Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Gelar Rapat Monitoring Program Sertipikasi BMN, Kanwil DJKN Jateng DIY Berikan Apresiasi kepada BPN
Khoirul Umam
Selasa, 05 November 2019   |   152 kali

Semarang – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Jateng DIY) beserta Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) provinsi Jawa Tengah menargetkan sebanyak 1.466 bidang tanah Barang Milik Negara (BMN) pada tahun 2020. Target ini meningkat sebanyak  35 kali lipat atau 3.490% dibanding target tahun sebelumnya sebanyak 42 bidang tanah dengan realisasi sebesar 50 buah bidang. Acara rapat ini digelar sebagai bentuk sinergi antara DJKN dengan Satuan Kerja dan Badan Pertanahan Nasional dalam menuntaskan sertipikasi tanah BMN di wilayah Jawa Tengah.

Target ini dibahas dalam Rapat Monitoring Program Sertipikasi Barang Milik Negara berupa Tanah dan Pembahasan Target Nominatif Sertipikasi BMN Tahun 2020 serta Target Indikatif 2021 yang diadakan pada hari Rabu (23/10/2019) bertempat di Aula BRI Kanwil Semarang, Jalan Teuku Umar Nomor 24 Semarang.

Hadir dalam acara rapat tersebut Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DIY Mahmudsyah, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah Jonahar, Para Kepala Kantor Pertanahan se-Jawa Tengah, Para Kepala Satuan Kerja yang menjadi target sertipikasi Tahun 2019 dan 2020, Para Kepala KPKNL dan Para Pejabat Eselon 3 dan 4 di lingkungan Kanwil DJKN Jateng DIY. Sebanyak lebih dari 150 orang memadati aula BRI  dengan satu tekad dan komitmen menuntaskan program sertifikasi tanah BMN.

Dalam sambutannya, Mahmudsyah menyampaikan bahawa pada tahun 2019 Kanwil DJKN Jateng DIY  mendapatkan target sebanyak 42 bidang tanah  dengan capaian 50 bidang tanah berhasil disertifikatkan. Adapun target  tahun 2020   sebanyal 1.466 bidang , dimana KPKNL Semarang mendapatkan target 1.146 bidang, KPKNL Surakarta 20 bidang, KPKNL Pekalongan 25 bidang, KPKNL Tegal 38 bidang dan KPKNL Purwokerto 237 bidang. Diperlukan komitmen dan kerja keras dari DJKN, ATR/BPN dan Kementerian Lembaga untuk menyelesaikannya. Diharapkan satuan kerja  meng-update dan mem-validasi  bidang tanah pada aplikasi SIMANTAP sehingga pada tahun 2021 semua tanah BMN sudah bersertifikat atas nama Pemerintah RI c.q. Kementerian/Lembaga.

Turut menyampaikan sambutannya, Kakanwil BPN Provinsi Jateng Jonahar  mengungkapkan bahwa  BPN Provinsi Jateng  berkontribusi  sebanyak 25 % dari pensertifikatan tanah secara Nasional.

Dalam acara tersebut dibahas mengenai monitoring program sertipikasi  BMN Berupa tanah  tahun 2019, Pembahasan target nominatif sertipikasi BMN  tahun 2020 dan target indikatif  tahun 2021 dan pembahasan permasalahan  dalam pelaksanaan sertipikasi  BMN berupa tanah yang dipandu oleh Kepala bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Syamsul Alam. 

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil DJKN Jateng DIY memberikan penghargaan kepada Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah atas komitmen dan kerjasamanya dalam  penyelesaian  target sertipikasi  BMN berupa tanah di wilayah kerja Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan juga diberikan kepada Kepala kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas  dalam menyelesaikan  target sertipikasi  BMN berupa tanah  di wilayah kerja Provinsi Jawa tengah sekaligus  penghargaan sebagai Kantor Pertanahan dengan jumlah bidang tanah terbanyak.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini