Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Guna Menjamin Kepastian Hukum Status Kepemilikan Aset, Kakanwil Serahkan Aset ABMA/T kepada Pihak Swasta

Jum'at, 26 April 2019   |   38 kali

Surakarta – Pada hari Kamis (25/4/2019) bertempat di ruang rapat KPKNL Surakarta, Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta melaksanakan serah terima Aset Bekas Milik Asing/Tionghoa (ABMA/T) berupa sebidang tanah seluas ± 809 m² yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman  Nomor 170 , Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga. Aset diserahterimakan kepada P.T. Bank Danamon Indonesia Tbk. Cabang Salatiga (Dh Pramuka Kwarcab Kodia Salatiga).  Acara serah terima aset ABMA/T ini sebagai tindak lanjut  atas Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 68/KM.6/2019 tanggal 5 Maret 2019 tentang Penyelesaian Status Kepemilikan Aset ABMA/T Kantor P.T. Bank Danamon Indonesia Tbk. Cabang Salatiga.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Tavianto Noegroho bertindak selaku Ketua Tim Asistensi Daerah IX Semarang berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 6/KMK.06/2018 menyerahkan aset  ABMA/T yang diterima oleh  Area Manajer Regional  Surakarta  PT Bank Danamon Tbk. Roby Darmawan. Tavianto  merasa lega karena salah satu aset ABMA/T  dapat diselesaikan dengan tuntas dan menyeluruh sehingga mencipatakan kepastian hukum  dalam satus kepemilikan.

Penyelesaian status kepemilikan  ABMA/T yang tertuang dalam sertipikat HGB  nomor 750 tersebut dilakukan dengan cara pelepasan  penguasaannya dari negara kepada  pihak ketiga  atas nama P.T. Bank Danamon Indonesia Tbk. Cabang Salatiga untuk kepentingan penggunaan oleh pihak swasta dengan tujuan komersial dengan pembayaran kompensasi nilai pasar sebesar Rp.4.913.276.500,00. Adapun pengenaannya ditetapkan sebesar 100% (seratus persen) dari nilai pasar dan disetorkan ke kas negara sebagai penerimaan negara bukan pajak.

Tahun 2019 Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mempunyai 3 target aset yang harus diselesaikan. Tim Penyelesaian ABMA/T Tingkat Pusat dan Tim Asistensi Wilayah Jawa Tengah dan DIY telah menyusun Road Map Penyelesaian ABMA/T dan target trajectory dari Outstanding sebanyak 3 objek ditargetkan selesai sampai dengan akhir tahun 2019.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak P.T. Bank Danamon Indonesia Tbk. Cabang Salatiga yang telah membantu dan selalu berupaya untuk penyelesaian ABMA/T yang efisien, efektif, transparan dan penuh tanggung jawab, saling berkoordinasi dan bersinergi sehingga penyelesaiannya sesuai waktu yang ditetapkan.

(foto dan naskah: Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id