Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Melalui Manajemen Strategi, Kakanwil DJKN Jateng DIY Ajak Pejabat Siap menjadi Role Model
Khoirul Umam
Senin, 30 Juli 2018   |   276 kali

Semarang – Kementerian Keuangan memberikan perhatian yang serius terhadap pengembangan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan pengembangan diri salah satunya kegiatan Executive Training ke luar negeri.  Setelah mengikuti kegiatan Executive Training di National University of Singapore, pada hari Kamis (26/7) Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta membagikan hasilnya kepada para Pejabat dalam acara Knowledge Sharing bertajuk Strategic Management Programme.

Acara yang digelar di Aula Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta dihadiri oleh perwakilan pejabat Kantor Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Direktorat Jenderal Pajak, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan setempat. Acara juga dihadiri Tim dari Pusdiklat Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai penyelenggara kegiatan.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Tavianto Noegroho bercerita bahwa kegiatan Executive Training di Singapura tidak hanya diikuti oleh peserta dari Indonesia tetapi juga diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Pada kesempatan ini, pejabat sebagai manajer diajak menyiapkan diri untuk menjadi sosok utama dalam keteladanan (role model) salah satunya melalui penerapan Manajemen Strategi.

Tavianto menyampaikan 5 strategi yang harus dipikirkan dan dilakukan oleh manajer agar sukses  dalam memimpin suatu organisasi. “Setiap manajer harus bisa,” ungkapnya. Pertama, mengidentifikasi tantangan. Tantangan merupakan faktor eksternal yang harus diketahui dengan mengumpulkan data yang valid sehingga dapat diketahui peluang dan risiko. Kedua, memahami potensi Internal untuk keselarasan organisasi. Tidak hanya tantangan, kompetensi organisasi juga harus diketahui dengan jelas. Ketiga, mentransformasi tantangan menjadi keunggulan kompetitif. Keempat, mengawinkan potensi Internal (kompetensi) dengan faktor eksternal (tantangan). Terakhir, mengadopsi model bisnis untuk meramal gangguan dan hambatan di masa depan.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Parjiya sebagai tuan rumah berharap agar apa yang disampaikan pembicara sebagai satu-satunya bintang utama dalam acara ini bermanfaat bagi para pejabat yang merupakan manajer di unit masing-masing.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang dipandu oleh Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean A Semarang, Iwan Hermawan. Acara ditutup dengan pemberian cindera mata.

Pihak penyelenggara menegaskan bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan wawasan terkait dengan berbagai bidang terutama pembuatan strategi yang tepat dan terukur serta dapat diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas.

(Penulis/Fotografer : Bidang KIHI Kanwil DJKN Jateng dan DI Yogyakarta)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini