Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
SMART PEOPLE, SMART PHONE, SMART PHOTOGRAPHY
I Made Murdwarsa Febriyanta
Jum'at, 09 Oktober 2020   |   255 kali

Di masa perkembangan teknologi digital saat ini tayangan visual dapat mewakili ribuan kata. Saat ini tayangan visual hasil dari foto berperan sebagai alat komunikasi yang dapat menyampaikan informasi yang dinamis dalam hubungan masyarakat. Kegiatan fotografi semakin digemari seiring dengan kemudahan semua orang untuk mengabadikan moment, cukup dengan smart phone banyak foto-foto indah bukan hasil fotografer dapat dilihat di media sosial Instagram, Facebook, ataupun Pinterest.

Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan sumber daya manusia khususnya di lingkungan Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta, pada Selasa tanggal 06 Oktober 2020 diselenggarakan kegiatan sharing knowledge melalui aplikasi Zoom Meeting dengan narasumber Noor Eva – Art Director dan Photographer – CEO Republic Fotografer. Sharing knowledge kali ini mengambil tema “Smart People, Smart Phone, Smart Photography”. Sharing knowledge ini selain diikuti oleh para pejabat dan pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta, juga disaksikan oleh pejabat dan pegawai DJKN lintas wilayah seluruh Indonesia, pegawai dari instansi lain, dan masyarakat umum. Acara ini berlangsung mulai pukul 09.30 Waktu Indonesia Barat

Pada kesempatan kali ini Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat memberi pembelajaran, menambah pengetahuan bagi pegawai, meningkatkan kompetensi, dan bermanfaat bagi pelaksanaan tugas sehari-hari.

Hady Purnomo memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari pengembangan kompetensi manajerial para pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta terkait dengan kerjasama yang berorientasi pada hasil dan pengembangan diri orang lain. Kegiatan ini mengaplikasikan empat kompetensi manajerial seperti yang diatur di dalam ketentuan nasional mengenai kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu Permenpan RB Nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara. Kompetensi manajerial dimaksud antara lain kerjasama, komunikasi, orientasi pada hasil dan pengembangan pada diri orang lain.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dedy Syarif Usman - Sekretaris Jenderal DJKN. Dedy menyampaikan bahwa tema acara yang diselenggarakan oleh Kanwil DJKN DKI Jakarta kali ini sangat relevan dgn kondisi sekarang. DJKN selalu memberikan dukungan terhadap kegiatan sharing knowledge seperti saat ini.

Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan setiap orang untuk melakukan hal-hal yg dulu tidak terbayangkan, contohnya kegiatan fotografi. Kegiatan ini dulu diidentikkan dengan kegiatan yang mahal dan sulit karena selain membutuhkan peralatan yang mahal harganya juga membutuh keterampilan khusus dalam menggunakan peralatannya. Namun kini hal tersebut sudah tidak menjadi kendala lagi, hampir semua orang dapat mengabadikan moment dengan menggunakan smart phone yang dimilikinya. Smart phone sekarang ini banyak yang sudah dilengkapi kamera dengan kualitas kamera yang sangat baik.

Dedy juga menjelaskan bahwa di era serba digital saat ini fotografi merupakan  media komunikasi visual yang unik. Melalui media foto kita mampu merekam peristiwa aktual dan memberikan informasi terpercaya bagi masyarakat. Foto juga membuat penyebaran informasi menjadi lebih mudah. Sehingga dengan fotografi pelayanan berorientasikan stakeholder serta membangun citra organisasi dapat berjalan lebih baik.

Dedy berpesan agar para pegawai DJKN sebagai bagian dari Kementerian Keuangan harus selalu beradaptasi dan memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi organisasi. Hal ini sejalan dengan Program Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan yang mengambil tema Transformasi Digital. Penggunaan teknologi digital ini menjadi sangat relevan dalam kondisi pandemi saat ini dimana pertemuan fisik sangat terbatas sehingga hampir semua layanan  menggunakan teknologi internet. Dedy juga menyatakan bahwa Materi yang akan disampaikan oleh narasumber diharapkan dapat  dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan organisasi.

Acara kali ini juga menampilkan sharing session dari Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika. Arif memaparkan smart branding yang dilakukan oleh KPKNL Ternate. KPKNL Ternate memiliki tim khusus untuk mengelola media sosial instansinya dan termasuk rutin melakukan update. KPKNL Ternate memilih media sosial, khususnya Facebook sebagai sarana branding untuk menjangkau publik yang lebih luas, memanfaatkan medis sosial sebagai media promosi kegiatan, meningkatkan brand awareness dan user engagement. Tidak mudah bagi KPKNL Ternate untuk memulai penggunaan  media sosial sebagai alat untuk meningkatkan brand awarnessnya namun dengan memanfaatkan seluruh potensi yang ada terutama SDM yang mengerti penggunaan media sosial KPKNL Ternate sukses untuk memperkenalkan instansinya di wilayah Maluku Utara. KPKNL Ternate juga rutin mengadakan sharing knowledge dikalangan sendiri, pegawai yang memiliki kemampuan lebih dalam hal fotografi didapuk utk mengajarkan fotografi kepada sesama pegawai di kantor.

Acara berlanjut dengan pemaparan penggunaan smartphone dalam fotografi. Narasumber Noor Eva – Art Director dan Photographer – CEO Republic Fotografer memaparkan tips dan trik memanfaatkan smart phone dalam fotografi. Pemaparan berlangsung kurang lebih selama satu jam. Setelah pemaparan oleh narasumber, acara diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator yaitu pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta, Setyarini dan Lukman Hakim. Pada acara ini juga menampilkan performance dari DJKN Online Band yang menyanyikan Memories dari Maroon 5 secara online. Personil DJKN Online Band merupakan gabungan dari pegawai-pegawai DJKN yang ada di Kanwil DJKN Jawa Timur, KPKNL Singkawang, KPKNL Medan, dan KPKNL Surakarta.

Teknologi menyatukan kita melampaui jarak melintas waktu.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini