Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menuju Pelayanan Lelang Yang Unggul, Aman dan Berkualitas
Heri Asya
Kamis, 04 Oktober 2018   |   598 kali

Jakarta – Profil Kinerja lelang Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta cukup bagus. Memasuki triwulan keempat 2018 ini, capaian realisasi lelang telah menembus angka Rp4 T dari target Rp 6,2 T. “Kami cukup puas, walaupun angka tersebut didominasi capaian dari Pejabat Lelang Kelas II (PL II), namun kami masih optimis untuk mengoptimalkan kinerja PL I,” ujar Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Hady Purnomo saat menerima kunjungan kerja Direktur Lelang Lukman Effendi beserta jajarannya pada Kamis (4/10).

 

Ia menambahkan bahwa tren lelang dalam tiga tahun ini tercapai di akhir tahun menjelang tutup tahun. Hal tersebut terjadi antara lain karena goal lelang Perbankan dengan Kanwil DJKN DKI Jakarta berbeda. “Jika Perbankan lebih condong ke dampak lelang, DJKN ke realisasi hasil lelang”.  Hady berharap, ada terobosan dan alternatif pemasaran lelang lainnya selain melalui website DJKN.

 

Menanggapi paparan yang disampaikan Hady, Lukman Effendi mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan untuk mencapai target lelang.  “Dilihat dari capaian secara nasional, Kanwil DJKN DKI Jakarta hingga akhir September 2018 untuk produktivitas lelang menduduki peringkat kedua setelah Kanwil DJKN Aceh” ujar Lukman. “Begitupun dengan prestasi PL I, Muhrum Hanafi dari KPKNL Jakarta III meraih peringkat kedua untuk capaian pokok lelang (Rp135,8 M) dan PNBP lelang (Rp6.6 M) disusul oleh Habibi dari KPKNL Jakarta V di peringkat III dengan capaian pokok lelang (Rp171,5 M) dan PNBP lelang (Rp5,2 M)”.

 

Target lelang setiap tahun memang selalu naik mengikuti Renstra. Setiap daerah kesulitan mencapai target dengan berbagai permasalahannya.  Direktorat Lelang nanti akan mencari terobosan-terobosan baru. Adanya -* capaian lelang sangat membantu dalam penyajian data hasil lelang. “Pak Dirjen bisa langsung memantau perkembangan lelang dan tidak ada perbedaan data antara Direktorat Lelang dengan data kantor vertikal” terangnya.

 

Sesuai roadmap Direktorat Lelang, pada tahun 2018 fokus pada pemantapan mutu dan profesionalisme dengan strategi penyediaan SDM yang Kompeten dan regulasi yang komprehensif, sehingga pada tahun 2019 Lelang yang Aman, Unggul, dan Terpercaya dapat terwujud melalui  standardisasi pelayanan dengan SOP yang teruji.  Direktorat Lelang akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan proses bisnis, kualitas institusi dan Pejabat Lelang serta penguatan Kantor Wilayah.

 

Lebih lanjut Lukman menjelaskan bahwa saat ini tengah disusun naskah akademis Rancangan Undang-Undang terkait Lelang. Peraturan di bidang lelang sudah banyak yang disesuaikan, dilakukan penyederhanaan dan penyempurnaan.  Selain itu, akan diupayakan perlindungan Pejabat Lelang, seperti ada pendampingan hukum jika ada permasalahan hukum dan pengaturan batasan kewenangan PL yang jelas. “Ada pedoman yang jelas untuk melakukan sesuatu” tutup Lukman mengakhiri paparannya dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

Pertemuan kunjungan kerja Direktur Lelang ini dihadiri oleh para Kepala KPKNL Jakarta I s.d. V beserta Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Kepala Bidang Lelang dan Kepala Bidang KIHI.  (asya-KIHI)  

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini