Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Serentak di Puncak Peringatan 110 Tahun Lelang
Heri Asya
Kamis, 01 Maret 2018   |   1030 kali

Jakarta - Puncak acara peringatan 110 tahun lelang Indonesia resmi dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta pada Kamis (1/3). Ditandai dengan pengguntingan pita dan penerbangan 110 balon sebagai simbol usia lelang, acara ini dihadiri oleh Sekretaris DJKN Dodi Iskandar, Direktur Lelang Lukman Effendi, Direktur BMN Encep Sudarwan, Direktur Hukum dan Hubungan Masyarakat Tri Wahyuningsih RM, Direktur Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Rahayu Puspasari, Ketua Perbali Ali Vitali, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta I sampai dengan V, dan para peserta lelang.

Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta Hady Purnomo menjelaskan bahwa acara kali ini berupa mini expo lelang yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan auction weeks dalam rangka peringatan 110 tahun lelang Indonesia. Kegiatan ini terdiri dari lelang non eksekusi wajib 60 unit mobil dan satu paket sepeda motor oleh pejabat Lelang KPKNL Jakarta II, III, IV dan V serta lelang sukarela barang seni/kerajinan oleh pejabat lelang dari Balai Lelang Graha Auctionindo dan Balai Lelang Serasi. “Di Kanwil DJKN DKI Jakarta, auction weeks mulai digelar Jumat (23/2) dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat dan penyebaran brosur lelang di beberapa titik keramaian seperti di Monas dan Kota Tua. Selanjutnya, Visit KPKNL oleh mahasiswa Magister Kenotariatan Universitas Indonesia pada Senin (26/3) yang bertujuan mengedukasi mahasiswa UI mengenai lelang, focus group discussion (FGD) bersama Perbankan dengan tema Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dengan Titik Singgung Kepailitan pada Selasa (27/3), dan mendukung kegiatan kantor pusat DJKN melalui pejabat lelang KPKNL Jakarta I untuk melaksanakan lelang beberapa koleksi barang pribadi Wapres, beberapa Menteri Kabinet, dan pejabat tinggi lainnya pada Rabu (28/2)” ujar Hady. Kegiatan auction weeks diakhiri dengan lelang e-auctions di KPKNL Jakarta I, II, III, IV dan V secara serentak di hari yang sama (2/3). 

Isa sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh Kanwil DJKN DKI Jakarta. Terlebih lagi kegiatan lelang koleksi pribadi para pejabat laku melebihi ekspektasi hingga mencapai target sekitar Rp200 juta. “Gema kegiatan lelang di Galeri Nasional terdengar secara nasional dan diliput beberapa media elektronik dan ramai di media sosial“, tutur Isa. Bahkan menjadi lebih spesial dengan kehadiran dua menteri yang ikut menyumbangkan koleksi pribadinya (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi). Isa menyampaikan bahwa keduanya memberikan penilaian yang positif dan support yang tinggi atas aktivitas lelang yang dilakukan DJKN. Menteri Perhubungan sebagai penggiat seni berharap lelang dapat lebih meriah lagi, lebih menggema di Indonesia, dan dapat mendukung aktivitas seni dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya di masa datang. Tidak sekedar menjual barang tetapi sudah berkaitan dengan kekinian seperti barang-barang kreatif dan ide-ide kreatif.

Lebih lanjut Isa juga menyampaikan beberapa harapan Menteri Keuangan agar DJKN segera melakukan review regulasi lelang agar lebih sesuai dengan kondisi sekarang dan tidak ketinggalan jaman serta betul-betul menegakkan dan mematuhi governance dalam penyelenggaraan lelang baik oleh pejabat lelang kelas I, pejabat lelang kelas II, dan juga seluruh pegawai DJKN. Isa juga menekankan bahwa kegiatan auction weeks ini dimaksudkan untuk merayakan 110 tahun lelang di Indonesia serta memastikan bahwa lelang akan hidup, tumbuh dengan baik, dan lebih disukai/diminati masyarakat sebagai alternatif jual beli karena lelang terbukti handal, akurat, dan efektif dalam pembentukan harga yang wajar di dalam setiap transaksi jual beli. (teks/foto : Asya/Faza)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini