Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Rakerda Kanwil DJKN Jateng DIY Upayakan Peningkatan Kualitas Kinerja yang Challenging
Khoirul Umam
Senin, 24 Desember 2018   |   213 kali

Pati – Pada punghujung Tahun 2018 Kantor Wilayah DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Kanwil DJKN Jateng DIY) tidak hanya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kantor pelayanan tetapi juga memberikan tantangan Peningkatan Kualitas Kinerja pada tahun 2019. Hal ini menjadi tema utama dalam kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kanwil DJKN Jateng DIY yang digelar pada hari Rabu s.d. Jumat (19-21/12/2018) di Kabupaten Pati dengan mengangkat tema “Penguatan Branding DJKN melalui Peningkatan Kualitas Kinerja di tahun 2019 yang Challenging.”

Edy Suyanto, Kepala Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi melaporkan bahwa Rakerda sangat istimewa karena banyak apresiasi dan penghargaan yang akan diberikan baik dari Kanwil DJKN Jateng DIY maupun dari Kantor Pusat. Selain itu, sebagai manajer kinerja ia menyampaikan momentum ini sangat penting untuk merumuskan rencana aksi dan strategi pada tahun 2019 yang baik dan challenging/menantang dengan memperhatikan alokasi DIPA yang berbasis kinerja.

Selanjutnya Kepala Kanwil DJKN Jateng DIY, Tavianto Noegroho mengungkapkan rasa bangga terkait prestasi KPKNL di wilayah kerjanya pada berbagai pencapaian kinerja yang sangat baik. Oleh sebab itu ia bersyukur dan berharap agar prestasi dimaksud dapat dipertahankan dan ditingkatkan. 

Sharing Branding DJKN

Sebagai wujud kecintaan akan instansi ini, setelah membuka acara Tavianto langsung mengajak peserta sharing tentang hal-hal yang perlu mendapat perhatian serius pada DJKN sekaligus mendiskusikan solusinya. Diantara hasil diskusi tersebut adalah pentingnya menyebarluaskan narasi dasar DJKN dengan mengandung key message “DJKN kelola kekayaan negara untuk kesejahteraan rakyat”, menjadikan Kepala KPKNL sebagai duta image DJKN, dan mengusung pola branding DJKN: “Low Profile, High Achievements.”

Malam Bertabur Apresiasi dan Penghargaan

Sebanyak 20 (dua puluh) piagam apresiasi dan penghargaan dibagikan pada malam apresiasi dan penghargaan, Rabu (19/12/2008). Kanwil DJKN Jateng DIY memberikan apresiasi atas diraihnya Sertifikasi ISO 9001:2015 kepada semua KPKNL, unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) kepada KPKNL Pekalongan dan Tegal, Kantor Percontohan Terbaik Pertama di lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2018 kepada KPKNL Tegal, Peringkat Pertama Inovasi Layanan di lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2018 kepada KPKNL Pekalongan, dan Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) kepada Kanwil DJKN Jateng DIY c.q. Bagian Umum.

Kanwil DJKN Jateng DIY juga memberikan penghargaan atas Kehumasan Terbaik kepada KPKNL Tegal, Kinerja Pelaksanaan Anggaran terbaik kepada KPKNL Pekalongan, KPKNL Semarang, dan KPKNL Purwokerto, Bendahara Penerimaan Terbaik kepada Ragil Anwar Riyadi KPKNL Tegal, Bendahara Pengeluaran Terbaik kepada Suci Wulandari KPKNL Yogyakarta, Penilai Terbaik kepada Haidar Ismail KPKNL Tegal, Pejabat Lelang Kelas I Terbaik kepada Yayuk Muji Rahayu KPKNL Semarang, Pengelola Kinerja Terbaik KPKNL Tegal, dan Lomba Fotografi kepada Khoirul Umam Kanwil DJKN Jateng DIY, Nashrul Muhammad KPKNL Tegal, dan Ibarin Barek KPKNL Surakarta.

Kantor Pusat DJKN melalui Bagian OKI juga menyampaikan 2 (dua) sertifikat terkait sertifikasi ISO 9001:2015 kepada masing-masing KPKNL. Sebagai informasi pada tahun 2018, KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jateng DIY berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 untuk 32 layanan.

Malam apresiasi dan penghargaan ini semakin meriah dengan adanya penampilan Tarian Kreasi Asam Arang dan Tarian Bungong Jeumpa serta penampilan Puisi dari pegawai Kanwil DJKN Jateng DIY 

Pengarahan Tindak Lanjut ISO 9001:2015

Hardy Sumaryadi, Kepala Subbagian Tata Laksana Bagian OKI menyampaikan tindak lanjut setelah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015. Ia menjelaskan bahwa Sertifikasi ISO 9001:2015 yang berlaku 3 tahun harus tetap dipertahankan dengan melaksanakan audit internal sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun dan selalu menjamin bahwa pemberian layanan sesuai SOP sehingga tidak terdapat temuan dalam surveillance audit yang dilaksanakan setiap tahun. Hardy juga mengingatkan perlunya pelaksanaan internalisasi dan penyegaran kembali kepada seluruh pegawai terkait klausul ISO 9001:2015 beserta dokumen terkait serta adanya proses berbagi pengetahun untuk menjaga pemahaman ISO seiring dengan mutasi dan rotasi pegawai.

Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2018 dan Rencana Aksi dan Strategi 2019

Sebagai Manajer Kinerja, Edy Suyanto menyampaikan bahwa Capaian Kinerja Tahun 2018 sudah baik namun ia optimis sampai dengan akhir tahun capaian kinerja akan lebih baik lagi. Berkaitan dengan Peningkatan Kualitas Kinerja di tahun 2019 yang Challenging, Edy mengingatkan pentingnya memahami kontak kinerja sebagai pondasi awal suksesnya pencapaian kinerja. Selanjutnya setiap pemilik peta strategi harus mempunyai strategi dalam implementasi dengan selalu mengupayakan sinergi. 

Menindaklanjuti paparan Manajer Kinerja, para Kepala KPKNL memaparkan Rencana Aksi dan Strategi 2019 dalam diskusi yang dimoderatori oleh para Kepala Bidang. Diskusi ini merupakan bagian penting dalam acara Rakerda ini. Setiap KPKNL tentunya mengalami kemudahan dan kesulitan yang berbeda-beda dalam pencapaian kinerja. Oleh sebab itu, masing-masing dapat berbagi kemudahan sekaligus mengambil masukan untuk kekurangan.

Tavianto secara khusus meminta jajarannya untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dalam upaya digitalisasi untuk mendukung tugas dan fungsi dengan menerapkan pelayanan yang berstandar ISO 9001:2015 sebagai upaya memperkuat branding DJKN salah satunya melalui konsep Open Office, pengurangan penggunaan kertas, efektif dan efisiensi kerja, dsb.

Bimbingan Mental (Bintal)

Perwakilan Kanwil DJKN Jateng DIY pada sosialisasi program Bintal DJKN, Achmad Mulyono dan Eny Susanti melaporkan tentang program Bintal Wilayah. Achmad menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk menanamkan integritas bahwa mungkin tidak ada yang melihat tetapi percaya bahwa Tuhan yang melihat, menanamkan hidup sederhana, selalu bersyukur serta mempunyai komitmen pada diri sendiri untuk semangat perubahan menjadi lebih baik. Selanjutnya Kasubbag Kepegawaian akan memantau adanya pelaksanaan Bintal wilayah.

Pembacaan Butir-Butir Rakerda

Hasil pelaksanaan Rakerda yang telah dituangkan dalam Butir-Butir Rakerda dibacakan kepada seluruh peserta oleh Kepala Bidang Lelang, Prastowo Soebagio tepat di selasar makam Syaikh Hasan Shadzali, Jumat (21/12/2018) di Colo Muria, Kudus. Selanjutnya juga diadakan renungan akhir tahun oleh Edy Suyanto sebagai bagian dari kegiatan capacity building. Tempat ini segaja dipilih untuk merefleksi perjalanan Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dalam melalui tahun anggaran 2018 menuju tahun anggaran 2019 yang lebih menantang. Dahulu tempat ini digunakan oleh ulama’ asal timur tengah tersebut yang merupakan guru dari Sunan Muria untuk bertafakur/merenung. Lokasi tersebut ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri topografi yang menantang sekitar 5 km naik turun jalan setapak melalui Air Terjun Montel sampai Puncak Rejenu sambil memungut sampah.  

Begitu banyak hal yang dilakukan pada Tahun 2018. Tahun 2019 saatnya Kanwil DJKN Jateng DIY menuju level baru yang challenging. DJKN hike to the next level. Bravo DJKN!

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini