Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunjungi UI dan UNJ, DJKN Kenalkan Peran dan Fungsi Lelang dalam APBN
I Made Murdwarsa Febriyanta
Selasa, 31 Agustus 2021   |   536 kali

Jakarta – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta mengadakan kegiatan DJKN Goes to Campus (GTC) ke Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada Kamis (26/08) secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban mengungkapkan bahwa selain bertujuan untuk membawa DJKN lebih dekat ke kalangan civitas akademika, GTC juga bertujuan untuk memperkenalkan peran dan fungsi lelang didalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021. “Oleh karena itu, tema acara DJKN Goes to Campus UI dan UNJ kali ini adalah APBN 2021: Peran dan Fungsi Lelang,” terangnya lebih lanjut.

Secara garis besar, Rio menyampaikan beberapa poin penting kaitannya dengan peran dan fungsi Lelang dalam APBN 2021. Ia juga menjelaskan terkait fokus APBN pada tahun 2022 mendatang, serta peran DJKN di dalam APBN. 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Logistik UI Vita Silvira menyampaikan peran penting aset negara dan pengelolaan barang milik negara bagi keuangan negara serta pentingnya para civitas akademika untuk mengetahui peran penting pengelolaan dan penjagaan barang milik negara. Vita Silvira mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan acara ini dan mengharapkan peran aktif para partisipan dalam kegiatan ini. 

Senada dengan Vita, Rektor UNJ Komarudin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi atas pelaksanaan acara GTC. Ia juga berharap agar kedepannya dapat terjalin kerjasama yang semakin baik antara civitas akademika dengan DJKN. “Mengingat pentingnya literasi terkait pengelolaan kekayaan negara, APBN, dan lelang untuk seluruh civitas akademika, saya berharap adanya keberlanjutan kerja sama kedepannya dalam penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia,” tuturnya.

Pada kegiatan tersebut hadir sebagai narasumber pertama adalah Kepala Subdirektorat Penyusunan Anggaran dan Penganggaran Risiko Fiskal, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Insyafiah yang menyampaikan tentang peran APBN dalam melindungi masyarakat, bagaimana realisasi APBN tahun 2020 dan perkembangan realisasi APBN tahun 2021. Narasumber kedua adalah Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta A.Y. Dhaniarto yang menyampaikan berbagai hal terkait lelang antara lain dasar hukum lelang, definisi lelang, sejarah lelang, lelang vs tender, serta tanggapan yang beredar secara umum terkait lelang. Di akhir pemaparan, dibuka sesi tanya jawab dengan para partisipan yang dipandu oleh moderator. 

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan simulasi lelang konvensional yang dapat diikuti oleh seluruh peserta. Junaidy Effendy sebagai pejabat lelang menjelaskan peraturan dan tata cara terkait pelaksanaan lelang kemudian menetapkan pemenang dari tiap objek lelang, dimana sebelumnya seluruh partisipan telah diberi kesempatan untuk mengajukan penawaran.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini