Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Spirit Akhir Tahun Kinerja Pengurusan Piutang Negara
Khoirul Umam
Kamis, 03 Januari 2019   |   145 kali

Pada penghujung tahun 2018 Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Rapat Kerja Terbatas (Rakertas) Bidang Piutang Negara sebagai apresiasi kepada KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta yang telah berhasil mencapai target hasil pengurusan piutang Negara tahun 2018. Rakertas tersebut mengambil tema “Strategi Pengurusan Piutang Negara Tahun 2019 untuk Terwujudnya Hasil Pengurusan yang Optimal dan Akuntabel serta Monitoring dan Evaluasi Hasil Pengurusan Piutang Negara Tahun 2018”. Acara yang berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 28 Desember 2018 tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Piutang Negara, para Kepala KPKNL beserta Kepala Seksi Piutang Negara dan Kepala Seksi Hukum Informasi di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Kepala Bidang Piutang Negara, I Ketut Puja meminta agar KPKNL mengambil strategi dan langkah-langkah untuk mengurangi outstanding BKPN dan nilai Piutang Negara di tahun 2019. Perekaman dan pemutakhiran data BKPN pada aplikasi FocusPN agar terus dilaksanakan dan ditingkatkan akurasi datanya, untuk persiapan penyusunan laporan kinerja piutang Negara berbasis FocusPN pada tahun 2019. Selain itu, KPKNL juga diminta agar mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pengurusan piutang Negara sebagai bahan dalam menyusun laporan kegiatan yang berkesinambungan.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Tavianto Noegroho saat membuka acara menyampaikan bahwa rencana kerja pengurusan piutang negara tahun 2019 harus disusun dengan memperhatikan alokasi DIPA yang berbasis kinerja dan dengan target kinerja yang menantang. Tavianto juga meminta agar publikasi kegiatan-kegiatan pengurusan piutang negara pada kantor pelayanan di tahun 2019 lebih ditingkatkan serta memberikan edukasi/sosialisasi kepada satuan kerja/penyerah piutang untuk mencegah timbulnya piutang negara.

Spirit di akhir tahun terlihat dari antusiasme para peserta dari KPKNL yang aktif berdiskusi serta memaparkan evaluasi capaian kinerja tahun 2018 dan rencana kerja tahun 2019 hingga malam hari. Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan capacity building yang berkonsep outdoor bertempat di Taman Maerokoco, yang merupakan taman wisata miniatur Jawa Tengah. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga semangat untuk terus berkinerja lebih baik lagi di tahun 2019 dengan intensifikasi dan ekstensifikasi pengurusan piutang negara pada setiap KPKNL dengan melihat potensi masing-masing wilayah kerja. (Foto dan narasi: Bidang KIHI).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini