Kanwil DJKN Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Berita DJKN

Orkestrasi Unit Vertikal Kemenkeu Jateng Bahas APBN pada Talk Show TVRI Jateng

Kamis, 31 Januari 2019   |   276 kali

DemakSelaras dengan Sinergi antar unit vertikal Kemenkeu di lingkungan Provinsi Jawa Tengah yang telah dipupuk pada tahun 2018 di Surakarta, pada awal tahun 2019 ini para pimpinan unit vertikal Kemenkeu hadir mengisi acara Talk Show Dialog Publik TVRI Jateng dalam rangka Hari Bakti Perbendaharaan 2019, Selasa (29/1/2018).

Mengingat pentingnya edukasi kepada publik terkait tugas dan fungsi maka para pimpinan hadir langsung menjelaskan kepada masyarakat. Pimpinan yang mengisi talk show ini yaitu Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Tavianto Noegroho, Kepala Kepala Kanwil DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Parjiya, Kepala Bidang DP3 Kanwil DJP Jateng I Nyoto Subekti, dan Kepala Kanwil DJPBN Provinsi Jawa Tengah Sulaimansyah.

Dengan mengangkat tema “Capaian APBN 2018 dan Persiapan APBN 2019” para pimpinan menunjukan orkestrasi peran masing-masing dalam siklus APBN. Pajak dan Bea Cukai bertugas diantaranya mengumpulkan penerimaan Negara, Perbendaharaan Negara bertugas dianataranya melaksanakan anggaran, dan Kekayaan Negara bertugas diantaranya mengelola Kekayaan Negara. Sebagai perpanjangan tangan kanan di Provinsi Jawa Tengah, para pimpinan menegaskan optimis APBN 2019 dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi Negeri.

Ditanya peran Kekayaan Negara, Tavianto menyampaikan bahwa DJKN berperan melakukan pengelolaan aset Negara. Di dalam 12 tahun terakhir ada revolusi besar dalam pengelolaan BMN. Ada perubahan yang sangat fundamental ketika republik ini pertama kali membuat neraca, ini menjadi demarkasi antara Indonesia yang dahulu dengan Indonesia yang sekarang. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, diperlukan paradigma baru di dalam pengelolaan kekayaan atau aset negara yang bukan lagi soal menyediakan layanan publik dengan biaya serendah-rendahnya tetapi lebih fokus pada efektivitas penggunaan aset, cost saving, peningkatan penerimaan Negara, nilai tambah investasi pemerintah serta peningkatan tata kelola pemerintahan. Selain itu, juga disampaikan terkait layanan Lelang dan Pengurusan Piutang Negara.

Sebagai informasi, Hari Bakti Perbendaharaan merupakan momen peringatan lahirnya kembali treasury di Indonesia yang jatuh pada tanggal 14 Januari dan diperingati oleh segenap insan perbendaharaan. Hari Bakti Perbendaharaan 2019 ini mengangkat tema “Tingkatkan Sinergi Untuk Kemakmuran Negeri,” dengan salah satu kegiatannya diwujudkan dengan kegiatan Talk Show untuk memberikan edukasi kepada publik.

Kegiatan Talk Show ini sebenarnya merupakan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Perwakilan Kemenkeu Provinsi Jawa Tengah sebelumnya agar Eselon I Kemenkeu selalu menjaga reputasi Kemenkeu dengan bersinergi.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
Annual Report
Rabu, 23 Oktober 2019
Kontak
Gedung Keuangan Semarang II Lantai 2-3, Jl. Imam Bonjol No. 1d Semarang - 50142
(024) 3545987, 3545919
(024) 3542283
kanwildjkn9@kemenkeu.go.id