Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Satukan Data Untuk Sukseskan Revaluasi GBK
Heri Asya
Jum'at, 21 September 2018   |   196 kali

Jakarta – Jumat (21/09/2018), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta gelar rapat koordinasi antara KPKNL Jakarta II, Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian PUPR. Rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo ini membahas tentang kesesuain data dengan objek revaluasi yaitu GBK (Gelora Bung Karno) yang baru saja selesai di renovasi.

Dalam sambutannya, Hady menjelaskan bahwa sudah dilakukan proses penilaian untuk objek revaluasi GBK dengan supervisi dari Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN, namun dalam prosesnya terdapat data luasan versi lain dan ini perlu dibahas untuk kepastian kita bersama.

“Sejatinya reval ini sudah harus selesai. BPK akan masuk di awal Oktober, untuk itu di akhir September 2018 semua sudah harus selesai agar bu menteri dapat menyampaikan laporan ke BPK. Sebenarnya kita sudah siap tapi karena ada data yang berbeda maka perlu kita bahas data yang mana yang akan dipakai” Ungkap Hady.

Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN DKI Jakarta, Jati Wiryawan menambahkan dalam penjelasannya bahwa untuk proses revaluasi ini metodenya adalah seluruh objek yang dinilai. Basis data yang digunakan yaitu data dari SIMAN dan KIB. Dalam kegiatan revaluasi ini terdapat proses inventarisasi yang akan membuat form data dan KIB menjadi lebih update. Untuk data luasan fisik dan data renovasi yang ada kita perlu buat kesepakatan atau pemahaman yang sama agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir resiko-resiko yang belum muncul terkait dengan hasil revaluasi ini.

Proses inventarisasi perlu dilakukan dengan benar. Hasil Revaluasi akan salah dan nilai tidak akan benar jika inventarisasi tidak dilakukan dengan benar. Penilai DJKN turun ke lapangan salah satu tujuannya adalah melakukan verifikasi apakah data yang disampaikan masuk akal atau tidak. Renovasi terhadap suatu objek bisa menambah dan bisa mengurangi nilai. Data antara KIB, formulir sampai laporan penilaian harus sama.

GBK merupakan salah satu objek revaluasi dan ada permasalahan-permasalahan teknis yang belum disepakati karena dalam pelaporan Kantor Pusat DJKN kepada BPK sudah mencapai kesepakatan dengan timeline audit khusus yang akan dilakukan BPK berkaitan dengan penyelesaian revaluasi BMN yang belum selesai dan diminta GBK selesai dalam minggu ini karena DJKN harus segera menyusun laporan. (teks/foto : Hanum/Bidang KIHI)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini