Jakarta
(Rabu,20/05/2020) – Kementerian
Keuangan akan mulai mengimplementasikan Flexible
Working Space sebagai bagian dari The
New Normal kedepannya. Flexible
Working Space adalah pengaturan pola kerja pegawai yang memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk
meningkatkan dan menjaga produktivitas pegawai serta menjamin keberlangsungan
pelaksanaan tugas dengan memberikan fleksibilitas
lokasi bekerja selama periode tertentu. Untuk melaksanakan Flexible
Working Space secara baik diperlukan infrastruktur penunjang, salah satunya
adalah fitur Tugas Saya pada Office
Automation Kementerian Keuangan di aplikasi Nadine. Fitur Tugas Saya adalah
menu yang dapat digunakan setiap pegawai untuk melaporkan tugas harian yang
dilakukan.
Sehubungan
dengan mulai diimplementasikannya fitur tersebut, pada hari Rabu, 20 Mei 2020,
seluruh pegawai Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN DKI Jakarta mengikuti sosialisasi
fitur Tugas Saya melalui aplikasi Zoom
Cloud Meeting dari kediaman masing-masing pegawai. Acara ini dipimpin dan
dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo, dan materi
disampaikan oleh Amin Hamidi, Kepala Sub Bagian Kepegawaian. Amin mulai
menjelaskan dari cara mengakses fitur Tugas Saya pada aplikasi Nadine. Kemudian
di fitur Tugas Saya, ada beberapa kolom yang wajib diisi pegawai terkait tugas
harian yang dilakukan setiap harinya.
Dimulai
dari pilihan Tusi dan Non Tusi, kita pilih untuk kategori pekerjaan termasuk
dalam Tugas Fungsi (TUSI) jabatan atau tidak dalam lingkup Tugas Fungsi (Non
TUSI). Kolom “Nama Tugas” diisi dengan gambaran umum tugas. Kolom “Keterangan
Rincian Tugas” diisi dengan informasi detail kegiatan (nama kegiatan,jumlah
dokumen,dll). Kolom “Jam Mulai” dan “Jam Selesai” diisi dengan jam mulai dan
jam selesainya suatu pelaksanaan pekerjaan. Kolom “Norma Waktu” diisi dengan
aktu riil yang digunakan dalam menyelesaikan kegiatan tanpa memperhitungkan
waktu luang dan waktu tunggu selama mulai s.d. selesai. Terakhir untuk kolom
“Laporan Penyelesaian Tugas” diisi dengan output
pekerjaan yang dihasilkan pada hari dan tanggal pelaksanaan pekerjaan. Kemudian
pegawai yang bersangkutan klik simpan dan setelah seluruh pekerjaan yang
dilaksanakan pada hari tersebut di-input,
pegawai bisa mengirimkannya ke atasan langsung untuk di-review.
Setelah selesainya
penjelasan singkat dari Amin, beberapa pegawai menanyakan bagaimana pengisian fitur
Tugas Saya tersebut pada beberapa situasi pekerjaan yang dikerjakan. Amin
menjawab dengan solusi yang lugas dan jelas agar pegawai dapat mengisi “Tugas
Saya” dengan tepat. Di akhir sesi tanya jawab, Amin menyampaikan bahwa pengisian
“Tugas Saya” akan menjadi suatu analisis beban kerja dan menjadi dasar pimpinan
dalam mengambil kebijakan terkait organisasi sehingga diharapkan seluruh
pegawai dapat mengisi “Tugas Saya” dengan tepat dan benar. Setelah sesi tanya
jawab berakhir, acara Sosialisasi “My
Task” ditutup kembali oleh Hady Purnomo.