap melakukan asistensi, knowledge sharing, dsb untuk meningkatkan kompetensi terhadap Peniilai yang bersangkutan.

Sebelumnya Kepala Bidang Penilaian Umbang Winarsa melaporkan bahwa kehadiran para Penilai DJKN di Kota Salatiga memiliki 2 (dua) tujuan yaitu pertama berkaitan dengan penilaian bangunan yaitu Penyusunan DKPB Tahun 2020 dan kedua berkaitan dengan penilain tanah yaitu informasi terkait data transaksi tanah. Oleh sebab itu, Umbang meminta pihak BKD Kota Salatiga untuk berbagi pengalaman dalam pengelolaan keuangan daerah terutama yang berkaitan dengan data transaksi tanah.

Sekretaris BKD Kota Salatiga Siswo Hartanto menyambut baik kedatangan dan upaya sinergi dari Kanwil DJKN Jateng DIY. Siswo                        menuturkan bahwa banyak tugas BKD yang beririsan dengan DJKN seperti pengelolaan BMN/BMD, Penilaian, dsb. Lebih lanjut Kepala Bidang Barang Milik Daerah (BMD) Dian Indriasari menjelaskan tentang data transaksi tanah yang telah dikumpulkan. Ia menegaskan bahwa verifikasi atas data tanah yang masuk menjadi bagian penting dalam keberhasilan institusinya.

Pada penghujung acara Mahmudsyah berharap mudah-mudahan kedua pihak dapat melakukan pengelolaan BMN/BMD dengan lebih baik dan tertib.

Pada hari berikutnya, para peserta melakukan kegiatan sinkronisasi data komponen bangunan untuk seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta untuk selanjutnya ditetapkan sebagia DKPB Tahun 2020. Pada kesempatan tersebut juga diadakan Knowledge Sharing terkait Survei Bahan Material dengan tema Teknik dan Metodologi Survei Harga Komponen Bangunan oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Sugito.

(teks/foto: Humas Kanwil DJKN Jateng DIY).

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id