Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Safari Ramadan 1440 H, KaKanwil Mengharap Keberkahan Ramadan

Minggu, 16 Juni 2019   |   34 kali

Semarang – Bulan Ramadan selayaknya tidak menghalangi produktivitas kerja. Pada Bulan Ramadan 1440 H, Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta mengadakan pembinaan ke seluruh pegawai KPKNL di lingkungannya dalam kemasan Safari Ramadan 1440 H yang dimulai tanggal 13 Mei s.d. 28 Mei 2019.

Safari Ramadan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 1440 H berupa dua kegiatan yaitu Rapat Pimpinan dan Buka Bersama. Pada saat Rapat Pimpinan setiap Pejabat Eselon IV diminta menyampaikan capaian kinerja sekaligus current issue pada masing-masing seksi/subbagian. Selanjutnya Kepala Kanwil dan para pejabat Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta  yang hadir membahas dan memberikan arahan sehingga diperoleh solusi dan tindaklanjut. Hasil pembinaan diharapkan dapat ditindaklanjuti sesuai dengan momentumnya.

Kegiatan Buka Bersama dikemas dalam bentuk yang berbeda-beda. Kegiatan ini tidak hanya diisi dengan ceramah agama dan berbuka puasa tetapi juga ada kegiatan Santunan Anak Yatim Piatu dan Berbagi Bukaan Puasa dan Sembako. Jajaran pegawai cukup antusias mengikuti berbagai kegiatan ini. Dalam momentum yang baik ini, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tavianto Noegroho menyampaikan arahan kepada para pegawai bahwasanya performa para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sangat baik. Tavianto ingin para pegawai dapat mempertahankan semangat bekerja dan menjaga kesehatan serta respon terhadap kondisi puasa yang positif. Ia berharap keberkahan ramadan dapat diperoleh sehingga pegawai bisa menjadi pribadi yang bermanfaat bagi keluarga, lingkungan kerja, dan masyarakat. Terakhir, ia mengingatkan pegawai agar tidak lupa untuk bahagia. Buka bersama diakhiri dengan kegiatan tarawih bersama.

Safari Ramadan 1440 H dimulai dari KPKNL Pekalongan (13/6) dengan kegiatan Rapat Pimpinan dan dilanjutkan santunan anak yatim binaan Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Ummah Kota Pekalongan. Tausiah Ramadhan disampaikan oleh Rois Rahma Fathoni, Lc., Ustadz lulusan Al Ahzar Kairo Mesir yang menyampaikan tentang keutamaan Ramadhan sebagai bulan yang penuh keberkahan. Esoknya, Selasa (14/5) dilanjutkan Safari Ramadan di KPKNL Tegal. Tausiah ramadhan diisi oleh Ustadz H. Amiruddin LC, Ketua MUI Kecamatan Tegal Timur yang menyampaikan tentang pentingnya bersyukur. Pekan pertama Safari Ramadan ditutup dengan kunjungan ke KPKNL Surakarta, Kamis (16/5). Setelah digelar Rapat Pimpinan dilanjutkan dengan arahan pimpinan dan ceramah agama dilanjutkan Buka Bersama. Ustadz Adi Ramelan dalam ceramahnya juga menyampaikan tentang keberkahan. Ia menuturkan bahwasanya keberkahan itu akan menambah taat kita kepada Allah Swt.

Pekan kedua, Safari Ramadan digelar di KPKNL Purwokerto, Senin (20/5).  Usai arahan Kepala Kanwil kepada pegawai untuk menemukan ide-ide dan inovasi baru yang positif untuk diekspresikan, acara dilanjutkan dengan siraman rohani. Ustadz Hendro Kuncoro menyampaikan bahwa Ramadan adalah momentum untuk melakukan perubahan menjadi lebih baik, lebih disiplin, meningkatkan moralitas, menjadi orang yang jujur dan peduli sesama. Selanjutnya, Safari Ramadan di KPKNL Yogyakarta, Kamis (23/5) dikemas dalam bentuk kegiatan outdoor yaitu Berbagi Bukaan Puasa dan Sembako. Kegiatan difokuskan di beberapa titik yaitu di sekitar stasiun Lempuyangan, Pakualaman dan perempatan Jalan Kusumanegara depan GKN Yogyakarta.

Pekan terakhir, Safari Ramadan digelar di KPKNL Semarang, Selasa (28/5). Acara yang digelar di Aula Gedung Keuangan Negara Semarang II tersebut juga dihadiri pegawai Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Ustadz Khoirul Amin menyampaikan bahwa Bulan Ramadan menjadi momentum untuk menjaga kerukunan antar umat islam dan antar umat beragama lain.

Rangkaian kegiatan Safari Ramadan telah usai dengan menghasilkan solusi dan arahan untuk perbaikan serta meninggalkan kesan dan pesan positif bagi pegawai maupun masyarakat tentang simpati dan empati pada bulan suci ramadan. Diharapkan keberkahan Bulan Ramadan memberikan nilai tambah bagi pribadi pegawai maupun institusi.

(Penulis/ Fotografer: Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id