Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi: Upaya Meningkatkan Kontrak Kinerja yang Berkualitas dan Challenging
Khoirul Umam
Selasa, 08 Januari 2019   |   193 kali

Semarang - Dalam rangka menjalankan amanah KMK Nomor 590/KMK.01/2016 tentang Pedoman Dialog Kinerja di Lingkungan Kementerian Keuangan, pada hari Senin (7/1/2019), Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mengadakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan IV Tahun 2019. DKO merupakan komunikasi formal antara pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di unit kerjanya untuk mendiskusikan pencapaian strategis, kinerja, risiko, dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur dan berkala. Rapat dihadiri oleh Para Kepala KPKNL, Para Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum, dan Para Kepala Seksi Kepatuhan Internal serta Para Kepala Seksi di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Rapat dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta Tavianto Noegroho didampingi Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi Edy Suyanto. Dalam arahannya, Tavianto menyampaikan apresiasi kepada semua KPKNL yang telah bekerja keras untuk mencapai target tahun 2018. Hendaknya kinerja baik ini akan terus ditingkatkan di tahun 2019 dengan menciptakan target yang lebih challenging tetapi tetap dapat dicapai (reachable) disesuaikan dengan kondisi dan potensi masing-masing daerah. Tavianto juga menghimbau pelaksanaan konsep co-working space (ruang kerja bersama) terutama bagi KPKNL yang memiliki gedung sendiri, tidak berada di Gedung Keuangan Negara. Di samping itu pelaksanaan digitalisasi dengan penerapan SMART agar dapat dijalankan secara efektif pada tahun 2019. Tidak lupa agar senantiasa ada upaya menuju paperless, pengurangan pemakaian plastik dan penerapan PUG serta go green, turut menjadi perhatian Kakanwil yang akhir-akhir ini getol bersepeda ini.

Dalam rapat DKO kali ini, dibahas beberapa agenda utama yakni mengenai peta strategis dan status masing-masing sasaran strategis, ikhtisar capaian kinerja dan evaluasi triwulan IV tahun 2018, penjelasan masing-masing IKU dan hot issues. Edy Suyanto menyampaikan bahwa Nilai Kinerja Organisasi (NKO) Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta di triwulan IV tahun 2018 mencapai 114,17% dengan 12 IKU semuanya hijau di atas 100%, meskipun jika dibreakdown per KPKNL masih terdapat IKU yang berwarna kuning dan merah. Adapun tiga KPKNL yang mendapat NKO tertinggi di tahun 2018 adalah KPKNL Pekalongan dengan NKO 114,62%, KPKNL Tegal dengan NKO 114,49% dan KPKNL Semarang dengan NKO 114,33%. Sebagai apresiasi, Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta memberikan penghargaan kepada KPKNL Pekalongan yang telah meraih NKO Tertinggi yakni sebesar 114,62%.

Di ujung acara, disampaikan materi Reviu Pengelolaan Kinerja oleh staf Bidang Kepatuhan Internal, Hukum dan Informasi. Pengelolaan kinerja harus bertransformasi untuk selalu menjadi lebih baik, salah satu usaha dengan melakukan penyusunan kontrak kinerja yang berkualitas. Kontrak kinerja yang berkualitas ditandai dengan IKU  yang berkualitas, yaitu IKU yang mengukur mutu, waktu, biaya serta target yang semakin menantang. (foto dan naskah: Seksi Informasi Bidang KIHI) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini