Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Yuk Pahami PUG
Dodo Sukandar
Selasa, 15 Mei 2018   |   252 kali

Jakarta (15/5) – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta mengadakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG). Acara dibuka Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Hady Purnomo dan dihadiri oleh para pegawai lingkup Kanwil DJKN DKI Jakarta mulai dari Kepala Bagian/Bidang, Kepala KPKNL, hingga pegawai OJT. Sosialisasi PUG ini dilakukan sebagai tindak lanjut terhadap surat dari Sekretaris Ditjen KN dan lebih khususnya sebagai pelaksanaan amanah dari Inpres Nomor 9 Tahun 2000 terkait dengan PUG.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai PUG oleh Rusmawati, Kasubbag Gaji dan Tukin Kantor Pusat DJKN. Dalam sambutannya Hady mengatakan bahwa Kementerian Keuangan menjadi trigger untuk pelaksanaan PUG di seluruh Kementerian/Lembaga lainnya. “Banyak orang awam yang belum mengerti apa itu PUG dan apa itu gender. Secara umum, gender dikonotasikan dengan jenis kelamin namun tidak sebatas itu. DIharapkan melalui kegiatan sosialisasi PUG ini, Rusmawati dapat memberikan pemahaman mengenai PUG, gender, serta implementasinya di lingkungan Kementerian Keuangan khususnya di lingkup Kanwil DJKN DKI Jakarta” ujar Hady.

Berdasarkan beberapa referensi yang didapat, Hady mengatakan bahwa PUG diimplementasikan oleh pimpinan yaitu dengan memastikan setiap program, kebijakan, dan kegiatan yang disusun telah mengakomodir dan telah memberikan kesempatan yang setara antara hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan termasuk dalam penyusunan anggaran dalam setiap penyusunan program kegiatan telah mempertimbangkan aspek-aspek sebagai amanah dari Inpres Nomor 9 Tahun 2000.

Hady juga berharap lomba PUG di lingkungan Kementerian Keuangan tidak hanya berfokus untuk mempercepat implementasi PUG, namun juga menghasilkan inovasi-inovasi yang menjadi program yang sustainable. Hady berharap pada tahun 2019 mendatang Kanwil DJKN DKI Jakarta dapat mengikuti lomba PUG tersebut dan juga mampu menerapkan esensi konten-konten dalam konsep PUG.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi dari vocal point DJKN mengenai PUG yaitu Rusmawati. Dalam paparannya, Rusma menjelaskan pengarusutamaan gender di lingkungan Kementerian Keuangan dan khususnya di lingkungan DJKN. Rusma juga menjelaskan mengenai miskonsep gender. Kerancuan di masyarakat gender disamakan dengan jenis kelamin. Menurut Rusma, jenis kelamin bersifat kodrati, tidak dapat diubah, dan universal. Sedangkan gender perannya dibentuk masyarakat dan dapat berubah, gender sesuai konstruksi masyarakat di lingkungannya. “Dulunya gender dipinggirkan namun sekarang gender telah diutamakan, itulah yang menjadi cikal bakal PUG” terang Rusma. Untuk melengkapi paparannya, Rusma menguraikan mengenai 7 prasyarat yang harus dipenuhi setiap kantor dalam PUG, langkah implementasi PUG, dan contoh implementasi PUG di beberapa unit eselon 1 Kementerian Keuangan. Sesi tanya jawab mengenai materi yang telah dipaparkan menjadi penutup acara tersebut. (teks/foto: Cici/Bidang KIHI)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini