Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Dirjen Kekayaan Negara Menjadi Guru di SDN Tawangmas 01 Semarang

Rabu, 06 November 2019   |   268 kali

Semarang, 4 November 2019 – Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata, mengajar para siswa SDN Tawangmas 01 Semarang. Isa bersama Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Mahmudsyah, para Pejabat eselon III dan IV, dan para pelaksana yang tergabung dalam relawan turut serta menyemarakkan kegiatan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Mengajar 4 di sekolah ini, Senin (4/11/2019).

 

Sebagai bagian dalam peringatan Hari Oeang ke-73, Kemenkeu untuk kali keempat menyelenggarakan program Kemenkeu Mengajar. Melalui kegiatan ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkeu secara serentak (pusat dan kantor perwakilan di daerah) mengajar selama satu hari di Sekolah Dasar (SD) secara sukarela.

 

Pada saat amanat pembina upacara, Isa menyampaikan bahwa Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan mengajar selama satu hari di sekolah dasar yang akan mengajarkan bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri dan memperkenalkan profesi yang ada di Kementerian Keuangan. Relawan Kemenkeu juga diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai dan semangat yang dibawa oleh Kemenkeu serta nilai keberagaman dalam persatuan. Selanjutnya Isa memasangkan Mahkota Kemenkeu Mengajar 4 kepada perwakilan siswa secara simbolis.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan acara yang diisi dengan berbagai kegiatan yaitu penampilan Tarian Khas Semarang “Tari Warak” oleh para siswa, perkenalan para relawan, penampilan flash mob medley lagu nasional dan daerah oleh relawan diikuti seluruh siswa dan guru, pembacaan puisi, pemberian bunga kepada para guru, dan foto bersama.

Selanjutnya Isa mengajar di kelas didampingi para relawan. Isa bersama relawan  berusaha mengajar dengan metode yang menyenangkan, ringan, dan mudah dimengerti oleh anak-anak SD. Simulasi bermain peran dilakukan untuk memudahkan materi disampaikan. Para siswa langsung menunjuk Isa saat dijelaskan peran Dirjen Kekayaan Negara. Para siswa semakin aktif ketika diadakan simulasi lelang.

Mahmudsyah yang juga ikut mengajar menyampaikan bahwa simulasi lelang sengaja disiapkan para relawan. Dengan bermodal uang mainan, siswa diajak mengikuti proses lelang. “Älhamdulillah, simulasi lelang secara sederhana tadi bisa berlangsung lancar dan membuat siswa aktif dan tertarik,” katanya selesai mengajar.

Acara ditutup dengan pengibaran pesawat mainan secara serentak yang telah ditulis cita-cita/impian masing-masing siswa. Diharapkan inspirasi dan semangat belajar yang disemai pada hari mengajar ini dapat memupuk impian para siswa sehingga cita-cita/impian dapat tercapai pada masa mendatang.

Kemenkeu Mengajar 4 diikuti secera serentak oleh 3.700 ASN Kemenkeu di seluruh Indonesia, dilaksanakan di 61 kota, 29 provinsi, dan 159 SD serta menyentuh lebih dari 47.794 murid SD mengikuti kegiatan ini di sekolah mereka masing-masing. Adapun di Kota Semarang diselenggarakan di 5 (lima) sekolah yaitu SDN Lamper Kidul II, SDN Petompon, SDN Pekunden, SDN Tawang Mas 01, dan SDN Bendungan dan diikuti oleh 124 relawan yang terdiri 120 relawan pengajar dan 14 relawan dokumentator. Adapun pada SDN Tawangmas 01 bertugas sebanyak 26 relawan yang terdiri atas 18 relawan pengajar, 4 relawan dokumentator, dan 4 relawan panitia. Program ini tidak menggunakan dana APBN, segala bentuk biaya yang dikeluarkan berasal dari pribadi ASN di Kemenkeu (relawan Kemenkeu Mengajar).

(teks/foto: Bidang KIHI/relawan dokumentator).

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id