Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Kilas Peristiwa
Ramadhan Saatnya Berbagi
Heri Asya
Kamis, 22 Juni 2017   |   242 kali

Jakarta (19/06) Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta kuatkan iman dan eratkan tali silaturahmi antar pegawai dengan gelar buka puasa bersama.  Acara yang dihadiri oleh sebagian besar muslimin dan muslimah lingkup Kanwil DJKN DKI Jakarta itu, diawali dengan khataman Al Quran dan pembagian donasi kepada anak-anak yatim dan satpam di Masjid Al Ikhlas.

Dalam sambutannya Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Encep Sudarwan berharap “ Semoga dengan adanya acara ini mampu meningkatkan tali silaturahmi, sebagai sarana untuk berbagi kepada sesama, dan semoga acara seperti ini bisa berlanjut pada tahun-tahun yang akan datang”. Encep juga menyampaikan bahwa sebagai umat muslim selayaknya suka memberi.  Bagaimanapun memberi itu lebih baik dan lebih mulia daripada meminta.  Selain itu pahala sedekah akan dilipatgandakan lebih khususnya di bulan Ramadhan.  Namun, hendaknya memberi santunan tidak hanya di bulan Ramadhan jadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir selaku penceramah ustadz Nur Ali. Dalam ceramahnya ustadz Nur memberikan nasihat bahwa bulan ramadhan ini termasuk bulan yang baik dan berkah. Oleh sebab itu janganlah sekali-kali menyia-nyiakan waktu kita untuk tidak beribadah kepada Allah. Belum tentu tahun depan kita bertemu kembali dengan bulan yang mulia ini.

Bulan ramadhan dikatakan bulan yang baik dan berkah karena pada  bulan ini orang-orang mengubah perilakunya menjadi lebih baik. Orang-orang rajin untuk sholat berjamaah, sholat tarawih, juga banyak acara santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa yang mana pada bulan-bulan lain sedikit acara-acara santunan seperti ini kecuali di bulan Muharram.

Bulan ramadhan juga disebut bulan “Syahrul Quran” yaitu bulan diturunkannya Al Quran. Pada tanggal 17 Ramadhan Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari malaikat Jibril yaitu surah Al-Alaq ayat 1-5. Ayat pertama dari surah Al-Alaq diperintahkan kepada kita untuk membaca, “bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan”. Kita tahu bahwa pedoman hidup umat muslim adalah Al Quran dan Al Hadits nabi. Oleh sebab itu perbanyaklah membaca Al Quran khususnya pada bulan Ramadhan serta tidak lupa kita mengamalkan apa saja yang telah dituntunkan di dalam Al Quran dan hadits nabi.

Nasihat terakhir yang disampaikan oleh ustadz Nur Ali yaitu bahwa mempelajari agama itu sangat penting. Pembelajaran dan pengajaran agama hendaknya dimulai secara dini ketika usia kanak-kanak. Anak-anak kita yang masih kecil dipersiapkan secara baik pengetahuan agamanya agar kelak ketika dewasa dapat mengarungi lika-liku kehidupan. Sudah seharusnya imam dan muadzin di masjid itu diisi oleh anak-anak muda bukan para orang tua yang sudah sepuh.  

Sholat tarawih bersama mengakhiri rangkaian acara (teks/foto : Fajrin, Asya, Arif)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini