Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Knowledge Sharing Teknologi Informasi dan Komunikasi Pemula
I Made Murdwarsa Febriyanta
Kamis, 04 Juni 2020   |   618 kali

Jakarta (02 Juni 2020) – Pada hari Selasa 02 Juni 2020 dimulai pada pukul 10.00 pagi, Kanwil DJKN DKI Jakarta kembali mengadakan knowledge sharing. Kali ini yang akan menjadi narasumbernya adalah adalah Dian Setiawan, pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta yang telah mengikuti Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemula. Acara kali ini masih  memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting dan diikuti oleh seluruh pegawai dari rumah masing-masing.

Knowledge sharing merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta, dimana kegiatan ini memberi kesempatan kepada pegawai yang telah mengikuti kegiatan workshop/diklat/seminar maupun kegiatan lainnya yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan untuk berbagi pengetahuan dan informasi positif yang didapat setelah mengikuti kegiatan tersebut. Knowledge sharing ini juga merupakan bagian dari pengembangan kompetensi pegawai dan pemenuhan jam pelatihan bagi seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Acara ini dibuka dan dipandu oleh rekan-rekan dari Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta. Acara dimulai dengan penjelasan narasumber tentang pengertian dari TIK secara luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Perangkat TIK dibagi menjadi tiga yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna/user (brainware). Dian melanjutkan penjelasannya untuk masing –masing perangkat TIK. Perangkat keras (hardware) adalah suatu komponen yang terdapat dalam sebuah komputer, dapat dilihat dengan cara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Perangkat lunak (software) adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data komputer yang disimpan dapat berupa progam yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Pengguna/user (brainware) adalah manusia yang memakai, menggunakan atau mengoperasikan komputer.

Selanjutnya, Dian menjelaskan tentang keamanan informasi yang merupakan perlindungan informasi dari berbagai ancaman agar menjamin kelanjutan proses bisnis, mengurangi risiko bisnis, dan meningkatkan return of investment (ROI) serta peluang bisnis (Chaeikar, etc., 2012). Aspek-aspek keamanan informasi yang perlu di perhatikan  antara lain Confidentiality, Integrity, dan Availability. Pada akhir penyampaian materi, Dian memberikan tutorial untuk melakukan join domain kemenkeu.go.id sebagai salah satu bentuk penerapan keamanan informasi di lingkungan Kementerian Keuangan RI. Kemudian dibuka sesi tanya jawab dan beberapa pegawai menanyakan terkait permasalahan seputar TIK dan langsung dijawab oleh Dian. Setelah sesi tanya berakhir, knowledge sharing ditutup kembali oleh rekan-rekan dari Sub Bagian Kepegawaian Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini