Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mengenalkan Mekanisme Lelang Kepada Generasi Masa Depan
Endang Sulistyowati
Jum'at, 27 Oktober 2017   |   530 kali

Jakarta - Kanwil DJKN DKI Jakarta kedatangan para mahasiswa dari Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam kegiatan Visiting Company, Senin (23/10/2017). Visiting Company merupakan salah satu kegiatan DJKN dalam rangka  memperkenalkan tugas dan fungsi DJKN kepada masyarakat umum dengan menerima kunjungan dari mahasiswa dan/atau pelajar. Kegiatan yang digelar di Aula Kanwil DJKN DKI Jakarta Lantai 3 ini, selain memaparkan tentang DJKN pada umumnya, menjelaskan juga tentang mekanisme lelang dan simulasi penjualan lelang.

Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo yang didampingi oleh Wahyu Hidayati dan Nurisqi selaku perwakilan dosen prodi Ekonomi Terapan membuka acara ini. Dalam sambutannya, Hady menjelaskan bahwa dalam rangka memperkenalkan DJKN kepada publik diadakan serangkaian kegiatan selain Visiting Company, yaitu DJKN Goes to Campus dan Kemenkeu Mengajar. Hady juga memaparkan sejarah dibentuknya DJKN, visi dan misi DJKN, tugas dan fungsi, struktur organisasi DJKN baik kantor pusat, kantor wilayah, dan kantor operasional KPKNL.

Selain itu Hady juga menjelaskan tentang kegiatan utama yang sedang dilakukan oleh DJKN di tahun 2017 sampai 2018 yaitu Revaluasi Aset Barang Milik Negara (BMN). Dijelaskan bahwa revaluasi aset adalah penilaian kembali aset negara berupa aset tetap, seperti tanah, gedung dan bangunan, serta Jalan, Irigasi dan Jaringan pada Kementerian Negara/Lembaga. Penilaian kembali BMN ini diharapkan dapat menciptakan database BMN dengan nilai wajar terkini dan memudahkan bagi Kementerian Keuangan c.q. DJKN sebagai pengelola barang untuk mengelola BMN, sesuai dengan tugas DJKN yakni mengelola dan mengoptimalkan aset negara.

“Semoga kegiatan Visiting Company pada hari  ini dapat berjalan lancar dan harapan kami kegiatan ini mempunyai nilai dan manfaat bagi mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta serta mahasiswa dapat menyampaikan informasi terkait tugas dan fungsi DJKN kepada masyarakat umum khususnya tentang lelang”, ujar Hady Purnomo menutup sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai lelang yang dilakukan oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN DKI Jakarta, Harmani Sri Mumpuni. Ditayangkan juga video liputan saat pelaksanaan lelang barang rampasan dan gratifikasi KPK. DJKN dalam hal ini KPKNL Jakarta III yang merupakan unit Kantor Vertikal Kanwil DJKN DKI Jakarta, pada 22 September 2017 melaksanakan lelang barang rampasan terpidana korupsi dan barang eks gratifikasi KPK.

Setelah penjelasan mengenai lelang dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan simulasi lelang yang dipimpin oleh Palomes, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta V bertindak sebagai Pejabat Lelang. Peserta lelang adalah para mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada yang hadir pada acara ini. Simulasi Lelang berjalan dengan seru dan meriah, para mahasiswa terlihat sangat antusias melakukan penawaran walaupun ini hanya simulasi. Penawaran dilakukan secara terbuka dengan harga naik-naik. Acara diakhiri dengan permainan mengenai lelang yang dipimpin oleh Junaidi, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Jakarta II.(teks/foto : Ensul)

 

  

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini