Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Fitur Tugas Saya di Aplikasi Nadine
I Made Murdwarsa Febriyanta
Selasa, 26 Mei 2020   |   864 kali

Jakarta (Rabu,20/05/2020) – Kementerian Keuangan akan mulai mengimplementasikan Flexible Working Space sebagai bagian dari The New Normal kedepannya. Flexible Working Space adalah pengaturan pola kerja pegawai yang memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan dan menjaga produktivitas pegawai serta menjamin keberlangsungan pelaksanaan tugas dengan memberikan fleksibilitas lokasi bekerja selama periode tertentu. Untuk melaksanakan Flexible Working Space secara baik diperlukan infrastruktur penunjang, salah satunya adalah fitur Tugas Saya pada Office Automation Kementerian Keuangan di aplikasi Nadine. Fitur Tugas Saya adalah menu yang dapat digunakan setiap pegawai untuk melaporkan tugas harian yang dilakukan.  

Sehubungan dengan mulai diimplementasikannya fitur tersebut, pada hari Rabu, 20 Mei 2020, seluruh pegawai Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN DKI Jakarta mengikuti sosialisasi fitur Tugas Saya melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dari kediaman masing-masing pegawai. Acara ini dipimpin dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo, dan materi disampaikan oleh Amin Hamidi, Kepala Sub Bagian Kepegawaian. Amin mulai menjelaskan dari cara mengakses fitur Tugas Saya pada aplikasi Nadine. Kemudian di fitur Tugas Saya, ada beberapa kolom yang wajib diisi pegawai terkait tugas harian yang dilakukan setiap harinya.

Dimulai dari pilihan Tusi dan Non Tusi, kita pilih untuk kategori pekerjaan termasuk dalam Tugas Fungsi (TUSI) jabatan atau tidak dalam lingkup Tugas Fungsi (Non TUSI). Kolom “Nama Tugas” diisi dengan gambaran umum tugas. Kolom “Keterangan Rincian Tugas” diisi dengan informasi detail kegiatan (nama kegiatan,jumlah dokumen,dll). Kolom “Jam Mulai” dan “Jam Selesai” diisi dengan jam mulai dan jam selesainya suatu pelaksanaan pekerjaan. Kolom “Norma Waktu” diisi dengan aktu riil yang digunakan dalam menyelesaikan kegiatan tanpa memperhitungkan waktu luang dan waktu tunggu selama mulai s.d. selesai. Terakhir untuk kolom “Laporan Penyelesaian Tugas” diisi dengan output pekerjaan yang dihasilkan pada hari dan tanggal pelaksanaan pekerjaan. Kemudian pegawai yang bersangkutan klik simpan dan setelah seluruh pekerjaan yang dilaksanakan pada hari tersebut di-input, pegawai bisa mengirimkannya ke atasan langsung untuk di-review.

Setelah selesainya penjelasan singkat dari Amin, beberapa pegawai menanyakan bagaimana pengisian fitur Tugas Saya tersebut pada beberapa situasi pekerjaan yang dikerjakan. Amin menjawab dengan solusi yang lugas dan jelas agar pegawai dapat mengisi “Tugas Saya” dengan tepat. Di akhir sesi tanya jawab, Amin menyampaikan bahwa pengisian “Tugas Saya” akan menjadi suatu analisis beban kerja dan menjadi dasar pimpinan dalam mengambil kebijakan terkait organisasi sehingga diharapkan seluruh pegawai dapat mengisi “Tugas Saya” dengan tepat dan benar. Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara Sosialisasi “My Task” ditutup kembali oleh Hady Purnomo.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini